Rabu, 09 Oktober 2013

Manfaat Berqurban Dan Pahalanya

PAHALA BERKURBAN 

Mungkin banyak yang bertanya apa pahala dari berkurban? apa manfaat berkurban. saat ini kita telah masuk idul adha (hari raya kurban), sangat tepat dan pas membahas kurban.


Mengenai besarnya pahala berqurban, 

Sahabat Ali r.a mengatakan : "barangsiapa berangkat dari rumah hendak membeli hewan qurban, maka setiap langkahnya memperoleh 10 kebaikan dan dihilangkannya 10 keburukan, serta dinaikan 10 derajat..." (jawahir zadah) 

Nabi SAW bersabda kepada Aisyah : hai aisyah, majukanlah hewan kurbanmu dan saksikanlah, sebab sejak tetes pertama darah hewan kurban itu jatuh ke bumi, Allah mengampuni dosa-dosamu yang terdahulu.

jawab Aisyah : "apakah hal itu khusus bagi kami ataukah bagi umumnya orang mukmin, ya rosul? 

Beliau menjawab : ya berlaku bagi kami dan umumnya kaum mukmin". 

wahab bin munabbih berkata: nabi daud as, berkata "Ya Allah, sebesar apakah pahala orang yang berkurban dari umat nabi muhammad saw? 

jawabNya : "aku memberi pahala kepadanya, setiap bulu dari badan hewan kurbannya 10 kebaikan, aku hapus 10 keburukan, serta kunaikan 10 derajat, baginya setiap rambut menjadi gedung di surga, seorang bidadari yang ayu dan kendaraan bersayap berkecepatan tinggi, ia kendaraan ahli surga..."(zahratul riyadl) 

Nabi SAW : siapa shalat seperti yang kulakukan, dan beribadah jahi seperti yang kulakukan,  berarti ia termasuk golonganku. dan siapa tidak shalat sebagaimana yang aku lakukan, dan enggan berqurban, berarti ia bukan jama'ahku, jika ia termasuk orang kaya diriwayat lain beliau juga bersabda : ingatlah bahwa kurban itu termasuk amal-amal penyelamat, yang menyelamatkan pemiliknya dari kejelekan dunia dan bahaya di akherat" (zubdatul wa'idhin) 

Mengingat begitu besarnya pahala berkurban, hendaknya kita segera berkurban jika sudah punya kelebihan rizki.selain sebagai kendaraan kita di hari akherat nanti, berkurban juga sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap orang-orang yang tak mampu, terutama bagi mereka yang tak mampu membeli daging. 

Manfaat berqurban:

1. Menghidupkan sunnah Nabi ALLAH, Ibrahim a.s.,
2. Mendidik jiwa ke arah taqwa dan mendekatkan diri kepada ALLAH.
3. Mengikis sifat tamak dan mewujudkan sifat murah hatu dan berjihad di jalan ALLAH. 
4. Menghapuskan dosa dan mengharap keridhaan ALLAH.
5. Menjalinkan hubungan kasih sayang sesama manusia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution