Kamis, 11 Februari 2016

Hati-hati Dengan Penjilat

4 Cara Mudah Ketika Berhadapan Dengan Seorang Penjilat

Kata penjilat sangat indentik hewan peliharaan terutama untuk hewan yang suka menjilat seperti anjing. Ambil contoh seekor anjing, untuk mendapatkan tulang kesukaannya dari majikannya anjing rela menjilat kaki majikannya dan setelah itu akan mendapat hadiah tulang dari majikannya. 


Dalam lingkup perkantoran, juga sering disebut-sebut istilah penjilat yang artinya seseorang yang suka mencari  kesalahan rekan kerjanya dan melaporkannya kepada atasan.  Hal lain yang sering dilakukan sang penjilat adalah bekerja dengan giat ketika dilihat atasan atau jika ada atasan namun jika tidak ada atasan ditempat makan yang dilakukan hanya bermalas-malasan.

Jika kita berada pada suatu kantor dimana salah satu rekan kita ada yang bertype penjilat, kita jangan sekali-kali terpancing dan emosi karena akan berakibat pada dirikita sendiri. 

Dalam menghadapi seorang penjilat hendaknya kita tidak terlalu pusing dengan ulahnya, yang harus kita lakukan adalah bekerja sesuai dengan kemampuan kita serta mengeluarkan semua potensi yang kita miliki dan bekerjalah tanpa memandang siapa dan berapa bayarannya. 

Dengan bekerja lebih baik maka hasil yang kita capai juga akan gemilang dan pada akhirnya atasan kita juga akan mengetahui sejauh mana potensi kita.

Pengalaman saya selama bekerja, sangat sering menemui orang yang suka menjilat kepada atasan akan tetapi atasan juga tidak menyadarinya atau bahkan sering mempercayainya. 

Yang saya lakukan adalah menunjukan kepada atasasan bahwa yang dilaporkan tidak sepenuhnya benar dan bisa di cek dari hasil pekerjaan. Saya berusaha bekerja keras dan tanpa kenal lelah dan akhirnya saya bisa menunjukan bahwa saya bisa mengerjakan semua pekerjaan saya dan bahkan melebihi apa yang ditargetkan.

Berdasarkan pengalaman saya tersebut, saya mencoba membagikan tips untuk berhadapan dengan rekan kerja yang penjilat:

  1. Saat bekerja pastikan setiap perintah yang diberikan atasan telah kita laksanakan dengan sebaik-baiknya dan tidak ada yang terlewatkan sedikitpun. 
  2. Setelah melakukan pekerjaan tersebut buat pelaporan langsung kepada atasan tentang hasil yang telah kita kerjakan dan sertai dengan analisis yang mendalam tentang cara dan urutan pekerjaannya.
  3. Pastikan setiap pekerjaan kita selesaikan tepat waktu bahkan kalau bisa sebelum waktunya dan utamakan kualitas hasil pekerjaan, jangan sampai hasilnya asal-asalan.
  4. Jangan mudah terpancing ketika berhadapan langsung serta upayakan pendekatan dengan teman yang bertype penjilat sebab jika kita jadikan musuh akan semakin berbahaya bagi kita, akan lebih baik jadikan sebagai rekan tapi jangan meniru cara yang dilakukan.

Demikian tips yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution