Selasa, 19 Maret 2013

Tanda-tanda Hati Yang Sehat

5 Bertanda Hati Yang Sehat

Assalamu’alaikum !
           
Hati yang sehat memiliki beberapa tanda yang dapat kita rasakan sendiri tanda tersebut, sebagaimana yang disebutkan oleh al-Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah di dalam kitab Ighatsatul Lahfan min Mashayid asy-Syaithan. Dan di antara tanda-tanda tersebut adalah mampu memilih segala sesuatu yang bermanfaat dan meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat . tanpa berpanjang lebar lagi, silahkkan langsung saja baca artikel nya untuk 5 pertanda hati yang sehat ini.
           
1. Akhirat adalah tujuan nya

 Tanda hati seseorang sehat yaitu dia akan menjadikan akhirat sebagai tujuan nya. Dia menganggap dunia ini hanya tempat persinggahan semata yang sebentar lagi akan ditinggalkan untuk meneruskan perjalanan. Dia akan terus menuju akhirat dan terus mendekat ke arahnya, sehingga seakan-akan dia telah menjadi penghuninya. Tetapi bila hati seseorang tersebut sakit, maka dia terlena mementingkan dunia dan menganggapnya sebagai negeri abadi, sehingga jadilah dia ahli dan hambanya.
Rasul bersabda : "Jadilah engkau di dunia ini seperti orang asing atau (musafir) yang melewati suatu jalan." (HR. al-Bukhari)

2. Selalu Merindukan Beribadah

Rindu akan ibadah adalah salah satu tanda seseorang mempunyai hati yang sehat. Kerinduan nya melebihi kerinduan nya akan apapun selain beribadah. Kerinduan nya terhadap beribadah melebihi kerinduan nya seorang yang kelaparan akan makanan dan minuman. 

3. Rajin Berdzikir mengingat allah

Hati yang sehat adalah hati yang rajin dalam berdzikir dan senantiasa mengingat allah swt. Dia tidak pernah merasa bosan berdzikir untuk menunjukan pengabdian nya kepada allah. Dia akan tetap berdzikir kepada allah swt dan tidak terlena dengan keasyikan dan keindahan dunia ini.
Sebaliknya, jika ia meninggalkan dzikir dan wirid nya, maka dia akan sangat menyesalinya, merasa sangat sedih dan sakit sekali melampaui kesedihnya seorang kikir yang kehilangan hartanya.

4. Selalu Khusyu’ ketika Shalat

Seseorang yang mempunyai hati yang sehat, dia akan senantiasa khusyu’ ketika menunaikan shalatnya. Ketika shalatnya, dia melupakan semua masalah duniawi dan focus terhadap shalat yang sedang di lakukan nya agar ia mendapati ketenangan dan ketentraman bathin baginya shalat adalah salah satu kebahagiaan yang dianugerahkan allah kepada nya dan juga sebagai penyejuk hati serta jiwa nya.

5. Mengatur waktu dengan baik

Mampu mengatur waktu nya dengan baik juga menunjukan hati seseorang yang sehat. Dia akan mengatur waktu nya sebaik mungkin agar waktu yang di miliki nya tidak hilang begitu saja, agar di setiap waktu yang dimiliki nya bernilai ibadah dimata allah. Karena, dia menyadari bahwa sanya waktu yang di miliki nya di dunia ini tidaklah lama. Sehingga, dia akan benar-benar mengatur waktu nya agar tidak sia-sia.

          Demikianlah, 5 hal yang menandakan kesehatan hati seseorang. Semoga hati kita termasuk hati yang sehat. Jika memang hati kita sakit, maka berusahalah untuk mengobati hati kita agar kembali pulih dari sakit nya. 

Sekian saja postingan kali ini, semoga bermanfaat, amin.  

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution