Jumat, 06 Maret 2015

Jujurlah Dengan Diri Sendiri

Apa pun yang terjadi, jadilah diri sendiri.  

Sekilas terlihat mudah, namun tak diingkari sebagian besar orang justru kerap berbohong tentang kondisi dirinya kepada orang lain. Memang, hal itu mungkin membuat kita keluar dari masalah untuk sementara waktu. Namun, ingat, hal tersebut bisa membuat kita mendapat masalah yang lebih serius. Karenanya, akan jauh lebih baik bila kita tetap menjadi diri sendiri. Berikut adalah beberapa cara untuk tetap menjadi diri sendiri.

1. Jangan pernah berbohong pada diri sendiri

Terkadang, kita memberikan diri kita alasan dan berusaha meyakinkan diri sendiri bahwa apa yang kita lakukan adalah benar, bahwa kita sedang berjalan di track yang benar, meskipun kita tahu, keyakinan itu sama sekali tidak benar. Jangan pernah berusaha untuk berbohong pada diri sendiri. Sebab, sekali kita berbohong, kita akan terus meyakinkan diri sendiri, bahwa apa pun yang kita lakukan, sekalipun itu hal buruk, adalah benar. Inilah yang membuat kita tidak pernah keluar dari lingkaran setan ketidakbenaran.  


2. Pikirkan semua manfaat dari berkata jujur pada diri sendiri
Sebelum memulai jujur pada diri sendiri, kita perlu memikirkan hal baik apa yang akan datang sebagai akibatnya. Kita bisa membuat daftar, lalu meletakkannya di dinding, cermin, atau dimanapun tempat yang sering kita lihat setiap hari. Penguatan positif ini bisa membantu kita untuk tetap jujur pada diri sendiri.


3. Buatlah daftar hal buruk yang bisa terjadi atau telah terjadi karena kita tidak jujur
Membuat daftar seperti ini terkadang mampu berdampak lebih baik. Kita tidak ingin mengulang kesalahan yang sama atau membuat diri kita dalam masalah yang buruk. Buatlah daftar ini untuk mengingatkan kita akan pentingnya bersikap jujur terhadap diri sendiri.


4. Cari seseorang
Terkadang, kita mungkin tak yakin apakah kita sudah bersikap jujur pada diri sendiri. Dalam kasus ini, kita butuh berbicara dengan seseorang untuk tahu apa yang kita harus lakukan. Dengan begitu, kita juga akan sadar, bahwa kita harus melakukan perubahan. Kita bisa meminta bantuan dengan mengajak anggota keluarga berbicara, atau teman.


5. Jujurlah dengan diri sendiri
Jujur dengan diri sendiri terkadang tidak sepenuhnya sesuai dengan keinginan kita. Namun, ini perlu. Apa pun yang terjadi, jadilah diri sendiri. Tetaplah setia untuk mendengarkan hati dan melakukan hal-hal yang membuat kita bahagia.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution