Selasa, 30 Juni 2015

Mencari Teman Dan Sahabat Yang Baik

4 Cara Mendapatkan Pertemanan yang Setia

Pada saat kita berbicara persoalan teman yang setia, kita akan teringat pada sahabat paling setia yang pernah ada, yaitu Abu Bakar as-Siddiq. Rasulullah SAW bersabda tentang Abu Bakar, “Pada saat aku menyerukan orang-orang untuk masuk Islam, beberapa orang terlebih dahulu memikirkannya,
setidaknya dalam waktu sementara, tetapi tidak dalam kasus Abu Bakar, pada saat aku mengajaknya masuk dalam agama Islam, Abu Bakar menerimanya tanpa keraguan.” Rasulullah SAW sangat mempercayainya sehingga Abu Bakar diberi gelar ‘As-Siddiq’, karena keimanannya yang begitu kuat sehingga tidak bisa diguncangkan oleh apapun, dan persahabatannya dengan Rasulullah sekuat batu sampai Abu Bakar menyerahkan seluruh kekayaannya, dan menjadikan dirinya keamanan dalam banyak peristiwa untuk mendukung Rasulullah dalam menyebarkan agama.

Teman yang mencintaimu karena Allah

Kunci persahabatan yang baik adalah mencintai karena Allah. Dalam sebuah hadits disebutkan, bahwa mereka yang mencintai karena Allah akan berada dalam naungan-Nya pada Hari Kiamat. Rasulullah SAW bersabda, “Ada tujuh orang yang akan dinaungi oleh Allah di Hari Kiamat pada saat tidak ada naungan lain selain naungan-Nya, salah satunya adalah, ‘dua orang yang mencintai karena Allah, dan mereka bertemu dan berpisah karena-Nya.” (HR Bukhari), yang menandakan status tertinggi yang dapat kita capai salah satunya melalui persahabatan yang baik selama perjalanan hidup kita.

Persahabatan dapat disamakan dengan musafir yang mencari tujuan akhir dalam perjalanan, seperti yang pernah disebutkan oleh seorang penulis, “Sangat mungkin untuk melakukan perjalanan sendiri. Tetapi pengelana yang baik memahami bahwa perjalanan adalah kehidupan, dan kehidupan membutuhkan teman. Teman berarti orang yang memakan roti yang sama. Berbahagialah mereka yang merasa berada dalam perjalanan dan semua orang yang mereka temui adalah teman-teman yang terpilih. Pengelana yang baik akan terus peduli saat teman mereka lelah. Mereka mencoba menebak jika teman mereka sedih. Mereka akan mengangkat mereka sebagaimana mereka menemukan mereka, mendengarkan mereka. Secara bijak, lembut, dan penuh cinta… mereka akan mengajari teman mereka untuk terus berjalan dan menemukan kesenangan yang mereka hadapi selama perjalanan.”

Seorang ulama pernah menjelaskan konsep yang indah dari mencintai satu sama lain hanya karena Allah SWT sebagai berikut: “Untuk mengikat persahabatan karena Allah, menunjukan kewajiban untuk membangun hubungan cinta dan kepercayaan demi-Nya; persahabatan semacam ini lah yang merupakan persahabatan karena Allah SWT. Dan persahabatan seperti itu juga menunjukan bahwa bentuk rasa kasih sayang pun tidak cukup; walaupun tentu saja maksudnya adalah saling mencintai satu sama lain. Tetapi juga termasuk pertolongan, menghormati, dan penghargaan. Oleh karena itu, pertemanan haruslah bersama dengan orang-orang yang mencintai kita dalam perkataan dan juga amal. Kesetiaan karena Allah SWT berarti mencintai Allah dan memohon pertolongan dalam agama-Nya; dan mencintai mereka yang taat kepada Allah dan datang untuk menolong mereka.”

Dalam memiliki teman yang baik, kita menanam benih keimanan karena pertemanan kita berdasarkan iman, dan keimanan harus menjadi motivasi untuk mencari teman yang baik pula.

Tips-tips untuk mencari teman dan sahabat yang baik

1. Jadi lah ikhlas dan mulailah dari dirimu sendiri

Kunci dari mencari teman yang baik dimula dari niat yang tulus sebagaimana dengan akhlak baik yang ada dalam Islam, dan untuk mewujudkan karakteristik dan sifat-sifat tersebut, maka kita harus berkeinginan untuk menjadi teman yang baik pula seperti yang telah disebutkan di atas.

2. Tinggalkan teman-teman yang salah

Memang akan sangat sulit untuk memutuskan pertemanan dengan teman-teman yang salah, tetapi ingatlah jika kita meninggalkan sesuatu karena Allah SWT, Allah akan menggantinya dengan orang-orang yang lebih baik. Dalam hal ini bukan berarti meninggalkan teman-teman yang merugikan dalam hal iman kita secara bersamaan, karena kita bisa juga memberikan mereka anjuran untuk berbuat baik pula, dan menjadi sumber inspirasi untuk teman-teman lama kita dan berdoa untuk mereka.

3. Carilah teman-teman yang benar

Hal ini hanya bisa kita lakukan jika kita berkumpul dengan orang-orang yang berilmu, mereka yang tahu bagaimana menjadi orang yang tepercaya, benar, dan penting untuk menjadi teman baik. Cari tempat yang sesuai. Untuk meningkatkan keimanan kita, kita harus menemukan tempat yang berisi orang-orang yang baik (seperti di masjid atau majlis ilmu) dan hindari tempat-tempat yang akan merugikan iman kita.

4. Berdoalah kepada Allah SWT

Selalu meminta doa agar kita dibimbing kepada orang-orang yang baik, dan Allah akan menganugrahkan kita bukan hanya teman-teman yang baik di dunia, tetapi juga di akhirat.


(diterjemahkan dari http://productivemuslim.com/4-steps-towards-faithful-friendship/)
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution