Selasa, 22 Oktober 2013

Sikap Menghargai Orang Lain

Menghargai Orang Lain Dalam Pandangan Islam

MENGHARGAI KARYA ORANG LAIN

“sebaik-baik manusia adalah orang yang selalu memberi manfaat kepada manusia lain”. ( sepakat ahli hadis)
Islam mengajarkan agar para penganutnya menggapai kebaikan kehidupan di dunia serta akhirat. Keduanya harus dilakukan dengan seimbang. Oleh karena itu, setiap muslim harus menjalankan kehidupan di dunia dengan sebik-baiknya. Seolah-olah, demikian dalam sebuah riwayat (hadis) dirinya akan hidup selama-lamanya. Akan tetapi, hal tersebut harus diimbangi juga dengan menjalankan berbagai amal untuk akhirat. Seolah-olah, menurut sebuah riwayat pula, dirinya hendak mati besok pagi.
                Salah satu wujud penting pada diri seseorang yang berkaitan dengan kebaikan hidup di dunia adalah berkarya. Islam menghendaki para umat pengikutnya memperhatikan pentingnya berkarya. Setiap muslim hendaknya mempunyai karya, entah itu dalam skala kecil serta sepele, ataupun dalam skala besar dan spektakuler.
                Tidak sempurna ke-islam-an seseorang apabila hidupnya menjadi beban orang lain. Oleh karena “ sebaik-baik manusia adalah yang selalu memberi manfaat kepada manusia lain” sebagaimana kutipan diatas merupakan prinsip penting dalam islam. Bagaimana dengan sikap kita terhadap karya orang lain itu ? inilah tema yang hendak kita uraian dalam bab berikut.

   A.      Perihal menghargai karya orang lain

Manusia sering disebut sebagai homo socius dan homo faber. Istilah yang pertama berarti makhluk social. Bahwa manusia tidak dapat hidup seorng diri. Ia butuh orang lain untuk bermasyarakat. Sementara itu, istilah yang kedua berarti manusia sebagai makhluk yang suka bekerja atau berkarya. Pada akhirnya manusia disini menyandang predikat sebagai makhluk yang berkebudayaan.
Setiap manusia mempunyai kelebihan tertentu. Apa gerangan yang dimaksud dengan “kelebihan tertentu” itu ? tidak lain adalah kemampuan berbuat serta berkarya. Ya, setiap manusia senantiasa berkarya dalam segala tingkatannnya. Para petani, pedagang, ahli ilmu, pelajar, dan masih banyak lagi tidak lepas dari perbuatan berkarya. Terukirnya peradaban-peradaban manusia dalam berbagai kurun sejarah, tidak lain disebabkan oleh kemampuan manusia dalam berbuat serta berkarya.

1.       Pengertian dan maksud menghargai karya orang lain
                Istilah “karya” dalam kamus besar bahasa Indonesia memiliki beberapa arti. Karya dapat berarti pekerjaan, hasil perbuatan, dan ciptaan atau buatan. Oleh karena itu, bias dikatakan bahwa secara mendasar pada diri manusia telah melekat beraneka macam karya. Mengapa demikian ? tidak lain karena pada diri manusia melekat berbagai hal yang menunjukan pengertian tentang karya. Manusia terbiasa mengerjakan sesuatu. Manusia terbiasa melakukan suatu perbuatan. Manusia juga biasa membuat atau menciptakan segala sesuatu. Berkarya berarti melakukan atau mengerjakan sesuatu sampai menghasilkan (sesuatu pula) atau menimbulkan manfaat dan berarti bagi semua orang.
                Sebagai seorang muslim hendaknya kita harus menghargai karya-karya orang lain. Kita tidak boleh melakukan segala macam perbuatan yang sifatnya mengejek, merendakan, apalagi menghina dan sejenisnya kepada orang lain dengan segala karyanya. Islam dalam hal ini menyerukan bahwa seorang muslim adalah yang membuat oranng lain di sekitarnya selamat baik dari ucapannnya maupun perbuatannya.

2.       Berbagai cara menghargai karya orang lain
                Hasil karya orang lain perlu kita hargai. Hal tersebut merupakan salah satu sikap dalam upaya membina keserasian serta kerukunan hidup di antara sesama manusia. Ketentraman, kedamaian, dan keharmonisan dalam masyarakat akan terjadi apabila sikap yang dikembangkan para warga saling menghargai satu sama lainnya. Termasuk pula dalam hal ini adalah sikap menghargai atas segala karya kepada orang lain.
                Suatu karya biasanya dapat mencerminkan pribadi seseorang. Dalam menghormati serta menghargai karya orang lain hendaknya dilakukan dengan tanpa memandang derajat, pangkat, status, juga warna kulit. Beberapa cara yang dapat diwujudkan untuk menghargai karya orang lain :
a)      Tidak mencela suatu hasil karya ( msekipun misalnya karya tersebut menurut kita jelek )
b)      Memberikan berbagai bentuk penghargaan
c)       Tidak menyalahgunakan pada hal-hal yang mengarah maksiat
d)      Mengakui kelebihan-kelebihan suatu karya
e)      Menaruh perhatian dan peduli, serta
f)       Memberikan masukan-masukan secara objektif.

   B.      Sikap menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari

                Islam menganjurkan kepada segenap umatnya untuk saling menghargai satu sama lain. Sikap selalu menghargai orang lain itu (termasuk dalam karyanya) didasari oleh jiwa yang santun ( al-hilm ),  dimana seseorang dapat menumbuhkan sikap menghargai orang di luar dirinya sendiri. Termasuk bagian dari menghargai orang di luar dirinya itu adalah penghargaan terhadap karyanya.
                Mungkinsaja kita boleh tertawa bersama orang lain untuk berbagi kebahagiaan (hidup). Akan tetapi, kita tidak boleh menertawakan orang untuk menghina serta mengolok-olok. Mengapa ? siapa tahu dalam satu dan lain hal, orang lain tersebut dengan segala karyanya ternyata lebih baik daripada kita sendiri.
Perhatikan firman Allah :

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok)… (Q.S. Al-Hujurat [49]: 11)

Selain itu, perhatikan pula hadist Rasulullah saw. Berikut.




Artinya : Barang siapa yang membuat kebaikan dalam Islam maka baginya akan mendapatkan pahala dan pahala dari orang yang mengikuti sesudahnya, tanpa sedikitpun dikurangi dari pahala mereka itu. Dan barang siapa yang membuat kejelekan dalam Islam, maka baginya akan mendapatkan dosanya, ditambah dosa-dosa orang yang mengikuti sesudahnya tanpa dikurangi sedikitpun dari dosanya itu. (H.R. Muslim). 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution