Rabu, 23 Maret 2016

Bodoh Itu Ada Ya?

Apakah Bodoh itu Ada? 
Pemberian label terhadap siswa disatu sisi membawa dampak positif dalam upaya peningkatan motivasi siswa untuk belajar. Tetapi, disisi lainnya pemberian label membuat siswa terkungkung pada label yang diberikan kepada mereka.


Sebagai contoh, pemberian label  siswa ‘bodoh’ dan siswa ‘pintar’ ternyata lebih banyak memberikan dampak yang negatif khususnya bagi anak yang dilabeli sebagai yang ‘bodoh’. 

Mereka yang dilabeli ‘bodoh’ akan memiliki motivasi belajar yang rendah, selain itu mereka juga akan menjadi pribadi yang pesimis.

Padahal pelabelan tersebut tidaklah sesuai, karena pada hakikatnya semua manusia adalah ‘pintar’. Yang artinya bahwa ‘bodoh’ tidaklah ada…

Untuk lebih jelasnya, perhatikan dan simak baik-baik percakapan Einstein dengan Profesor berikut:

Dari percakapan tersebut, sang profesor dengan logika berfikirnya mengatakan bahwa tuhan menciptakan segala yang ada, karena ‘kejahatan’ itu ada… maka tuhan adalah kejahatan.

Lalu, einstein membantahnya dengan menggunakan hukum fisika. Bahwa seperti ‘gelap’ dan ‘dingin’ itu tidak ada karena apa yang disebut dengan ‘gelap’ adalah ketiadaan cahaya, dan ‘dingin’ adalah ketiadaan kehangatan. Kemudian sampailah Einstein pada hal yang tadi disampaikan profesor, apakah kejahatan itu ada?

Menurut Einstein bahwa kejahatan tidaklah ada, kejahatan adalah akibat dari seseorang yang tidak mempunyai rasa cinta dari tuhan.

‘Akibat’ adalah sesuatu yang ditimbulkan setelah adanya ‘sebab’. Jadi akibat adalah sesuatu yang tidak ada. Akibat adalah sebuah efek yang ditimbulkan karena sesuatu yang ada…

Dari sini, jika kita kembali kepada topik yang sedang dibicarakan diawal maka sampai pada pertanyaan — apakah bodoh itu ada?

Kalo kita setuju dengan Einstein maka kita pasti akan menjawab ‘tidak ada’. Kenapa? Karena ‘bodoh’ adalah akibat dari kemalasan belajar. Oleh karena itu, mari optimalkan potensi otak kita dengan rajin belajar sebab yang membedakan manusia dengan hewan ada pada kemampuan berpikirnya. 

Hilangkan rasa malas, rasa malu dan rasa takut jika ingin menjadi orang yang betul-betul ‘pintar’. 


https://anandakukuh.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution