Belajar Mencintai Pekerjaan Anda
Banyak orang yang merasa tertekan dengan pekerjaannya. Melaksanakan
pekerjaan kantor hanya sebagai rutinitas agar dapat memperoleh
penghasilan semata.
Saat jam kerja, selalu menunggu jam makan siang,
jam pulang, hari libur, akhir pekan, atau tanggal gajian. Bila ini
terjadi, waktu mungkin terasa lama dan Anda enggan untuk bekerja. Bila
Anda belum atau tidak bisa mendapatkan pekerjaan lain, Anda dapat
berusaha untuk mencintai pekerjaan tersebut karena tentu akan lebih
menyenangkan bila kita mengerjakan hal yang disukai. Tetapi, bagaimana
agar Anda dapat menyukai pekerjaan yang membosankan itu?
Cara Mencintai Pekerjaan
"Love Your Job But Never Fall In Love With Your Company" sebuah pernyataan umum yang menganjurkan orang untuk mencintai
pekerjaannya dan jangan mencintai perusahaan. Mengapa? Karena
sewaktu-waktu bisa saja perusahaan menyingkirkan Anda kapan pun. Namun
bagaimana cara mencintai pekerjaan Anda? Berikut ini beberapa tips
menarik untuk mencintai pekerjaan Anda.
Antusias terhadap Pekerjaan
Bila
Anda tidak menyukai pekerjaan Anda, tentu tidak akan mudah bagi Anda
untuk melaksanakan tugas-tugas kantor. Anda akan merasa terbebani
dengan tugas yang diberikan sehingga hasil kerja tidak maksimal.
Sebaliknya, bila seseorang mengerjakan sesuatu yang disenangi tentu hal
itu akan terasa menyenangkan, waktu terasa singkat, dan Anda memiliki
semangat untuk mengerjakannya. Misalnya, seseorang yang senang
menggambar akan antusias bila ditugasi untuk membuat desain rumah,
menjadi arsitek, atau pekerjaan lain.Untuk itu, bersikaplah seolah-olah Anda menyukai dan menikmati pekerjaan Anda. Beri perhatian penuh pada apa yang sedang Anda kerjakan. Mungkin kelihatannya mustahil untuk menyukai pekerjaan Anda sekarang. Tetapi, paksakan diri Anda untuk melakukan ini. Tersenyum atau berdiri dengan tegak dapat membantu untuk dapat lebih bersikap antusias. Hasilnya, Anda dapat merasakan benar-benar menyukai pekerjaan tersebut.
Lakukan yang Terbaik
Hindari menuda pekerjaan atau bersikap masa bodoh atas hasil pekerjaan Anda. Ini dapat membuat Anda merasa stres akibat pekerjaan yang tidak selesai, semakin menumpuk atau terkena omelan atasan.Jangan melakukan pekerjaan dengan asal-asalan tetapi berikan lebih dari apa yang diperintahkan. Tetapkan prioritas pekerjaan agar pekerjaan yang penting bisa diselesaikan terlebih dahulu. Anda juga dapat memotivasi diri Anda sendiri untuk memberikan yang terbaik. Misalnya, Anda dapat mencatat waktu berapa lama Anda dapat menyelesaikan pekerjaan atau hal lain untuk mengukur produktivitas. Kemudian, tantang diri Anda untuk melakukan yang lebih baik lagi dalam tugas berikutnya.
Melakukan Lebih
Bila
mendapat tugas, jangan merasa puas karena melakukan apa yang
diharapkan. Nilai plus dari atasan dan kepuasan bisa didapatkan bila
Anda kreatif untuk lebih memperindah pekerjaan Anda. Misalnya, dengan
menambah informasi pendukung ketika ditugasi untuk mengolah suatu data.
Atau bila Anda menyukai teknologi tetapi Anda bekerja di bagian
akunting, Anda dapat mencari terobosan teknologi yang dapat membantu
Anda menyelesaikan tugas dengan lebih cepat.
Lihat Sisi Positif
Walau
Anda merasa pekerjaan sangat menjenuhkan, tidak pernah selesai, atasan
yang galak, atau rekan kerja yang menyebalkan, tetapi cobalah untuk
melihat hal positifnya. Bandingkan keadaan kita dengan orang lain yang
tidak seberuntung kita. Bagaimana orang-orang yang masih belum mendapat
pekerjaan, orang-orang yang pekerjaan lebih berat dari kita, atau
bagaimana orang yang penghasilannya tidak sebanyak kita.Cobalah mengingat bagaimana saat Anda berusaha mendapatkan pekerjaan ini, misalnya bagaimana saat itu Anda harus naik kendaraan umum, bagaimana pertama kali Anda belum mengenal rekan kerja lainnya, ketika Anda masih bingung dengan pekerjaan yang harus dilakukan. Mengingat perjuangan ini dapat membantu Anda lebih mencintai pekerjaan.
Teruslah Belajar
Tugas
kantor terasa berat mungkin karena Anda belum sepenuhnya mengerti.
Seorang pekeja yang merasa berat saat ditugasi membuat suatu pekerjaan,
bisa jadi karena dia belum sepenuhnya memahami konsep tentang pekerjaan
tersebut. Misalnya seseorang ditugasi membuat laporan di Excel dengan pivot table, tentu bukan hal yang biasa, tapi bisa dipelajari.Maka, untuk menambah pengetahuan, Anda dapat mencari tahu lebih banyak dari Internet, buku, atau dari orang lain yang lebih memahaminya. Bila memungkinkan, Anda dapat pula mengikuti kursus-kursus. Cara lainnya adalah dengan memperhatikan contoh-contoh yang ada. Dengan mengetahui lebih banyak, Anda akan lebih mudah melakukannya.
Beri Penghargaan
Bila
Anda tidak mendapatkan penghargaan dari orang lain ketika Anda berhasil
melaksanakan tugas yang diberikan, Anda dapat memberikan penghargaan
untuk diri sendiri. Anda dapat memberi pujian untuk diri sendiri untuk
target yang dicapai atau merayakan keberhasilan Anda. Tentu saja, hal
ini jangan dilakukan secara berlebihan.Hindari sikap untuk membenci pekerjaan Anda karena ini akan membuat Anda semakin tertekan, merasa stres dan hasil pekerjaan tidak maksimal. Berusahalah untuk belajar mencintai pekerjaan Anda untuk hasil pekerjaan yang lebih baik. Dengan hasil pekerjaan yang baik, pekerjaan tidak menumpuk, Anda dapat memperoleh kepuasan, pujian dari atasan, promosi jabatan dan bukan tidak mungkin memperoleh gaji yang lebih baik lagi.
Anda dapat membuat pekerjaan rutin Anda menjadi menyenangkan dan dapat dinikmati.
(http://kumpulan.info)
0 komentar:
Posting Komentar