Senin, 23 September 2013

Nikah Muda

Tanya Jawab Ssoal ‘NIKAH MUDA’ dari A Sampai Z
 
Masalah penikahan adalah masalah yang selalu aktual dan hangat untuk dibicarakan tak terkecuali oleh para thulabul ilmi. Seolah tidak mengenal istilah usang, kapan dan dimanapun topik ini selalu terasa update dibahas. Namun, disayangkan sebagian penuntut ilmu terlalu berlebihan dalam membicarakan masalah ini sehingga menghabiskan waktu dan bahkan tak jarang menimbulkan penyakit dalam hati.


Berikut ini adalah beberapa testimoni dari orang orang yang berani menikah muda :

“Mau nikah tapi belum ada modal mas?”
Nikah kok pake nunggu ngumpulin modal, emang mau buka toko!. Nikah kok nunggu mapan, nunggu kaya, nunggu sejahtera. Kebalik tuh. Segera nikah, biar segera dimapankan, dikayakan, disejahterakan

“Tapi saya masih belum lulus kuliah mas?”.
Emang sejak kapan rukun nikah pake ijasah?.

“Saya belum punya kerjaan tetap mas?”.
Nggak penting itu punya pekerjaan tetap, yg penting tetap punya penghasilan

“Padahal rencana saya nikah umur 30-an gitu mas”
Coba deh diitung2, umpama cowok nikah usia 30. Anaknya lulus kuliah udah berapa tuh usia sang bapak?. Yup, lebih dari 50 taun. Kalo nikahnya umur 20?. Usia 40-an sudah bisa gendong cucu tuh

“Apa sih mas perbedaan besar antara pacaran dg nikah?”
Pacaran? Rawan maksiat. Nikah? Rawan rahmat

“Nikah muda itu bahaya lho mas, psikis pasangan muda kan labil?”.
Mangkanya buruan nikah, biar segera stabil

“Masak putus? Pacar saya udah sayang banget ma saya mas”.
Buat kalian yg masih melihara pacar, katakan pada pacar kalian, “Bukti cinta sejati bukan “I love you”, tapi “qobiltu” [maksudnya: saya terima.....]

“Mas, saya nunda nikah karena belum siap dari segi finansial?”.
Lho, kenapa nikahnya yg ditunda, kenapa nggak finansialnya aja yg dipercepat?

Status ngomporin nikah ntar lagi dilanjut ya. Istri ngajak jalan2 lagi nih
Oh ya, jalan2 sama istri itu ngoleksi pahala, lho. Kalo sama pacar? Jawab sendiri dah

“Cieee, si mas mentang2 udah nikaaah ”
Cieee, mentang2 yg belum berani nikaaah

“Apa sih mas enaknya nikah muda?”
Bocoran nih ya, ibu saya dulu nikah usia 17 taun, sekarang di usia beliau yg baru 42 taun, beliau udah tenang, karena anak2nya dah lulus kuliah, bahkan anaknya yg paling imut nih dah berani berumahtangga, hehe

“Nikah muda itu bahaya lho mas. Rawan perceraian, karena kondisi emosional, finansial, psikis, anak muda masih labil. Nikah muda itu rawan lho mas. Bayi yg lahir oleh pasangan muda itu bla bla bla”.
Udahlah, jangan banyak alesan, diketawain sama ibu saya tuh

“Saya sering liat ada orang dewasa yg nggak nikah2?”
Lelaki dewasa yg belum juga berani nikah kemungkinannya hanya 2: terlalu banyak maksiat, atau kejantanannya perlu dipertanyakan . Udahlah, daripada tersinggung, mending berubah

“Jangankan nafkahin istri, nafkahin diri sendiri saja belum bisa!”.

Hah? Usia mudanya dipake ngapain aja tuh?.

“Mas, saya pingin membahagiakan ortu dulu. Masak baru lulus, baru kerja, langsung minta nikah?”.
Hey, bukankah lebih keren kalo kita membahagiakan ortu, istri, juga mertua sekaligus?.

“Saya mau fokus di karir dulu mas”.
Astaghfirullah, masih nggak percaya juga dg firman Tuhan?. Nikah itu ngundang rezeki, bukan malah menghambatnya. Udahlah, pokoknya orang keren adalah orang yg nggak suka cari2 alasan

“Mas, modal nikah itu berapa sih?”
Seringan mungkin. Sesederhana mungkin. Muslimah mulia adalah yg ringan maharnya. Resepsi, sesederhana mungkin. Undangan, sehemat mungkin. Jangan boroskan duit di resepsi.

“Mas, adakah penelitian yg membuktikan nikah bikin kaya?”
Buanyak. Mangkanya sempetin baca buku, nggak baca status doank  [maksudnya: jangan cuma ngaskus doang]

“Kenapa ada yg usai nikah tapi hidupnya malah berantakan?”
Yg usai nikah dan lebih bahagia juga membludak. Jadi yg salah bukan nikahnya, tapi faktor orangnya

“Kenapa kita lebih disaranin nikah muda?”
Biar agama kita disempurnakan oleh Tuhan di usia kita yg semuda mungkin

“Kalo belum ketemu jodoh gimana, mas?”
sebagamana rezeki, begitulah jodoh. Rezeki memang ditangan Tuhan, tapi kalo nggak dijemput ya bakal ditangan Tuhan teruuus

“Lha cara jemput jodoh itu gimana mas?”
Gitu masih ditanyain? Ckckckck.. katanya udah gedhe

“Kenapa sih mas dari kemaren ngomporin nikah muda?”.
Karena saya pingin anak2 muda sebahagia kami, hehe.

“Boro2 nikah, kuliah aja nggak lulus2. Boro2 nikah, kerja aja nggak dapet2. Boro2 nikah, usaha aja nggak jalan2. Boro2 nikah, ortu aja belum ngizinin. Boro2 nikah, jodoh aja nggak dapet2”.
Ini nih pikiran anak muda yg pesimis. Asal tahu saja nih ya, di luar sana ada banyak banget yg nikah tapi kuliahnya makin lancar, yg nikah dan karirnya makin cepat, yg nikah dan usahanya makin melejit, yg masih muda tapi dapat jodoh yg hebat, yg masih muda tapi udah diizinin ortunya nikah. Kira2 apa yg bedain kalian dg mereka?. Bener, mereka kreatif cari solusi, bukan cuma kreatif cari alesan . Mereka semangat cari jalan keluar, bukan cuma bisa ngeluh sambil fb-an

“Aduh, mas, puasa2 gini ngomporin nikah ”
Karena puasa itu nikmat banget. Yg dah nikah, sahur dibangunin istri.
Yg belom nikah? Betah amat bertaun2 dibangunin alarm .
Yg dah nikah, terawih berjalan ke mesjid bareng istri. Yg belom? Kaciiiaaan .
Yg dah nikah, buka masakan istri. Yg belom? Betah amat seumur2 nasi bungkusan .
Yg dah nikah, pas tilawah, ada yg dengerin, ada yg nyimak, ada yg benerin. Pas tidur, ada yg nemenin. Pas sedih, ada yg dicurhatin. Pas nangis, ada pundak tempat bersandar. *Ciyeee.. 
Daripada pingin, buruan berbenah, dan segera nikah muda


Nikah ituuuu, menenangkan. Juga menyenangkan. Beneran. Apalagi nikah muda, beuuh, serasa kayak pacaran. Tapi ini pacarannya keren, pacaran setelah pernikahan. Daripada protes, daripada tersinggung, daripada panas, daripada pingin, mending berbenah, mending berubah, mending berdoa, semoga bisa tergapai cita-cita nikah muda menyesal kenapa nikahnya ngga dari dulu dulu..Nikah itu cuma 1% enaknya Yg 99% ??: Yang 99% uuueennakkk banget..


by. http://www.solusiislam.com


Testimoni :

titatutet
ane nikah muda gan ane baru umur 23 tahun suami ane umur nya 20 tahun  ane masih muda kan dan alhamdulilah apa yg dikatakan TS tentang kemapanan dll laki ane sudah memiliki nya karena emang dia kerja dari kelas 1 SMA. tapi yg mikirin mapan mungkin emang agak ribet kalau pasangan nya ribet juga nikah muda ga semudah orang bilang? nikah muda dengan pasangan lebih muda itu bahaya? kata siapa? ane comfort tuh. malah masih kaya orang pacaran, dan masih ribut kaya watu pacaran (ane yg ribut, laki ane kalem ) tapi beda nya kalau dulu waktu pacaran bingung nyelesein nya gimana, kalau udah nikah emmm bilang jangan ya yg belum nikah jangan di ikutin yaa oh ya, kita pertama ketemu di kaskus. jadi klop dari awal awal menikah karena ane harus kuliah keluar negeri. dan laki ane lebih milih nikahin ane daripada LDR
akhir nya kita kuliah bareng di oz + dia kerja. meskipun buruh gaji nya sama kaya gaji DPRD di indo loh seneng nya tinggal di oz \/ eh nikah mengundang rezeki ane udah buktiin. cuman belum punya dede, padahal udah 6 bulan yah alhamdulillah setelah menikah pemikiran kita jauh berbeda dengan orang yg seumuran kita tapi belum menikah karena mindset kita bertambah dengan hak dan tanggung jawab pernikahan

titatutet
suami ane sama ane masih kuliah. penghasilan laki ane waktu pacaran cuman 5jt/bulan dan usahanya ga lebih dari 6jt/bln tapi setelah nikah, gaji 25jt/bulan dari usaha 40-52jt/bulan padahal umur nya masih muda masih 20 tahun ada yg bisa jelasin ke ane kenapa bisa begitu ya? 

alacazzam
setuju gaan, ane nikah umur 23, gak muda banget sih, waktu itu bini masih kuliah, pacaran setelah nikah nikmat banget. ane kenal doi agustus (dikenalin sama ortu), ketemuan lagi bulan desember, sama ortunya ditantangin untuk nikah, ane terima tantangan, januarinya langsung nikah. nikmat gan pacaran setelah menikah.

SapiNgupil
cihuiii bener banget gan.. ane ud nikah usia 21 taun.. ud dikaruniain anak cewek lucu nan imut.. rezeki ane juga bertambah gan.. umur 40an ane ud bisa liat anak ane jd wisuda.. Hha

idpermanaa
Umur ane 24 tahun. Udah ngelewatin 1.5 tahun usia pernikahan. sekarang ane udah punya bebi umur 4 bulan. Nikah muda itu banyak keuntungannya, antara lain lebih fokus, lebih membuat kita dewasa, berfikir lebih kreatif, banyak nambah wawasan, yang jelas nambah rejeki. Bagi yang takut nikah karena masalah finansial, agan jangan takut akan hal itu, itu hanya pemikiran agan saja, yakin bahwa Alloh selalu memberikan rejeki bagi orang2 yang nikah karenaNya. Entah dari mana datangnya rejeki itu, karena itu sudah merupakan janji Alloh bagi orang2 yang beriman. Apalagi udah punya bebi, komplit dah bahagianya. kalo berkenan, taro pejwan Gan..

UnKillMaster
Ga juga sih gan, semua tergantung sikon keluarga dan mental diri masing2 ..Ane mah dari keluarga udah harus dituntut nikah muda, entah kenapa karena pengen ane mandiri (padahal udah mandiri loh, punya usaha sendiri masih SMA) atau pengen cepet gendong cucu (ini yg repot gan  ) ..Kakak ane nikah umur 22 (masih kuliah sekalian usaha, ga tau kenapa masih kuliah juga atau entah ga lulus2  ) dan luar biasa ADA aja rezeki yg dateng pas udah nikah (nah loh ?), usaha kakak ane pas masih belum nikah paling ya 5 jt/bulan dan sekarang udah 10+ jt/bulan ..Mau tau umur ane berapa ga gan ? ane masih SMA kelas 1, tapi udah tunangan, tinggal tunggu nikahnya aja pas lulus sekolah nanti, yg penting kan ane udah punya usaha, ane yakin kalo ane nikah mah pasti ada aja rejeki yg dateng dan nikah itu memperluas rejeki ..

gutblessyou
Mangstap gan, ane kabetulan udah nikah dan nikahnya umur 21 gan Alhamdulillah semuanya baik2 aja Bener nih semua yang TS ini bilang, pokoknya jangan ragu2 nikah keburu di sikat sama orang  keep posting gaaaan  

endyshinkai
gua banget,ane nikah umur 23 n ga punya kerjaan,istri ane cantik,,hayooo...bingung kan napa bisa..Ane umur 22tahun gan (masih 2 bulan lagi sih ) ane juga barusan nikah sama suami ane (25th) Baru 1 bulan malah Dulu suami ane kerja jadi OP warnet, karna warnetnya bangkrut, jd dia nganggur Eh pas malah masa nganggur, ortu ane minta biar ane cepet nikah aja, waktu itu bulan september suami ane nglamar ane  trus ortu ane minta nikahnya bulan november  kebayang gak sih ribetnya ngurusi nikah dalam waktu 3 bulan Tapi alhamdulillah habis ane dilamar sama suami ane, dia ketrima kerja

oyul89
ane umur 23 tahun bini ane 20 tahun dan ane udah nikah sekitar sebulan yg lalu gan,, ane sama bini ane ngersa lebih bahagia meskipun sekarang keadaan ane dan bini ane lagi di coba kesabarannya sama ALLAH SWT tapi ane sama bini ane tetep tegar ngadepinnya dan yg lebih penting lagi ane sama bini ane masih bisa ketawa 20 kali bahkan bisa lebih dalem sehari meskipun keadaan kita lagi dicoba Intinya ALLAH gaakan kasih cobaan pada umatnya kalo umatnya itu gak mampu

tumbalpulojawa
ane dulu tergolong nikah muda juga gan, umur 24 tahun, istri ane umur 23. lbh tenang gan bawaan nya klo nikah muda. tampang kek org pacaran, tp udah halal sgala macem, hahaha... trus ngebangun perekonomian keluarga dari nol banget juga, soalnya ane wirausaha juga. pokonya hidup lbh nyaman pokonya.

rickyaryant
Ane nikah muda, enaknya sih ga seberapa tapi gurihnya itu lho

metalpinix
ane nikah waktu umur 20 tahun. dan sekarang sudah di karuniai anak perempuan umurnya 1 tahun setengah. memang kadang sempat pikiran penghasilan buat sehari2 gimana??? tapi alhamdulillah emang udah rezeki ada aja..... beda saat lajang dulu.

fahdeesan
Ane setuju banget ama TS. Ane nikah umur 23 gan, sekarang umur ane 27 dan udah punya 2 anak, kalo udah nikah ada aja rezeki yg datang gan, jangan takut kekurangan dech.

bhe_2bad4ever
ikut sharing ya gan Tapi kudu ditaruh di pekiwan Ane baru mau nikah gan bulan Feb nanti. Ane 25, calon ane 23 Dulu pacaran sama2 jd selingkuhan Pas pacaran menginjak umur 3 bln,cewe ane didesak utk cepet nikah
Tp bingung krn pny cowo 2 Ane ditantang utk lamar dy di akhir desember 2012 (cm 7 bulan persiapan), dan anesanggupin (nekat gan ) Dr ga punya apa2 (g pny tabungan  ,g pny duit  ,kerja masih serabutan  ,orgtua g stuju nikah muda  ), jadi pny macem2  (tabungan dll ada semua sekarang. g tau dapet dari mana  yg pasti ane ga ngepet ya gan  ) Tp yang buat ane ketawa2  baca ni trit, ya yg diblg TS. Kita jadi kreatip (pake p) Gmn caranya yakinin orang tua  ane pake strategi A sampe Z udah kaya mau perang gitu So far, alhamdulillah lancar, dberi kemudahan, dan satu hal yang pasti DIBUKAKAN JALAN KE PERNIKAHAN BEGITU NIAT DALAM HATI MENIKAH SUBHANALLAH!! Buat yang lain,niatin aja dari hati mulai sekarang, drpd pacaran banyak maksiat

Dewa.krisna
beruntung ane bisa nikah muda,,umur 23 sudah bisa mempersunting istri nan sholihah,,dan umur 24 sudah mempunyai keturunan yang lucu dan imut,,pekerjaan pun menyesuaikan,,yang kemeren kemeren waktu lajang cuman jadi staff di perusahaan swasta,selang 1 bulan nikah dah promosi jadi supervisor,, eh sekarang si kecil baru umur 3 bulan,ane di promisiin lagi jadi manager  ,padahal ane cuman lulusaan D3 gan,,maha besar ALLAH dengan segala keAGUNGANNYA. ini true story gan,gak ngada ngada pejwan jika berkenan ya agn TS

tcmania
Ane juga nikah muda gan, watu itu umur 23.. istri juga sama.. Sebelum nikah kerjaan serabutan dikantor orang, gaji cuman 1 juta ( tahun 2008 ).. Habis nikah pintu rejeki bertambah gan.. mula2 dari frelancer online bisa 8 - 9 juta /bulan, kemudina ningkat jadi 20 an.. dan ahamulilah setelah lahir si kecil, jadi 30++ , Alhadulilah juga karena kerja di rumah, tiap hari bisa lihat si kecil.. padahal sbeelum nikah kerja di kantor berangkat pagi pulang sore

usyaqulhuur
Share aja gan ane nikah umur 22 sekarang dah punya 2 anak, dulu pas nikah penghasilan cuma 250k/bln Alhamdulillah semuanya disukuri sampe sekarang sehat wal afiat. ...... meski tetep bejuang untuk mencari kebahagiaan yg diinginkan NIKAH MUDA MEMANG ... ENAAAAAAAAAAAAKKK

donjuan88
TS jago nih provokasinya...Ane juga udah nikah kok gan, kemaren tanggal 9 desember..umur ane 23 tahun dan bini baru 22....Alhamdulillah acara resepsi yang memang kita niatkan sesederhana mungkin berjalan lancar...dan bener kata TS Nikah itu enaknya 1 %, tapi UEEENAAAAKKKNNNYYAAAAA 99%. Sekedar sharing aja, ane sama bini itu CLBK, pernah pacaran selama dua bulan dulu waktu masih sama2 sekolah, kepisah karena lulus sekolah hampir 5 tahun, ketemu lagi october tahun kemaren, dan ane sebulan ketemu, ane langsung nekat ngomong sama ibunya yg sekarang mertua ane, bahwa ane serius sama anaknya, ane buka kartu bahwa sekarang ane kerja di sebuah perusahaan multinasional asing, dengan penghasilan sekian, dan ane kasih tau juga bahwa ane bukan dateng dari keluarga konglomerat yang punya harta yg ngga abis tujuh turunan, bapak ane supir taksi...Alhamdulillah nyokap dan kk ipar bini ane bisa terima dengan baik semuanya...tp yang ane kagum sampe sekarang, ane waktu bilang begitu ke ibunya, ane dalam posisi ngga punya tabungan sama sekali, ngga punya simpenan asset yang bisa dijual secara cepat, asli cuma ngandelin gaji ane...Tp alhamdulillah sampe resepsi rejekinya ketemu aja, apalagi waktu abis lamaran, malah banyak lembur, banyak dines luar kota yang tentunya malah nambah income ane...mahar yang diminta pun masih masuk dalam nalar ane, utk itu ane bersyukur banget bahwa mahar yang diminta bini ane, bukan hal yang mempersulit ane..Yang lucunya lagi, ketika mengutarakan niat ngelamar doi, bukannya tanpa tantangan, ada aja ujiannya, mulai dari bokap ane yang harus masuk rumah sakit dan dioperasi, sampe ane harus jual motor ane..bikin jiper gan...tapi yang paling menenangkan adalah kata2 doi, ketika ane harus jual motor kesayangan yang selalu menemani kita berdua kemana2, dia bilang "km cuma keilangan motor kan, bukan keilangan aku..", nyeessss gan denger kata2 itu..terus ane harus pindahan rumah karena sampe harus jual rumah juga utk biayain sakitnya bokap ane dan rawat jalannya beliau.. tapi sekali lagi, Allah Maha Adil, Maha Rahman dan Maha Rahiim, Dia yang punya duit, kenapa jadi kita yang ketakutan...lurusin niatnya mau nikah, kuatkan azzam bahwa doa dan usaha harus seiring sejalan, jangan banyak ngeluh, ntar malah dikabulin lho yang dikeluhin itu...hidup cuma sekali parahnya cuma sebentar lagi, klo ngga disegerakan menyempurnakan agama, mau kapan lagi....Pajang Page One klo TS suka...

bbuzni
ane udah dari umur 17 tahun gan dan bisa nemuin semua yg dikatakan itu *tapi ini karena kesalahan sistem mgkn Tuhan udah kasih jalan yg terbaik buat ane ya kita terima saja dg lapang dada, ini juga ngguin kelahiran anak ke-2  semoga cewek (amin ) umur 20 anak 2 tapi alhamdulillah rezeki lancar-lancar saja, tp awalnya memang susah buat bangkit, apalagi cemooh orang-orang yg tak ada guna intinya ya kita terima saja takdir n jodoh kita masing-masing *pekiwan kalo boleh

miku.airi
ane juga nikah muda gan 22th awal nya ragu, plus ortu juga gak setuju nikah muda alasan ortu "ini lah itu lah",
walaupun pacar udh kerja, tp ya cukup buat keperluan nya doang ane juga udah kerja, tp ane harus bayar cicilan motor pada saat itu dan ane gak ada uang sm sekali paling sisa 100-200rb gan /bulan nya, n gak punya tabungan akhir nya kita berdua bertekad untuk ngumpulin uang saat itu kurang lebih 6 bulan gan, walau pas udah hari H uang kita kurang ane nekat minjam uang gan 3jt walau minjam sm kk istri ane, ane merasa malu gan mau nikah kok gak ada uang tp gimana lagi, akhir nya kita nikah setelah nikah ane berusaha lebih kerja keras, untuk membayar hutang 3jt tersebut, walau sering bertengkar karena gak ada uang kita tetep bersama kok maklum gaji saat itu sisa dikit buat bayar hutang + ane juga beli kompi baru gan ( itu pun kredit ) jcuma sisa 300rb doang gaji ane buat sebulan dan istri ane gak kerja lagi gan, karena ane kasihan kalo dia capek.. hari demi hari kita lewati, akhir nya habis juga hutangnya dan alhamdulilah sekarang udah bisa nabung sedikit" dan rezeki yg datang pun lebih dari sewaktu bujangan dulu banyak yang menganggap nikah muda itu : gatel, kanji, udah kepengen, ini lah , itu lah, dll.. tp ane gak hirauin, hidup yang baru dimulai ini akan ane jalani ane kepengen berusaha semaksimal mungkin, n buktikan kepada semua orang nikah muda itu gak ada yang salah justru ane merasa lebih semangat, kepengen nya punya rumah sendiri, karena kita masih tinggal bareng ortu kita jg blom punya dede , doain ya gan jadi curhat nih

Mr. Popo
Kalo ane sendiri sih nyesel gan knp ane nikah sekarang, knp g dari dulu2. Nih nikmatnya nikah menurut ane: dulu sebelum nikah keuangan serasa kuraaang mulu, eh sekarang udh nikah malah bisa nabung lho, so kalo mo nikah nunggu modal banyak dulu, itu salah besar gan... makanya cepetan nikah gan...

uki49
ikut curcol deh. ane male 26. udah nikah 1 tahun 2 bulan (tepat 11-11-11 dulu nikahnya). dulu saat nikah ane wirausaha aja, ya cukup 5juta/bulan. nekad ane nikah. terus pindah gawe jg, & alhamdulillah skrg udah 8juta/bulan dari gawe aja. selain dari rezeki, pemikiran kita jg jd berkembang & dewasa.

syuryadin
ane juga nikah gan tp di umur 24 tahun gan tp istri ane 18 tahun gan, waktu nikah ane cuma ada uang 250 rb gan itu tahun 2004 gan, pas nikah berkah dari allah banyak sekali gan, ane dapet rezeki di mana-mana tanpa di sangka sangka, istri di rumah gak kerja, ane aja yang kerja ampe sekarang ane dah punya tanah 6 petak beda tempat masing masing dg ukuran 20x20 m2, n punya rumah 3 buah beda tempat, punya motor 2, punya mobil 2, punya anak 2... thk's allah. yang gak berani kimpoi ke laut aja gan...


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution