Selasa, 29 Januari 2013

Otak Manusia Seperti Orang Sedang Bersujud

Bismillahirrohmaanirrohim, Assalamu alaikum Wr.Wb

“Rahasia SUJUD ketika Sholat ( Otak Manusia seperti orang yang sedang Bersujud )“

Coba kita perhatikan gambar otak dengan orang yang tengah bersujud. Ada persamaankan..?

Adakah ini kebetulan tapi ciptaan Tuhan tidak ada yang secara kebetulan. Semua di ciptakan ada tujuannya dan maksudnya. .. 
Otak berada di bagian paling atas manusia, tetapi apabila kita sujud, ia berada di tempat paling rendah, menandakan pengabdian kita pada Yang Menciptakan kita. Yaitu Allah SWT .

"Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahawa Al-Qur'an itu benar, dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahawa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu?" (Surah Fusshilat : Ayat 53)

Itulah hebatnya Tuhan. Otak yang selama ini kita bangga-banggakan ternyata bersujud kepada Tuhan, lantas kenapa kita masih tetap menyombongkan diri dihadapan Tuhan seperti orang-orang atheis yang menolak kewujudan Tuhan.

"Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan,binatang-binatang yang melata dan sebahagian besar daripada manusia..? Dan banyak di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya.Dan siapa yang dihinakan Allah maka tidak seorang pun yang memuliakannya.Sesungguhnya Allah berbuat apa yang di kehendakinya “
[QS. Al-Hajj (22): 18]

Sujud secara definisi umum merupakan satu diantara gerakan-gerakan yang kita lakukan ketika kita sedang melaksanakan kewajiban kita sebagai seorang muslim yaitu sholat, sujud itu sendiri kita lakukan sebanyak 2 kali tiap raka’atnya dan dilakukan sesudah diri I’tidal dan diselingi duduk diantara dua sujud..

Sedangkan secara makna sujud artinya suatu perbuatan yang mencerminkan penghambaan kita kepada Allah SWT serta tunduk kepada-Nya, banyak sekali perintah sujud ini disinggung didalam Al-Qur’an, tetapi mungkin kita belum mengetahui apa sebenarnya yang Allah janjikan kepada hamba-Nya dibalik sujud tersebut..

Didalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abi Hurairoh ra,
Rosulullah SAW bersabda :
“Aqrobu maa yakuunu-l-‘abdu min robbihi wa huwa saajid, fa aktsiruu fiihi minaddu’aa”
“Keadaan yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya(Allah SWT) yaitu ketika dia sedang sujud, maka perbanyaklah doa pada keadaan (sujud) tersebut”..


Sebuah hadits yang amat simple tetapi mengandung sebuah makna yang luar biasa, hal yang biasa kita lakukan tiap hari 34x ( karena 1 raka’at 2x sujud maka kalau 17 raka’at= 17 x 2=34 ) yang mungkin memakan waktu tidak lebih dari 30 detik ternyata menyimpan rahasia besar yang sangat mulia, mungkin inilah salah satu hikmah yang dapat kita ambil mengapa sujud kita lakukan sebanyak 2x dalam 1 raka’at shalat sedangkan gerakan-gerakan yang lainnya hanya 1x tiap raka’atnya, amatlah mulia tujuan Allah SWT mengajak hamba-Nya untuk sering bersujud kepada-Nya, bayangkan jika kita selalu melaksanakan sholat-sholat sunnah rawatib, sholat duha serta sholat tahajjud, maka semakin besarlah peluang kita untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Diakhir hadits tersebut ada sebuah penggalan yang indah “ maka perbanyaklah doa pada keadaan tersebut ” sebuah ajakan dari Nabi Muhammad SAW yang mengajak kita untuk banyak berdoa ketika kita dalam keadaan sujud, Karena pada keadaan sujud tersebut kita dalam kontak yang amat dekat dengan Allah SWT dengan harapan Allah SWT mendengar dan meng ijabah semua doa yang kita panjatkan, hal ini juga dikuatkan oleh hadits Rosulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra. bahwasanya Rosulullah SAW bersabda :

“ Tidakkah saya memberikan larangan untuk membaca Al-Qur’an ketika dalam keadaan ruku’ atau sujud..??, maka ketika ruku’ agungkanlah Rabbmu, sedangkan ketika sujud bersungguh-sungguhlah dalam berdoa dan yakinlah bahwa Allah SWT akan meng ijabahnya”.

Sebuah hadits yang meyakinkan bahwa sujud itu menyimpan rahasia yang amat besar, yaitu ijabah doa, moment yang amat baik untuk kita memohon kepada Allah SWT karena pada saat itu kita dalam keadaan terdekat oleh Allah SWT, maka tidak ada alasan bagi kita untuk bergegas-gega / terburu buru ketika kita melaksanakan shalat terutama ketika sujud.

Ingat janji Allah SWT itu pasti, maka perbanyaklah sujud, bagaimanakah caranya..?,

Kita tahu banyak sholat-sholat sunnah diantaranya, sholat sunnah rawatib, shalat tahajjud, shalat witir, shalat tasbih, shalat duha, dan sholat sunnah lainnya sebagai wasilah bagi kita untuk selalu sujud kepada Allah SWT,

Semoga Allah SWT memasukkan kita kedalam golongan hamba-Nya yang selalu sujud kepada-Nya
Semoga Allah SWT mengabulkan semua doa kita yang kita panjatkan disetiap sujud kita..
Semoga Allah selalu melimpahkan Nikmat dan Rahmat-Nya untuk kita semua

Wassalamu alaikum Wr,Wb

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution