Kamis, 31 Januari 2013

Dunia Itu Sesuatu yang Licin dan Menggelincirkan

Pesan Imam Syafi’i tentang dunia

Wahai saudaraku, dunia adalah sesuatu yang licin dan menggelincirkan, dunia merupakan negeri yang sangat hina, keramaiannya menuju kegersangan, penghuninya menuju kuburan, apa yang di kandungnya berpotensi untuk mencerai beraikan, kekayaannya menghantarkan kepada kefakiran, banyak membelanjakannya akan membawa kesulitan, tetapi kesulitan didalamnya sesungguhnya adalah sesuatu yang mudah.
 

Karenannya, waspadalah dan berlindulah kepada Alloh SWT, puaslah dengan rizki yang dianugerahkan Alloh SWT, janganlah berhutang dalam negeri yang fana lalu di bawa ke negeri akherat yang abadi, sehingga membuat sengsara. Sesungguhnya kehidupan di dunia laksana fatamorgana yang segera lenyap dan bagaikan tembok goyang yang segera roboh. Oleh karena itu perbanyaklah amal dan perpendeklah angan-angan”


Imam Ibnul Qayyim tentang sikap menyia-nyiakan

“Sikap menyia-yiakan terbesar adalah menyia-nyiakan hati dan waktu. Menyia-nyiakan hati timbul dari mengutamakan dunia atas akhirat, sedangkan menyia-nyiakan waktu muncul dari panjang angan-angan. Seluruh kerusakan berhimpun pada sikap mengikuti hawa nafsu dan panjang angan-angan, sebagaimana seluruh keshalihan berhimpun pada sikap mengikuti petunjuk Alloh dan bersiap-siap untuk berjumpa Alloh SWT”


Salman Al Farisi tentang tiga orang dan tiga hal



“Aku sangat heran kepada tiga orang hingga membuatku tertawa:orang yang memimpikan dunia, padahal keamtian selalu memburunya; orang yang lupa,padahal ia tidak dilupakan; dan orang yang tertawa sepenuh mulutnya, sementara ia tidak mengetahui apakah Tuhan alam semesta murka atau ridha kepadanya. Tiga hal yang membuatku sedih hingga menangis: perpisahan dengan kekasih(Muhammad SAW dan sahabatnya r.a), dahsyatnya Hari Kebangkitan, dan berdiri di hadapan Alloh, sementara aku tidak tahu apakah aku digiring ke syurga atau neraka”

by. http://islamudin69

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution