Selasa, 15 Maret 2016

Menerima Takdir Allah

Ridha Dengan Takdir Allah

Banyak sekali orang mengeluh dengan keadaan mereka sekarang. Mereka sedih dan kecewa dengan masa lalu dan masa kini. Inti permasalahannya adalah karena mereka tidak ridha dengan takdir Allah. 


Sosok muslim yang benar adalah mereka yang berani bertanggung jawab atas kejadian yang telah mereka alami sendiri dengan hati yang teguh, keyakinan yang mendalam, dan kesabaran yang baik. Mereka ridha terhadap takdir Allah.

Oleh karena itu, maka janganlah kita mengatakan sesuatu yang membuat Allah marah pada kita. Sebagai contoh adalah “kenapa musibah ini menimpaku, bukan menimpa orang lain”. Perkataan seperti itu adalah perkataan orang yang tidak beriman. Orang yang beriman pasti mengetahui, bahwa apa yang sudah terjadi merupakan sesuatu yang sudah di gariskan olehNya. Sekalipun takdir ini merupakan sesuatu yang tampak seperti musibah besar bagi anda namun, yakinlah semua ini pasti akan menjadi sebuah kebaikan untuk anda baik di dunia atau di akhirat nanti. Sungguh Allah itu hanya menghendaki kebaikan pada semua makhluknya.

Terkadang pada anda terjadi suatu hal yang tidak anda sukai, yang secara tampak bagai siksaan, akan tetapi pada intinya hal itu adalah rahmat dari Allah yang kelak akan anda ketahui maksudnya. Oleh karena itu, jangan lah anda menyiksa diri anda dengan tidak ridha ketentuan dan takdirNya. 

Jangan lah anda menyiksa diri anda dengan mengatakan pada diri sendiri “seandainya aku melakukan ini, niscaya aku bisa mencegah terjadinya hal ini”, hal ini justru akan membuat anda sedih dan kecewa dan menyesali masa lalu. Hal itu akan sangat merugikan anda sendiri, dan akan berdampak negatif juga pada masa depan anda, karena anda telah mengeluh, sehingga bisa mencurahkan energi negatif anda sendiri. Untuk itu hindarilah. Anda harus ridha dengan takdir anda.

Ridha dengan takdir bukan berarti anda berpasrah diri. Karena sebenarnya dengan usaha anda, anda bisa saja merubah takdir anda sendiri. Sebuah usaha yang tiada henti kearah yang anda inginkan bisa anda lakukan sehingga anda bisa merubah takdir anda sendiri. Biarkan takdir yang menyerah pada anda, bukan anda yang menyerah pada takdir. Meskipun tidak semua takdir bisa anda rubah. Karena ada ketetapan tertentu dari Allah yang tidak bisa di rubah oleh manusia. 

Ridha lah dengan takdir Allah Takdir Allah tersebut pasti terlaksana. Maka jika anda benar-benar menerimanya dan sabar dengan takdir tersebut, kemudian anda bersyukur atas takdir tersebut, maka Allah akan memberikan balasan kepada anda dan anda termasuk orang yang menang dan selamat. Ridha lah dengan takdirNya.

Bila anda merasa khawatir dan tidak menerima, lalu anda sedih dan kecewa, maka itu akan berdampak negatif pada diri anda sendiri. Maka ridha lah atas takdir Allah. Dengan begitu anda akan mendapat balasan dari Allah dan anda akan hidup lebih tenang dan bahagia.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution