Kiat Terlihat Sibuk di Kantor
Santai saat bekerja, ya kapan lagi bila bukan saat minimnya tugas
yang harus dikerjakan. Ketika pekerjaan telah rampung, maka waktu
senggang pun kita peroleh. Namun pemandangan menjadi tak mengenakkan
saat Anda bersantai di tengah kesibukan rekan kerja lainnya. Bingung
menentukan apa yang harus dilakukan saat pekerjaan minim tugas namun
ingin tetap bisa terlihat sibuk? Berikut cara menyiasatinya.
- Sisihkan selalu pekerjaan
Sebetulnya tidak semua pekerjaan yang
Anda dapatkan hari itu harus selesai pula di hari yang sama. Hanya saja,
mungkin Anda tidak mau menundanya karena dikhawatirkan akan lupa,
sehingga pekerjaan yang sebetulnya bisa diselesaikan nanti selalu tuntas
di hari itu juga. Masalahnya, mengetahui pekerjaan Anda yang minim
tugas, mungkin akan lebih baik bila Anda menyisakan sedikit pekerjaan
untuk bisa dilakukan esok hari. Walaupun sedikit, setidaknya masih ada
yang bisa Anda lakukan selagi menunggu tugas baru di hari selanjutnya.
- Cek kembali pekerjaan kemarin
Hanya untuk memperlihatkan bahwa Anda
serius bekerja dan tidak menghabiskan waktu seenaknya, mengapa tidak
mengecek kembali pekerjaan walau yang telah diselesaikan di hari
sebelumnya? Menceklis data dan men-crosscheck kembali, bisa menjadi cara jitu untuk memperlihatkan bahwa Anda selalu punya pekerjaan.
- Membenahi meja kerja
Kita percaya bahwa meja kerja memiliki peran untuk meningkatkan mood
seseorang dalam melakukan pekerjaannya. Saat waktu dirasa tepat karena
pekerjaan telah rampung, cobalah manfaatkan waktu ini untuk berbenah dan
membereskan meja kerja yang dirasa mulai membosankan. Tata kembali
posisi kalender, buku-buku, alat tulis, map beserta dokumen dan juga file
lain sehingga bisa membuat Anda lebih nyaman saat bekerja. Jika waktu
sibuk itu datang, Anda belum tentu bisa melakukan ini, bukan?
- Ajukan tugas baru
Sebagai karyawan anyar, pengenalan
terhadap tugas tentu perlu dilakukan. Tapi ketika pekerjaan telah
dirampungkan, dan Anda merasa bingung hal apa lagi yang mesti di
kerjakan namun ingin tetap terlihat bahwa Anda mengerjakan tugas,
cobalah ajukan tugas baru yang bisa mengisi kekosongan waktu. Bertanya
kepada rekan bila ada yang perlu Anda lakukan untuk meringankan
pekerjaannya. Selain menambah pengetahuan dengan mempelajari tugas baru,
siapa tahu justru Anda dibebaskan training lebih cepat dari perkiraan. Atau, mendapat kesempatan baik untuk hal kenaikan gaji, juga jabatan. Semoga saja, ya.
- Tetaplah terlihat sibuk
Apapun alasan yang membuat Anda tidak
konsen bekerja, malas, dan atau bahkan kehabisan tugas, usahakan untuk
tetap berteman baik dengan benda satu ini, yakni komputer atau laptop. Chating
atau berselancar di dunia maya setelah pekerjaan selesai tak ada
salahnya, namun perlu diingat, jangan sampai hal ini kebablasan. Selain
itu, biarkan pula meja terlihat penuh dengan tumpukan berkas ataupun
dokumen walau sebenarnya sudah tak terpakai. Namun usahakan untuk tidak
berceceran karena itu hanya akan memperlihatkan bahwa Anda bukanlah
karyawan yang apik.
Gemintang.com
0 komentar:
Posting Komentar