Selasa, 08 Maret 2016

Menghadapi Orang Berwatak Keras

Tips Menghadapi Orang Berwatak Keras Kepala

Dalam kehidupan ini Pastinya kita tinggal dan bersosialisasi dengan bermacam-macam orang yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda  .Kadangkala orang-orang yang kita kenal dan sering kita jumpai memiliki sifat yang berlainan antara satu dengan yang lain. Karena di dunia ini Tuhan menciptakan Manusia yang berbeda satu sama lain meskipun manusia itu kembar sekalipun. 

Maka dari itu banyak sanak keluarga, kerabat, guru , dosen , rekan bisnis,ataupun pacar  di hidup kita memiliki sifat dan watak yang beragam. Hendaknya kita perlu memahami sifat dan watak dari mereka masing-masing agar tidak terjadi kesalahpahaman dan cekcok diantara kita dengan orang tersebut. Mungkin sering kita jumpai orang-orang yang kita kenal sering dibilang memiliki watak yang keras kepala atau adat yang keras.

Sebenarnya apa sih identifikasi orang yang keras kepala itu? 

Banyak dari kalangan kita ataupun diri kita sendiri yang mengalami masalah mungkin karena salah paham , atau menahan prinsip yang mana yang paling benar. Sebetulnya orang yang memiliki watak keras kepala adalah orang yang sangat teguh memegang prinsip dalam hidup mereka . bila kita tidak berhati-hati ataupun respect terhadap prinsipnya maka bisa dipastikan orang tersebut akan tersinggung atau langsung marah terhadap diri kita . 

Begitu pula mengenai pandangannya, biasanya orang yang berwatak keras kepala selalu melihat bahwa pandangannya lah yang sempurna atau yang paling perfect .biasanya orang yang sering berkeras kepala atau berkeras dengan pilihan-pilihannya dapat memicu keegoisan dalam diri mereka maka jangan heran jika orang yang berkeras kepala sering kali memikirkan dirinya sendiri. Istilah yang sering kita dengar adalah “ Mau Nyubit Tapi Gk Mau Dicubit” bila kita tidak mengetahui cara yang tepat dalam menghadapi orang macam ini maka kemungkinan besar keributan yang lebih besar tidak terjadi bahkan bisa menyangkut nyawa. 

Karena Menurut penelitian, orang yang keras kepala memiliki tingkat emosi yang bisa meledak-ledak  saat ia marah dan seringkali ia tidak sadar akan apa yang ia ucapkan atau yang diperbuatnya. Saat orang macam ini marah mungkin agak sulit untuk menenangkan dirinya karena perlu kita sadari orang yang berwatak keras selalu menganggap dirinya benar.Untuk itu kita perlu memahami cara untuk menghadapi orang yang berwatak keras kepala.

Bagaimana yah cara kita menghadapi orang berwatak keras?

Orang yang keras kepala biasanya akan lunak dengan orang yang berkepribadian sabar karena bila diisilahkan “API + AIR=PADAM” tapi ia akan semakin keras dengan orang ysng memiliki watak yang sama atau watak orang lain yang tidak ia sukai “API + BENSIN = KEBAKARAN” maka dari itu langkah yang tepat dan cermat diperlukan untuk menghadapi orang berwatak ini. cara menghadapi orang berwatak keras kepala :

1.    Refleksikan diri sendiri

Cobalah untuk berkaca dan merefleksikan diri. Biasanya seringkali banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki sifat dan watak yang sebenarnya tidak jauh berbeda terhadap orang yang ingin kita rubah , coba seringlah Tanya ke teman anda “ eeh A sebetulnya aku ini orangnya kayak gimana sih?. Dan pastikan teman anda menjawab dengan jujur Karena orang dilingkungan luarlah yang dapat menilai sifat kita yang sebenarnya.  Ada hal yang perlu kita ketahui bahwa jika kita dapat merubah diri sendiri , maka hanya sebuah hal kecil untuk kita dapat merubah dunia.

2.       Kesabaran Tuntutan no 1

Sabar adalah hal yang mutlak kita miliki dalam menghadapi orang-orang disekitar kita yang memiliki watak keras. Jika kita tidak sabar , tidak perlu memakan waktu lama kita akan mengalami cekcok yang lebih besar tehadap masalah yang ia hadapi. Sering ditemukan kejadian bila orang yang tidak sabar akan memberikan atau mengambil kesimpulan yang instant. Hal ini sangat bertentangan terhadap orang berwatak keras karena mereka membutuhkan proses dalam menghadapi masalahnya.

3.       Pintar memilah-milah keadaan

Sebelum memberikan problem solving terhadap kerabat-kerabat kita, ada baiknya kita mengerti betul kondisi yang dialaminya sekarang. Maka dari itu kita harus bijak dalam mengambil keputusan. Kita tidak bisa sembarang membela atau menyalahkan dia. Dengan penyampaian yang benar dan lembut mungkin orang yang kita bantu akan mengerti maksud kita..

4.       Kritik dan saran

Kadangkala banyak orang sulit melakukan hal ini karena takut menyinggung perasaan orang lain Namun remember guys tanpa kritik bagaimana seseorang dapat belajar. Hanya saja kita harus sering menyampaikannya klo diibaratkan kita menjadi reminder terhadap kerabat kita. Jangan biarkan saran kita menumpuk karena sewaktu-waktu akan meledak dan orang lain akan tahu juga namun dapat menyinggungnya


5.       To Do Point
Bila segala macam cara sudah kita tempuh namun orang tersebut tidak berubah maka ucapkan lah secara tegas kalau kita tidak menyukai apa yang ia perbuat.kadangkala dengan cara yang seperti ini maka orang berwatak keras kepala akan sadar dan mencoba untuk merubah dirinya menjadi lebih baik.

Cukup sekian sedikit tips dari saya. Semoga saja dari tips-tips yang saya beri dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian .


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution