Jumat, 20 September 2013

Kebersihan Rumah Menggambarkan Pribadi Kita

Sifat Anda Pengaruhi Kebersihan Rumah

Kebersihan rumah kita adalah sesuatu yang menggambarkan pribadi kita. Hanya saja, tiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda. Ada yang telaten, asal bersih, serba terburu-buru, dan lainnya. Kenali tipe Anda dan terapkan tips yang diberikan Nova-online di bawah ini sehingga Anda bisa bersih-bersih rumah dengan efisien.


Apakah Anda termasuk orang selalu mengganti-ganti saluran TV, senang dengan pembicaraan yang hangat, serta cepat tanggap terhadap topik pembicaraan? Jika jawabannya iya, bisa jadi Anda termasuk seorang yang dinamis dan antusias. Anda senang belajar sesuatu yang baru. Kelemahannya, Anda mudah tergoda, dan bila sedang mengerjakan sesuatu bisa meninggalkan pekerjaan tersebut dan mengerjakan yang lain, yang lebih menarik perhatian Anda.

Tetapi Anda tetap bisa melakukan aneka kegiatan tanpa mengganggu pekerjaan rumah tangga bila mengikuti tips berikut:

1. Gunakan kemampuan dalam mengatur sesuatu dan tugaskan pekerjaan di rumah pada anggota rumah yang lain. Pada saat sedang sibuk di dapur, misalnya, Anda dapat meminta salah satu anak untuk mencuci, sementara anak yang lain bisa membantu membersihkan ruang tamu.

2. Bila pekerjaan tersebut harus Anda yang kerjakan, jangan minta orang lain untuk mengerjakannya. Untuk pekerjaan yang akan dikerjakan oleh orang lain, pilih yang gampang dan cepat. Bila waktu Anda sempit, bersihkan perabotan rumah tangga bagian luarnya saja, karena kalau tidak waktu Anda akan tersita. Sebab akhirnya Anda akan asyik membersihkan semua benda yang kecil-kecil.

3. Gunakan kemampuan Anda dalam berbagai bidang untuk mengerjakan berbagai pekerjaan di sekitar Anda. Misalnya, saat membersihkan mobil, pada saat yang sama bisa membersihkan perlengkapan olah raga yang Anda simpan di garasi. Anda dapat mengerjakan kedua-duanya sekaligus di garasi. Dengan cara ini, Anda tidak mengotori ruangan lain. Sayangi badan Anda.

4. Jangan lupa sisihkan waktu untuk beristirahat. Jangan habiskan waktu hanya untuk membersihkan rumah. Buat jadwal untuk apa yang akan dikerjakan. Misalnya, satu jam untuk bersih-bersih dan satu jam lagi untuk memasak. Di sela-selanya, minumlah secangkir teh hangat, baca buku atau nonton film yang bagus. Sesudah merasa segar kembali, Anda siap untuk memulai aktivitas yang lain.

Jika Anda Gemar Menyimpan

Anda sentimentil, supel, ceria, dan pandai. Anda menyukai kerajinan tangan, hiasan-hiasan dan mengoleksinya. Anda senang belanja dan tahu tempat-tempat belanja yang bagus.

Anda selalu menghadiri ulang tahun teman dan tidak lupa membawa hadiah. Anda sangat perhatian dengan sanak saudara. Pajangan foto nenek tertata dengan rapi atau rekaman suara si kecil saat baru bisa berceloteh, Anda simpan baik-baik.

Sisi buruknya, Anda susah memilah barang mana yang sebaiknya di pajang dan tidak. Alhasil, rumah anda penuh dengan segala macam pajangan. Kadang Anda tidak dapat menatanya dengan baik. Coba ikuti tips berikut:

1. Bersihkan sedikit-sedikit tapi lakukan setiap hari. Hindari membersihkan semuanya pada akhir minggu.

2. Mintalah bantuan seseorang untuk memilah barang-barang yang tidak perlu dan menyingkirkannya. Tempatkan di satu boks besar. Anda bisa memberikannya pada mereka yang memerlukannya atau berikan pada orang tak mampu.

3. Pajang koleksi Anda yang bernilai. Tentu saja Anda ingin memajang benda-benda yang mempunyai kenangan. Boleh-boleh saja, tapi tatalah dengan rapi. Pilih rak sesuai dengan benda yang akan dipajang sehingga memberi kesan cantik dan rapi. Dengan demikian, rumah Anda akan tampak bercahaya dan bersih.

4. Berikan buku-buku dan majalah-majalah bekas pada orang-orang yang membutuhkan, misalnya ke panti asuhan. Nah, rumah jadi bersih, Anda juga jadi dermawan.

Jika Sifat Anda Meledak-ledak

Tidak ada seorang pun yang punya tenaga sebanyak Anda pada saat mengerjakan sesuatu. Anda selalu memanfaatkan waktu dan senang dengan segala sesuatu yang bersifat spontan. Teman-teman Anda ingin seperti Anda. Berbakat dan berani. Anda tidak pernah merasa bosan dan tak pernah menyesal bila ada barang pecah-belah yang pecah karena acara pesta di rumah Anda.

Sisi buruknya, Anda selalu menunda pekerjaan yang tidak Anda sukai dan biasanya itu adalah pekerjaan rumah tangga yang akhirnya menumpuk. Lalu, bila tiba-tiba ada tamu yang datang, Anda harus terburu-buru menyembunyikan pakaian kotor (bukan di mesin cuci tetapi yang berserakan di depan pintu kamar mandi!). Rumah Anda dapat tetap bersih bila menyimak saran berikut:

1. Jangan pernah coba membuat jadwal untuk mengerjakan sesuatu karena tidak sesuai dengan sifat asli Anda. Sebaliknya, gunakan kemampuan Anda untuk mengerjakan semuanya dalam satu hari. Anda dapat melakukannya pada satu hari libur.

2. Mulailah bersih-bersih sambil memasang musik favorit. Karena Anda tak peduli dengan hal-hal kecil, minta bantuan pembantu atau anak, dari mulai membeli boks, memilah dan memilih barang untuk dimasukkan dalam boks tadi. Beri tulisan di atas boks sesuai jenis barang yang tersimpan di dalamnya sehingga memudahkan Anda saat akan menggunakannya satu saat nanti.

3. Walaupun Anda tidak peduli dengan kerapian, tetap saja perlu menyisihkan sedikit waktu Anda untuk melakukannya. Kerjakan dengan senang hati. Buat Anda segala sesuatu dapat dikerjakan dengan asyik sehingga meminta bantuan orang lain, entah teman, saudara, atau siapa saja, bukan masalah. Untuk membersihkan garasi atau kebun, Anda bisa minta orang lain mengerjakannya.

4. Bila bingung mau menyimpan sesuatu, tempatkan saja di satu boks besar. Tutup rapat dan simpan di garasi. Bila selama 6 bulan Anda tidak pernah membuka boks tersebut, berikan pada orang lain. Nah, Anda pun dapat menyapa tamu dengan ramah walau rumah berantakan.

Apakah Sifat Anda Perfeksionis?

Walaupun sudah berusaha membersihkan sedemikian rupa, tetap saja Anda merasa tidak puas dan merasa pekerjaan Anda belum sempurna. Anda tidak mudah menerima pujian karena merasa rumah Anda kurang bersih.

Sisi baiknya, karena Anda menyadari banyak yang iri, maka Anda akan konsisten. Hasilnya, rumah Anda selalu terlihat bersih. Sisi buruknya, Anda tidak punya waktu untuk menikmati rumah Anda karena waktu Anda habis untuk membersihkan rumah. Untuk mengimbangi sifat Anda yang serba “sempurna”, ikuti tips berikut:

1. Untuk pekerjaan rumah tangga yang ringan-ringan, biarkan anggota rumah yang lain yang mengerjakannya, seperti mencuci piring, membersihkan debu-debu, dan lainnya. Tempatkan diri Anda sebagai guru yang tugasnya melatih, bukan untuk mengerjakan semuanya.

2. Belajarlah untuk bisa menerima variasi dan pusatkan perhatian pada pengarahan. Dengan mendelegasikan pekerjaan-pekerjaan tertentu, Anda akan memiliki waktu untuk diri sendiri untuk dapat mengerjakan hal-hal lain yang lebih penting. Nikmati halaman Anda dan jangan pedulikan hal-hal yang belum selesai Anda kerjakan.

3. Bagi tugas dan atasi masalah yang timbul. Kebanyakan tipe ini tidak mau mengerjakan sesuatu yang tidak dapat dikerjakannya dengan sempurna. Untuk menghindari hasil yang tidak sempurna, pilah-pilah pekerjaan yang akan Anda kerjakan. Lakukan pekerjaan yang memang memerlukan penanganan langsung dari Anda. Hindari mengerjakan semuanya dalam waktu yang bersamaan.

4. Beri contoh yang baik kepada anak-anak Anda. Puji bila mereka telah selesai mengerjakan sesuatu. Anak-anak akan mengerjakan pekerjaan rumah tangga dengan senang hati bila tahu mereka tidak harus mengerjakan segala sesuatu dengan sempurna. Sifat asli Anda selalu menginginkan rumah yang sempurna, tapi Anda juga harus sadar, rumah Anda bukanlah tempat pelatihan. 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution