Kamis, 28 Maret 2013

Tidak Ada Balasan Kebaikan Kecuali Kebaikan (pula)

Balas Kebaikan Dengan Kebaikan

Alkisah, Amr bin Akhtab Al-Ansariy pernah melihat sehelai rambut dalam gelas air yang akan diminum Rasulullah SAW. Maka secepatnya dia mengambil dan menyingkirkan dari gelas air tersebut. Rasulullah SAW terhadap kebaikan yang kecil itu kemudian mendoakan Amr bin Akhtab Al-Ansariy, “Semoga Allah tetap memperindah engkau.”


Perawi hadis itu selanjutnya berkata, “Maka aku melihat Amr bin Akhtab Al-Ansariy yang telah mencapai usia sembilan puluh tahun, tidak sehelai rambut putih pun yang ada di jenggotnya.” Demikian redaksi hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad dan At-Thabrani.

Di waktu yang lain, sebagaimana diutarakan Imam Al-Baihaqi, ketika datang utusan Raja An-Najasyi (Raja Habasyah), Rasulullah SAW sendiri yang sibuk melayani tamu-tamu itu, sehingga sahabatnya berkata, “Ya Rasulullah, cukuplah kami yang melayani mereka.” Mendengar permintaan sahabatnya tersebut, Sang Nabi SAW kemudian bersabda, “Mereka itu telah menghormati sahabat-sahabatku, maka aku ingin membalas budi baik mereka.”

Dua kisah Rasulullah SAW di atas memberikan teladan bagi kita umat Islam untuk membalas kebaikan yang diberikan manusia lainnya dengan kebaikan pula, bukan sebaliknya. Balasan kebaikan tersebut pun dikembalikan kepada kemampuan kita membalasnya. Berikut penjelasan hadis Rasulullah SAW sebagaimana diriwayatkan Imam At-Tirmidzi yang bersumber dari Jabir bin Abdillah Al-Ansahary, “Siapa yang memperoleh kebaikan dari orang lain, hendaknya dia membalasnya. 

Jika tidak menemukan sesuatu untuk membalasnya, hendaklah dia memuji orang tersebut, karena jika dia memujinya maka dia telah mensyukurinya. Jika dia menyembunyikannya, berarti dia telah mengingkari kebaikannya. Seorang yang berhias terhadap suatu (kebaikan) yang tidak dia kerjakan atau miliki, seakan-akan ia memakai dua helai pakaian kepalsuan.” Hadis senada juga diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad.

Lebih jauh, dalam riwayat yang lain yang bersumber dari Ibnu Umar dan yang diutarakan Imam Abu Daud bahwa Rasulullah SAW menyuruh umatnya mendoakan mereka yang telah berbuat baik kepada kita, jika kita yang diberi kebaikan tidak mampu membalas setimpal kebaikannya tersebut.

Berikut redaksi hadisnya, “Siapa yang memohon perlindungan dengan mengatasnamakan Allah, maka lindungilah dia. Dan siapa yang meminta dengan mengatasnamakan Allah, maka berilah ia. Dan siapa yang berbuat baik kepadamu, balaslah kebaikannya. Jika anda tidak mampu, maka doakanlah dia sampai dia tahu bahwa kalian telah memberinya yang setimpal.”

Hadis mendoakan kebaikan orang lain di atas dikuatkan dengan riwayat yang bersumber dari Anas bahwa ia berkata, “Kaum Muhajirin berkata, "Wahai Rasulullah! Apakah kaum Anshar telah memborong seluruh pahala (atas kebaikan yang mereka berikan kepada kami)?” Mendengar pertanyaan sahabat-sahabat yang hijrah dari Makkah tersebut, Rasulullah SAW pun bersabda, “Tidak. Selama kalian mendoakan kebaikan kepada mereka dan kalian memuji atas kebaikan yang mereka berikan.” Demikian hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Abu Daud.

Perilaku dan pesan Rasulullah SAW untuk membalas kebaikan dengan kebaikan tersebut menegaskan firman Allah SWT dalam surah Ar-Rahman ayat ke-60, “Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).” 

Berdasarkan firman Allah SWT tersebutlah Rasulullah SAW selalu membalas kebaikan yang diterimanya dari siapapun. Sebagaimana dijelaskan oleh ‘Aisyah dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, “Adalah Rasulullah SAW menerima hadiah (pemberian selain shadaqah) dan membalasnya.”

Semoga dengan meneladani Rasulullah SAW dan dengan merenungkan hadis-hadis di atas, kita mau dan mampu menjadi orang yang selalu membalas kebaikan orang lain terlebih pada orang tua kita. 

Balaslah kebaikan dengan kebaikan! 

Berdoalah dan bersyukurlah atas kebaikan orang lain pada kita! Janganlah lupakan hal ini! Semoga bermanfaat ! ( Muhammad Arif Fadhillah Lubis, SHI, MSI )

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution