Jumat, 14 Maret 2014

Berprasangka Buruk


Jangan Berprasangka Buruk ini Alasannya

Berprasangka buruk adalah pikiran manusia yang semula baik kemudian berpikir imajinasi yang tidak - tidak. Sehingga menimbulkan pikiran yang negatif bagi dirinya sendiri. Berprasangka buruk dan baik memang berbeda tipis, jika seseorang memikirkan sesuatu yang pasti terjadi, maka pikiran mereka ada dua yaitu baik atau buruk. Setelah mengerti kemana jalan pikiran seseorang untuk sesuatu hal tersebut, maka mereka akan bertindak sesuai dengan pikiran yang mengarahkan mereka itu.
Memang benar jika orang itu pasti merasakan perasangka buruk kepada sesuatu, namun mereka harus tau bila jika ingin menjadikan dunia ini menyatu dan membuat bangsa mereka menjadi lebih maju, berprasangka baik itu akan menuntun suatu bangsa menuju kearah yang lebih baik. Sehingga jangan berprasangka buruk kepada sesuatu yang belum pasti terjadi.

Suatu contoh ketika ada orang yang menginginkan barang yang didalamnya memiliki perhiasan yang berharga, orang tersebut memiliki dua macam pikiran, bila pikiran mereka baik maka orang itu akan mengatakan "aku pasti bisa mendapatkan perhiasan itu..", namun bila orang itu berprasangka buruk maka, "bagaimana bisa aku mendapatkan perhiasan itu, aku kan tidak punya keahlian dalam bidang apapun..".

Pola pikir itu menentukan seseorang dalam meraih kesuksesan yang mereka jalani. Sehingga bagaimana anda menentukan kesuksesan, maka disitulah anda diuji untuk mendapatkan segala hal yang baik untuk masa depan anda yang lebih cerah lagi. Sehingga dalam hal ini anda yang bisa menentukan kesuksesan anda sendiri nanti setelah menempuh perjalanan yang panjang.

Kemudian kenapa seseorang selalu berprasangka buruk?. Bagaimana bila mereka menjadi kenyataan?. Jawaban dari semua itu ada ditangan anda sendiri. Ketika anda berprasangka buruk kepada sesuatu hal semisal teman anda yang dulunya menyakiti hati orang lain hingga anda mendengar kabar itu kemudian anda didekati olehnya, apa yang harus anda lakukan?. Berprasangka buruk kah?, atau sebaliknya?. 

Semua itu adalah hasil dari pemikiran manusia yang tidak mengerti dan tidak memahami perubahan jaman atau suatu sifat. Jika anda memahami maka anda akan memberikan kesempatan lagi kepada sesuatu termasuk teman anda untuk menjelaskan semua hal yang baik kepada anda. Sehingga tidak semua benda atau orang yang selamanya menjadi buruk kepada anda. Jika baik maka ambilah, namun jika buruk hilangkanlah dan tinggalkan apapun yang terjadi.

Alasan dimana anda tidak boleh berprasangka buruk kepada orang lain atau suatu kajadian :

Menjauhkan Dari Sukses

Sukses itu perlu optimis dan sukses itu bisa membentuk kepribadian orang yang baik. Namun sukses itu tidak menyukai dengan prasangka buruk kepada orang lain atau suatu kejadian. Sehingga bila anda menggunakan prasangka buruk kepada kesuksesan anda nanti, maka hasilnya tidak akan memuaskan diri anda. Anda akan selalu merasa bahwa kesuksesan itu menjauh dari anda dan tidak akan ada orang yang mengerti perasaan anda. Sehingga bila anda memahami semua itu, prasangka buruk anda terhadap kesuksesan anda nanti hilangkanlah, agar dapat memberikan anda kekuatan lahir dan batin untuk kesuksesan anda selanjutnya.

Pikiran Negatif Menular

Memusatkan diri kepada prasangka buruk akan membuat anda memiliki pikiran yang negatif, sehingga bila anda memiliki pikiran apapun bisa menularkan kepada orang lain. Maka untuk mendaptakan pemikiran yang positif, berikanlah prasangka baik kepada diri anda sendiri, agar dalam kehidupan anda bisa memenuhi apa yang anda inginkan untuk menuju kesuksesan anda selanjutnya.

Perasaan Selalu Was - Was

Memang benar bila prasangka buruk mengakibatkan anda selalu merasakan was was kepada setiap hal. Berhati - hati dan tidak ingin kesalahan dan kegagalan itu terjadi bukan itu yang ditujukan dari sebuah kesuksesan. Jadi sukses itu butuh pengalaman mulai dari pengalaman buruk hingga baik. Sehingga dalam menuju proses kesuksesan anda maka prasangka baik itu diperlukan untuk menunjang karier anda untuk hal yang lebih baik lagi.

Mengacaukan Keinginan

Apa yang anda inginkan dari suatu pemikiran kecil anda?. Apakah anda bisa bila berdampingan dengan prasangka buruk?. Setiap keinginan yang tidak menjadi kenyataan itu berawal dari prasangka buruk kepada orang lain atau peristiwa. Sehingga setiap kali ada orang yang memiliki prasangka buruk kepada suatu hal, orang itu tidak akan mendapatkan keinginan dan menjauhkan diri mereka kepada keinginan tersebut. Sehingga dalam kehidupan ini untuk bisa mendapatkan suatu hal yang baik dan mendapatkan keinginan anda selanjutnya, maka gunakanlah prasangka baik untuk kesuksesan anda nantinya.

Semua orang memang takut akan kematian, kekalahan, kemungkaran, ketidaknyamanan, dan sebagainya. Namun semua orang yang tidak faham dan mengerti bagaimana cara kerja berprasangka baik untuk menghadapi hal lain yang sangat baik. Berprasangka baik dapat dilakukan dengan segala hal yang mengarahkan diri ke kegiatan positif, mengarahkan diri ke pikiran positif, dan merasakan dunia ini dengan perasaan positif. Semua itu akan terjadi berprasangka baik saat semua dalam diri manusia itu positif.

Memang segala itu tidak datang dengan sendirinya, namun selalu ada usaha dibalik semua itu. Saat orang melakukan perbuatan baik maka hal tersebut akan berbuah baik pula untuk masa depannya. Sehingga dalam hal ini orang yang memikirkan semua hal yang baik, perasaan yang baik, dan memiliki tujuan kedepan yang baik, maka hal tersebut adalah suatu petunjuk dimana akan dapat sesuatu yang berbeda dari hidupnya.

Tidak ada hal yang tidak mungkin terjadi didunia ini. Perasaan, prasangka, dan pemikiran manusia sebaiknya dirubah ke hal - hal yang mengandung perilaku positif, seperti beribadah, membantu sesama, tersenyum, sedekah, dan menggambarkan perbuatan positif lainnya. 

Hal inilah yang akan menjadi tombak dan tolok ukur seseorang dalam menghadapi semua hal yang buruk.

By Didin Sunariyanto

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution