Selasa, 24 September 2013

Jangan Katakan "Ah" Atau Membentak

Bahagiakan Orang Tua, Bahagia Menantimu

Renungan Ayat Dan Hadist
"Jangan sekalipun kamu mengatakan pada keduanya " ah" dan jangan pula kamu membentak mereka dan ucapkan kepada mereka perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih dan ucapkanlah: Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka telah mendidik sejak kecil." (QS. Al-Israa: 23-24)

Tiga macam do'a (yang) dikabulkan tanpa diragukan lagi, yaitu doa orang yang dizalimi, doa kedua orang tua, dan do'a musafir (yang berpergian dg tujuan baik). (HR. Ahmad dan Abu Dawud. Hadist Sahih) 

Salah Satu Kiat Orang Sukses..
Alhamdulilah,saya seraing menjadi pembimbing Ibadah bagi yang berumroh atau haji. Berbagai macam watak dan tipe sering dijumpai. Beberapa tipe yang sering saya amati adalah orang yang dianggap sudah mapan, sukses dalam bisnis atau karir.
Dan semuanya jawabannya satu..apa itu?? Ternyata mereka adalah orang-orang yang sangat menghormati dan mentaati kedua orang tuanya, khususnya sang Ibu.
Kategori hormat dan taat ini bukan saja taat dan patuh, namun pula mengurus semua keperluan orang tua nya bahkan ketika mereka sudah tua.

Ortu Bukan Tempat Curhat Saja...Uruslah Mereka

Orang tua bukan sekedar tempat curahan hati kita, ketika ditimpa masalah baik dalam rumah tangga, pekerjaan dll kita langsung telepon orang tua dan mulailah curhat. Namun ketika butuh bantuan atau ketika dapat rezeki, berbagai alasan kita ungkapkan:
"Duh...maaf yah bu, saya sibuk dengan kerjaan..
ntar deh yah kalau ada waktu luang.......
Wah bu/Pak, saya nggak punya duit sekarang...
Ibu kan tahu gaji saya berapa! Belum lagi keperluan rumah tangga???......
Suami saya tuh Pak...nggak tahu perasaan saya...nggak pernah ngebahagiain aku...!!!...
Istri saya tuh Bu...kerjaanya main FB melulu..!!.....
Kenapa sih Pak minta uang terus?? Kan Bapak tahu saya nih cuman pegawai negeri???
Ahh ortu gue kagak ngurus gue...
Dan masih banyak lagi alasan kita yang pada dasarnya menunjukan betapa kita sering menjadikan orang tua tempat mengadu, tempat curhat semua kesulitan kita.Seakan-sekan mereka hanya mendengar semua ocehan kita, semua kesulitan kita dari kecil sampai berkeluarga sekalipun....
Namun ketika mereka butuh,ketika mereka minta, biasa nya seribu alasan kita kemukan.

Sudah saatnya membahagiakan orang tua kita....Kita punya masalah keluarga/rumah tangga..
Sssttt jangan bilang mereka.. Kita punya masalah dengan pekerjaan...
ssttt mereka tidak perlu tahu...Beri kabar yang gembira saja...agar hatinya senang dan bahagia.
Tahukah Anda...!!!
Ternyata permintaan orang tua kita ini...apapun permintaannya..akan mengundang rahmat dan berkah Allah??? Apa tuh???..sukses dan bahagia...Minimal bahagiakan hati mereka, tampakan di depan mereka bahwa kita anak yang baik, patuh dan taat.

Jawabannya Satu....Hormati, patuh dan sayangi Orang Tua ..!!

Berbagai persoalan hidup pastilah silih berganti datang dalam kehidupan kita,dan ini adalah satu kewajaran. Nah, salah satu solusi jitu menghadapi persoalan ini adalah meminta doa orang tua kita,selain kita hormati mereka pula, kita urus keperluan mereka dengan kemampuan yang ada.


Ketika kita mendapat rezeki, kirim sebagian rezeki kepada mereka, kirim makanan yang enak dan baik, urus mereka.

Lihat dapur mereka, mungkin ada yang kurang, urus sandang pangan mereka.... 
Belikan yang mereka sukai, kirim mereka uang..
Kalau kita sering Hang Out...ajaklah mereka sekali-kali.
Kita mungkin hebat dalam pandangan orang, supel, pandai bergaul, selalu mengikuti mode, shoping di mall, karir ok, pekerjaan bagus... de el el...tapi mungkin saja kita dikutuk Allah, manakala kita membiarkan orang tua kita..Nun jauh disana, hanya nonton TVRI di TV butut atau mungkin hanya mendengarkan radio saja, sedangkan kita sering nonton di 21 CINEPLEX.
Kita tiap minggu makan di restoran2 bersama keluarga, namun orang tua kita hanya makan ikan asin saja, dan atap rumahnya pun bocor lagi.

Sukseskah kita dengan cara seperti itu??? Akankah Allah memandang kita sebagai seorang hamba yang soleh dan taat??? Nudzubillah min dzalik...

Ternyata ketika kita sukses, bahagia...itu bukan karena tangan kita....nun jauh disana orang tua mendoakan untuk kita hatinya senang, bahagia karena kita telah membahagiakan mereka. Pantaslah mereka akan berdoa sambil menjerit:

..." Ya Allah bahagiakan anakku, sukseskan anakku...karena dia telah membahagiakan aku...."

Bagaimana Cara Kita Agar Tetap Membahagiakan Orang Tua Meskipun Mereka Telah Wafat??
Doakan mereka sesudah shalat wajib, hajikan mereka jika mereka belum berhaji (haji badal), punya rezeki? sedekahkan atas nama orang tua kita. Ada yang mambangun Madrasah atau Masjid?? infaq kan atas nama orang tua...dan banyak lagi caranya

Jagalah mulut, jagalah tangan, dan jagalah hati

Semoga bermanfaat
Ust. Ackman. Lc

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution