Rabu, 30 Januari 2013

Poin Penting Sebelum Kita Berdoa

Metode meminta kepada Allah

Tidak ada satupun yang bisa terjadi tanpa izin-Nya. Bergabung jin dan manusia menginginkan sesuatu... tidak akan terjadi bila Dia tidak menghendaki. Tapi bila Allah menghendaki sesuatu..., tidak ada satupun yang bisa menolak kehendak-Nya.


Tidak diragukan lagi kita semua membutuhkan sesuatu karena kita semua adalah makhluk ciptaan Allah yang sengaja didesign oleh Allah sebagai makhluk yang membutuhkan sesuatu. Tidak lain tujuannya ialah agar kita selalu bergantung kepada Allah.

Ada beberapa maklumat yang akan saya sampaikan agar permintaan kita tokcer diijabah Allah Sang Pemberi Permintaan yang menguasai jagad raya ini, sebelum teman-teman berkata seperti ini  :

- "Kok saya berdo'a terus tetapi belum ada tanda-tanda??",
- "berdoa mah berdo'a tetapi kehidupan tidak berubah-berubah nih??",
- "Ya Allah kapan do'a saya akan dikabulkan??"
- "duh.., do'a saya enggak pernah diijabah, udah bosen do'a?"
- Dsb

Masya Allah... pernyataan-pernyataan seperti ini sangat fatal...., makanya kita harus tahu waktu-waktu do'a diijabah (seperti disepertiga malam terakhir, hari jum'at, hari-hari romadhon dll) atau kunjungi tempat-tempat ijabahnya do'a (seperti Masjid, depan Ka'bah, Hijr ismail, Raudhoh, bukit Shofa dan Marwah dll) atau minta do'a nya para orang-orang shaleh (seperti Ayah dan Ibu, Ahli puasa, Ahli sedekah, Ahli tahajud, Ulama atau orang-orang shaleh lainnya)


tapi tulisan saya kali ini akan membahas maklumat-maklumat yang harus diperhatikan sebelum kita berdoa sbb:

Pertama : Percaya dan Yakin kepada Allah

Point pertama ini sangat penting untuk kita, karena kepercayaan ialah modal utama dalam suatu hubungan atau relasi. seperti kita berbisnis dengan seseorang, modal pertama ialah kepercayaan dari kedua belah pihak, seperti kita berteman dengan seorang teman, modal terpenting ialah kepercayaan dari kedua belah pihak, seperti seorang ibu dan anak, jika salah satu dari kedua ini tidak ada rasa percaya maka tidak akan terjalin hubungan dengan baik.

Seorang ibu dan anak : bagaimana seorang anak kecil yang tidak mengerti apapun, tidak bisa mengurus dirinya sendiri rela diberlakukan apapun oleh ibunya?? karena seorang anak kecil percaya kepada ibunya, percaya kepada ibu yang bisa mengurus dirinya, percaya kepada seorang ibu bahwa ibu memiliki rasa kasih sayang yang tinggi kepada dirinya, percaya kepada seorang ibu bahwa ibu tidak akan mungkin melukai dirinya. Dengan modal percaya ini maka semuanya beres!!, anak sehat, gizi terjamin, tubuh bersih, hati nyaman dan tentram...

Allah dan Hamba : Ayo diperdiksi sendiri..!!, bagaimana rasa percaya kita kepada Allah yang mengurus segala sesuatu, mengurus secara detail, bukan hanya gizi, kesehatan, bahkan kasih sayang Allah sebagai sang pengurus, diluar dari jangkauan imajinasi kita. Allah mengurusi secara detail bagaimana sel-sel yang ada didalam tubuh ini berfungsi dengan baik??, bagaimana jantung ini berdeguk-deguk?? siapa yang mendegukkan jantung?? apakah jantung ini berdeguk dengan sendirinya?? jantung ini didegukkan oleh Allah!!, bagaimana darah ini mengalir??, bagaimana air liur yang ada dimulut tetap stabil?? bagaimana air yang ada dimata tidak kering?? bagaimana rambut ini terus tumbuh dan memanjang?? semuanya beres diurus sama Allah!!

masalah Rizki?? siapa yang memberi rizki?? siapa yang menciptakan lambung?? Apakah Allah tidak mengerti tentang lambung?? Apakah Allah tidak mengerti bahwa lambung harus diisi sesuatu setiap saat dengan makanan?? Allah mengerti dan sangat faham, lambung itu ciptaan Allah, lambung harus diisi makanan maka Allah ciptakan makanan. dari bayi sampai detik ini pun, kita cukup kan makannya?? Allah yang mencukupi... hanya kita yang kurang mengerti, kurang faham, kurang percaya sama Allah dan kurang yakin sama Allah... ini fatal, jika kita kurang yakin dan kurang percaya kepada Allah, bagai mana do'a akan diijabah sedangkan Allah berkata dalam Al-Qur'an

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo'a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (AL BAQARAH  ayat 186)

Kedua : Posisikan Allah diurutan pertama

Perbandingan Allah dengan Makhluk?? subhanallah... jauh!! jauh!! dan jauh!!, Allah tidak bisa dibandingkan dengan makhluk sama sekali..., tetapi kita selama ini bukan hanya membanding-bandingkan bahkan mengalahkan Allah kepada makhluk.... kita buktikan yah??

Allah dengan Boss dikantor :
Apa yang akan kita lakukan jika seorang boss menyuruh sesuatu kepada kita?? dapatkah kita menolak?? Wow... takut!!, takut dipecat... takut boss marah.., takut tidak dapat gaji..., itu baru boss sedang menyuruh, bagaimana jika boss memerintah sesuatu kepada kita?? Wow lebih takut lagi untuk menolak!!

Bagaimana dengan Allah?? bagaimana jika Allah memerintah dalam sholat melalui suara Adzan?? 'Ayo kita sholat...' kata Allah... Allah sudah memerintah kita masih mengulur-ngulur waktu..., Jika boss memerintah tidak ada penguluran waktu..., bahkan tak jarang kita mengabaikan perintah-perintah Allah..., apakah tidak takut kalau Allah marah hah?? apakah tidak takut dipecat Allah jadi makhluknya?? Subhanallah... pantes aja do'a-do'a kita jarang diijabah... mudah-mudahan kita gak dipecat yah jadi hamba Allah??

Ketiga : Meminta dan berharap hanya kepada Allah

Iyya ka na' budu wa iyya ka nas ta'in = ' Hanya Engkaulah kami menyembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan' (Qs. Al-Fatihah ayat 5) kita baca ini setiap hari minimal 5 kali.

Hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan... Hanya = satu-satunya, hanya = cuma. Allah satu-satunya dan cuma Allah tempat meminta pertolongan.... apakah menurut ayat ini kita boleh meminta selain kepada Allah??? kita gak boleh minta kecuali mitanya kepada Allah aja..., bekerja sama dengan makhluk boleh tapi usahakan jangan minta kepada makhluk. minta hanya kepada Allah aja... mudah-mudahan faham yah...

Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap (Qs. [94:8] Alam nasroh : 8)
kalau kita masih minta dan berharap kepada selain Allah itu tandanya kita belum serius sama Allah

Keempat : Silaturahmi ke Rumah Allah (Masjid)

Rumah Allah terbuka lebar untuk kita...,kok jarang-jarang silaturahmi ke rumah Allah??, kalau rumah presiden terbuka lebar untuk kita bagaimana?? presiden mempersilahkan kita ke rumahnya kapan saja, dan kita dijamu oleh presiden dengan jamuan-jamuan istimewa setiap saat, bagaimana?? mau??

Subhanallah Maha Suci Allah yang Maha baik yang menjamu setiap hamba-hambanya yang datang ke Rumah Allah (Masjid)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a bahwa Rasullullah saw. bersabda, “Tempat yang paling disukai oleh Allah adalah Masjid, dan tempat yang paling dibenci oleh Allah adalah Pasar” (HR. MUSLIM)

Dari abu hurairah, dari nabi saw beliau bersabda,"Siapa saja yang pergi ke masjid di pagi hari maupun sore hari.Alloh menyediakan hidangan surga baginya , sepanjang pagi maupun sore (HR bukhari dan muslim)

Dan tidaklah orang-orang berkumpul pada salah satu dari rumah-rumah Allah Ta’ala (masjid-masjid) , sedang mereka membaca kitab Allah dan mempelajarinya di antara mereka melainkan akan turun ketenangan kepada mereka serta diliputi oleh rahmat dan mereka akan dikelilingi oleh para Malaikat. Allah akan menyebut-nyebut mereka kepada siapa saja yang berada di sisi-Nya. Barangsiapa yang diperlambat amal perbuatannya, maka dia tidak akan dipercepat oleh nasab (keturunan)nya.” [HR.Muslim]

Minta aja sebanyak-banyaknya di Rumah Allah, Allah ada kok!! sekalian silaturahmi sama Allah... subhanallah!!

Kelima : Membaca Surat Cinta dari Allah

Sebagaimana kita dikasih surat cinta dari kekasih kita...., Subhanallah Allah memberikan surat cinta kepada kita (Al-Qur'an), berapa kali dalam sehari kita baca?? berapa kali dalam satu tahun kita hatam??

berapa kali kita baca surat cinta dari makhluk??

Al-Qur'an adalah surat cinta yang diberikan kepada Allah untuk kekasihnya... ternyata Allah cinta kepada kita, makanya Allah memberikan surat cinta kepada kita (al-Qur'an). tapi sayang kita kurang cinta ke Allah....

Keenam : Dzikir (Mengingat Allah)

Dzikir membantu kita untuk mengingat Allah..., mengingat Allah dalam Kekuasaan-Nya, mengingat Allah dalam Kekayaan-Nya, mengingat Allah dalam Maha sempurna-Nya Balasan-Nya.

Dzikirlah dimanapun kita berada dalam 24 jam..., Allah Maha Melihat, Allah Maha Mendengar dan Allah pasti memberikan ganjaran yang setimpal dan berlipat-lipat untuk kita... tidak usah khawatir Allah tahu dan mengerti semua kebutuhan-kebutuhan kita... Allah tahu cara yang paling tepat untuk kita dalam menyelesaikan masalah-masalah kita... nanti kita akan dibimbing oleh Allah jika kita selalu mengingat Allah...

Allah Ar-Rosyid yang Maha Pandai yang mengetahui cara yang tepat menyelesaikan semua masalah-masalah yang buntu, yang pelik dan yang paling rumit. Allah Ar-Rosyid mendorong kita untuk mampu menjalani semua solusi dari-Nya

Ketujuh : Memberikan hadiah kepada Allah / Ikhlas

Memberikan sesuatu kepada Allah dengan Ikhlas... Allah yang Maha Mensyukuri akan membalas kebaikan-kebaikan yang kita lakukan dengan berlipat-lipat ganda karena Allah mensyukuri kebaikan yang kita lakukan makanya Allah membalasnya dengan lebih dan selalu lebih.... seperti sedekah usahakan niatnya untuk Allah, masalah Allah akan mengembalikan dengan berlipat ganda itu mah sudah pasti dan tidak usah khawatir karena Allah udah janji... yang jadi masalah ialah niatnya kita untuk Allah atau untuk yang lain??

triknya gini : kita sedekah kita niatkan untuk Allah, setelah itu kita berdoa minta dibalikin berlipat atau minta kaya atau minta hajat apapun..., yang pertama harus niatnya untuk Allah dulu yang kedua baru deh minta hajat..., insya Allah nendang tuh sedekahnya... mantap!! memberikan hadiah ke Allah bisa berupa sedekah, puasa, amal-amal sholeh atau lainnya.... 



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution