Senin, 03 Maret 2014

Orang Tua Kita


Merawat Orang Tua

Mengajak orang tua tinggal di rumah kita bukanlah hal yang mudah. Saya termasuk yang tidak berhasil dalam urusan ini. Walau sudah menyediakan rumah, orang tua dan juga mertua menolak tinggal menetap bersama keluarga saya. Berbagai rayuan sudah dilakukan namun tak jua membuahkan hasil. Oleh karena itulah saya termasuk orang yang sangat iri apabila ada seorang anak yang bisa merawat orang tuanya setiap hari.
Saya sering bertemu dengan orang yang dengan tulus merawat orang tuanya, salah satunya adalah adik saya. Ciri-cirinya mereka sangat care, helpful, cepat tanggap dan jarang mengeluh. Tutur kata yang keluar dari mulut mereka sangat lembut dan tertata. Tampaknya mereka khawatir kata-kata yang keluar dari mulutnya bisa menyakiti orang tuanya.

Sejauh pengamatan saya, orang-orang yang dengan tulus merawat orang tuanya kehidupannya selalu bahagia. Bila ia pengusaha, bisnisnya lancar. Jika ia bekerja karirnya cepat melejit. Bukan hanya itu, anak-anak mereka juga menjadi anak yang baik, cerdas dan sholeh.

Hebatnya lagi, anggota keluarganya sangat jarang sakit dan jarang bermasalah. Apabila suatu saat mengalami problem, masalahnya bisa segera terselesaikan. Kehidupannya benar-benar dipermudah oleh Sang Maha. Itu balasan di dunia. Dan saya yakin, balasan di kehidupan nanti jauh lebih besar.

Apakah setiap orang yang hidup bersama orang tuanya selalu bahagia? Jawabannya, tidak. Saya bertemu dengan banyak orang yang seperti ini. Mereka hidup bersama orang tuanya tetapi kehidupan pribadinya justru berantakan.

Setelah saya dalami, ternyata walaupun mereka hidup bersama tetapi mereka tidak merawat orang tuanya. Kata-kata dan sikapnya sering menyakiti orang tuanya. Mereka sering meminta orang tuanya melakukan sesuatu yang sebenarnya lebih tepat dilakukan pembantu atau baby sitter.

Ternyata, hidup bersama orang tua belum tentu menjadikan kita merawatnya. Bahkan boleh jadi kita justru “menyiksa” orang tua tanpa kita sadari. Jadi, pastikan kita benar-benar merawat orang tua bukan hanya sekedar tinggal bersama. 

Setuju?.....!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution