Rabu, 04 September 2013

Menjaga Pernikahan

Tips Pernikahan 

Hubungan pernikahan memerlukan rasa pengertian yang mendalam antara suami-istri. Berikut ini adalah tips-tips untuk hubungan keduanya.

Jangan Menjadi Penguasa
meskipun Islam menjadikan suami sebagai pemimpin rumah tangga, muslim dilarang untuk menjadi diktator atau tiran. Muslim diajarkan untuk melayani istri dengan baik. Nabi SAW pernah bersabda “sebaik-baiknya orang beriman adalah orang yang memilik tingkah laku yang baik, dan orang yang paling baik diantara kamu adalah orang yang berbuat baik kepada istrinya”

Menjadi Patner dalam mengambil keputusan

mengikuti prinsip syuro’ dan membuat keputusan sebagai keluarga. Keharmonisan rumah tangga akan lebih jika keputusan yang diambil tidak sepihak dan semua anggota keluarga menjadi bagian dari pengambilan keputusan tersebut.

Jangan Emosional

jangan pernah emosional baik secara fisik maupun mental kepada pasangan. Nabi SAW tidak pernah menyakiti istrinya. Nabi SAW pernah bersabda “bagaimana mereka bisa berbuat menjadikan istri-istri mereka disiang hari sebagai budak, dan tidur dengan istri mereka di malam hari”

Hati-hati dengan Ucapan

hati-hati dengan ucapan yang engkau katakan ketika dalam keadaan sedih atau emosional. terkadang engkau akan mengatakan sesuatu yang tidak pernah diucapkan ketika tidak marah. jika engkau marah, tunggu hingga engkau tenang sebelum memulai percakapan.
Tunjukan Perhatian

tunjukan perhatian pada pasangan anda. bersikap baik, pengertian dan sayang.

Tunjukan Apresiasi

menunjukan apresiasi terhadap yang pasangan kita lakukan untuk keluarga. Jangan pernah membuat suami/istri merasa bahwa dia tidak cukup baik pada keluarga atau engkau tidak puas dengan apa yang dia lakukan atau perkerjaannya, kecuali, tentu saja jika dia terlalu malas dan tidak pernah mencoba untuk membahagiakan keluarga. Nabi SAW bersabda “pada hari kiamat nanti, Allah tidak akan melihat wanita yang tidak berterimakasih kepada suaminya”.

bekerja sama dalam urusan rumah tangga

Nabi SAW dikenal membantu istri-istrinya dalam pekerjaan rumah tangga. Jika Nabi SAW tidak melakukan perkerjaan tersebut, maka seorang suami tidak akan melakukanya.

Komunikasi adalah Hal yang penting

komunikasi, komunikasi, komunikasi! adalah kata-kata yang sering diucapkan dalam konseling dan memang hal tersebut perlu dilakukan. Suami Istri perlu saling berbicara. Adalah lebih baik jika dalam menghadapi masalah dibicarakan lebih dini dan terbuka,

Lupakan persoalan yang telah berlalu.

jangan pernah mengungkit-ungkit persoalan yang sudah diselesaikan di masalalu.

Hidup Sederhana
Jangan merasa cemburu dengan orang lain yang hidup lebih baik daripada kita. Allah yang memberikan rejeki. Melihat orang lain yang hidup kurang dari kita akan membuat kita merasa lebih bersyukur. Bersyukur akan memberikan banyak manfaat kepada kita.

Berikan pasangan Waktu untuk sendiri

bila pasangan anda tidak ingin selalu bersama sepanjang waktu, tidak berarti dia tidak mencintai anda. Orang membutuhkan waktu untuk sendiri dengan berbagai alasan. Terkadang mereka ingin membaca, memikirkan masalah pribadi atau hanya ingin relaks. Jangan membuat mereka merasa berdosa ketika ingin sendiri.

Mengakui kesalahan

Ketika engkau membuat kesalahan, akui kesalahan tersebut. Ketika pasangan anda membuat sebuah kesalahan, segera maafkan. JIka memungkinkan jangan membawa kemarahan diwaktu tidur.

Hubungan fisik penting.

Selalu sediakan waktu untuk melakukan sex, jangan berhubungan sex dengan egois. Bersikap sabar terhadap pasangan ketika melakukan sex.

Makan Bersama

Jika dimungkinkan, sering-seringlah makan bersama. Nabi SAW tidak pernah mencela makanan yang dihidangkan kepadanya.

Jangan mendiskusikan masalah suami-istri dengan orang lain

Jangan pernah mendiskusikan pernikahan dengan orang lain sesuatu yang pasangan anda tidak mengijinkanmu membicarakannya, kecuali jika ada alasan islami untuk melakukannya. Beberapa suami-istri, percaya atau tidak, akan membicarakan tentang kondisi fisik pasangan mereka kepada orang lain. Hal ini tidak boleh dilakukan, informasi tentang hal-hal tersebut hanya boleh diketahui oleh anda dan pasangan anda.Pernikahan yang baik memerlukan kesabaran dan keramaha, pengorbanan, empati, cinta, pengertian, kerja keras, saling memaafkan. semuanya itu dapat di rangkaikan dalam satu kalimat: selalu memperlakukan pasangan dengan cara seperti kita inginkan orang lain lakukan terhadap kita.

Semoga kita bisa menjadi suami/istri yang baik. amien  
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution