Selasa, 29 Januari 2013

Bolehkah Ukhti Mengungkapkannya?

Jika Ukhti Tertarik, Tak Mengapa untuk Mengungkapkannya

"Jika ukhti tertarik, tak mengapa untuk mengungkapkannya. Ibunda (Khadijah RA) pun demikian." Begitulah kira-kira ungkapan salah seorang ikhwan yang ditulis di sebuah website. Maksudnya apa? Entahlah. Yang pasti, saat tulisan tersebut saya baca, ikhwan tersebut masih single alias belum menikah.

Jika dilihat dari maknanya, tulisan tersebut mengisyaratkan kepada seorang akhwat yang 'mempunyai perasaan' kepada seorang ikhwan untuk mengemukakannya dengan terus terang. Tentunya harus sesuai syar'i. Bisa lewat teman, sahabat, atau orang lain yang dipercaya sebagai mediator ta'aruf.

Kenapa harus akhwat duluan yang 'menyatakannya'? Karena hal tersebut dicontohkan oleh Khadijah RA ketika hendak menikah dengan Rasulullah SAW. Pada waktu itu, Khadijah tertarik dengan kepribadian dan keluhuran budi pekerti Rasulullah SAW. Maka Khadijah RA pun melamar Rasulullah SAW.

Itu kan jaman baheula, apa saat ini ada akhwat yang 'menyatakan' duluan? Tentu ada. Misalnya, beberapa minggu yang lalu, ada dua orang akhwat yang siap menikah dan mengutarakan niatnya untuk ta'aruf dengan ikhwan yang 'diinginkannya'. Padahal, usia mereka masih dibilang muda, kelahiran 1987 dan 1990.

Secara pribadi, saya salut dengan niat dan tekad dua akhwat tersebut. Mereka 'membidik' ikhwan yang usianya jauh di atas mereka. Apalagi akhwat yang lahir tahun 1990. Saat ini, dia masih duduk di bangku SMA kelas 3 dan sudah berpikir dewasa. Tekadnya, jika sudah lulus, bakal langsung menikah. Subhanallaah...

Lalu, bagaimana kelanjutan proses mereka? Apakah berhasil? Wallaahu a'lam. Bagaimana pun kelanjutan proses mereka, tentu tidak perlu dibahas di sini. Yang perlu digarisbawahi adalah, kesungguhan mereka ketika hendak menyempurnakan setengah agama. Kesungguhan mereka, mungkin perlu 'ditiru' oleh akhwat yang lain.

Maka, jika ukhti tertarik, tak mengapa untuk mengungkapkannya...

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution