Rabu, 27 Januari 2016

Tanamkan Ikhlas Dalam Hati

Ikhlas Dalam Beribadah

Barangsiapa menghendaki akhir yang baik, ia perlu menyiapkan awal yang baik. Siapa menghendaki surga, ia pun harus ikhlas dalam beramal. Serta siapa yang sungguh-sungguh menuju Allah, pasti Allah menjauhkannya dari gangguan para musuh, melindunginya dari kejahatan, membantu kehidupannya, menunjukinya pada amal yang baik  dan benar.


Allah SWT berfirman: “Orang-orang yang mengikuti petunjuk pasti diberi Allah tambahan petunjuk dan diberi sifat takwa.” (QS. Muhammad: ayat 17).

Syadad bin Aws mendengar Rasulullah SAW, “Siapa berpuasa karena ria berarti ia telah berbuat syirik. Dan siapa bersedekah karena ria berarti telah berbuat syirik.” (HR. Al-Bayhaqi).

Ibadah yang disertai hawa nafsu memang akan menjadi ringan dilakukan, sementara ibadah yang tidak disertai hawa nafsu menjadi sangat berat. Betapa berat ibadah yang dikerjakan tanpa dilihat orang. Sebaliknya, betapa ringannya ibadah dilakukan, bila dilihat, dipuji, dan disanjung oleh orang.

Contohnya adalah orang yang telah sekian puluh kali melaksanakan ibadah haji. Namun ketika ia dianjurkan untuk beramal kepada fakir miskin sebesar biaya ia pergi haji, maka beratlah baginya melaksanakannya. Hal tersebut tak lain karena berhaji bisa dilihat dan disaksikan banyak orang, berbeda dengan sedekah yang hanya sedikit orang saja yang tahu. Disinilah hawa nafsu bermain.

Dari Mahmud bin Labid diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Yang paling aku takutkan atas kalian adalah syirik yang paling kecil.” Para sahabat pun bertanya, “Apa syirik terkecil itu wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Ria.”

Oleh karenanya ketika kita beramal hendaklah kita tulus hati meniatkannya karena Allah, sehingga nanti kita bisa mendapatkan balasannya kelak.

Allah SWT berfirman: “Pada hari ketika tiap-tiap jiwa mendapati hasil segala perbuatan baiknya berada di hadapannya.” (QS. Al-Imran: ayat 30).



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution