Rabu, 13 Januari 2016

Mau Tau Keutamaan Salat Subuh

Lima Keutamaan Salat Subuh yang Jarang Anda Tahu

Salat Subuh merupakan ibadah rutin yang wajib dilaksanakan setiap muslim ketika mengawali hari. Waktu ini adalah saat yang tepat untuk mendapatkan rahmat dan ridha dari Allah SWT. Ada banyak keutamaan dan manfaat yang bisa diperoleh dari aktivitas ibadah ini.

Namun tidak dipungkiri bahwa salat subuh menjadi salah satu salat sangat sulit untuk dijalankan oleh sebagian orang. Tantangan ketika memilih bangun dari pada menyingkap selimut ketika dinginnya pagi mendapat apresiasi tersendiri di mata Allah SWT.


Tidak hanya pahala, ada banyak keutamaan yang dijanjikan Allah bagi mereka yang rutin salat subuh. Lima keutamaan ini akan membuat kita berpikir ulang ketika akan meninggalkan salat wajib sebelum terbit matahari ini. Apa saja? Berikut ulasannya.

Allah SWT menjanjikan banyak pahala kepada mereka yang dengan sabar menjalankan salah satu perintah-Nya, yakni salat subuh. Hal ini tertuang dalam kalam-Nya, Surat Al Kahfi: 28 yang artinya adalah sebagai berikut:

Allah SWT berfirman, ''Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.'' (QS Al-Kahfi [18]: 28).

Nabi Muhammad SAW dalam banyak sabdanya juga mengungkapkan keutamaan salah subuh. Diantara beberapa sabda yang diungkapkan Nabi SAW adalah sebagai berikut.

1. Surga yang Dijanjikan
 
Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak kaum mukmin melalaikan salat subuh. Pilihan untuk melanjutkan tidur memang terasa lebih nikmat. Padahal ada kenikmatan sejati yang akan kita dapatkan jika memelihara diri darui salat Subuh. Pasalnya Allah menjanjikan surga kepada mereka yang selalu menjaga salat wajib dua rakaat ini.

Diriwayatkan dari Abu Musa al Asy'ari ra ia berkata Rasulullah SAW bersabda: ''Barangsiapa yang shalat dua waktu yang dingin maka akan masuk surga.'' (HR Al Bukhari). Dua waktu yang dingin itu adalah shalat Subuh dan shalat Ashar.

Allah SWT juga menjelaskan dalam kalamnya dalam surat Al Isra’ 78 yang artinya: “Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh tu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78).

Ingatlah bahwa kenikmatan surga tiada bandingnya jika dibandingkan dengan nyaman dan hangatnya selimut yang membuat kita lupa menjalankan ibadah pagi yang wajib ini.

2. Dapat Melihat Allah
 
Dapat melihat Allah? Mungkinkah manusia bisa melihat dzat yang maha agung ini. Tentu saja bisa, namun tidak saat manusia menjalani kehidupan di dunia. Namun, nanti saat berada di surga, maka Allah akan memperlihatkan Dirinya di hadapan hamba-hamba yang dikehendaki. Termasuk di hadapan hamba-Nya yang selalu menjaga shalat subuhnya.

Hal ini berdasarkan hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Jarir bin Abdullah ra artinya: ''Kami sedang duduk bersama Rasulullah SAW, ketika melihat bulan purnama. Beliau berkata, ''Sungguh, kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan yang tidak terhalang dalam melihatnya. Apabila kalian mampu, janganlah kalian menyerah dalam melakukan shalat sebelum terbit matahari dan shalat sebelum terbenam matahari. Maka lakukanlah.'' (HR Al Bukhari dan Muslim).

3. Berada di Bawah Lindungan Allah SWT
 
Selain dua keutamaan tersebut, Rasulullah juga menjelaskan bahwa melaksanakan salat subuh akan membuat diri dilindungi oleh Allah selama seharian penuh. Hadist ini diriwayatkan dari Jundab bin Sufyan, dimana Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

''Barangsiapa yang menunaikan shalat Subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan coba-coba membuat Allah membuktikan janji-Nya. Barangsiapa yang membunuh orang yang menunaikan shalat Subuh, Allah akan menuntutnya, sehingga Ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka."(HR Muslim, At-Tirmizi dan Ibnu Majah)

4. Pahala Shalat Malam Satu Malam Penuh
 
Keutamaan lain yang akan kita peroleh ketika menjaga salat subuh adalah mendapat pahalan salat satu malam penuh. Namun ini berlaku untuk mereka yang menjalankan salat ini secara berjamaah. Hal ini sesuai dengan Hadist Riwayat Muslim, dari Utsman bin Affan ra berkata; Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

''Barangsiapa yang shalat Isya berjamaah maka seakan-akan dia telah shalat setengah malam. Dan barangsiapa shalat Subuh berjamaah, maka seakan-akan dia telah melaksanakan shalat malam satu malam penuh.'' (HR. Muslim)

5. Diampuni Dosanya 
 
Allah SWT menjanjikan pengampunan bagi mereka yang menjalankan salat subuh. Kemurahan Allah SWT yang selalu mengampuni hamba-hamba-Nya yang memohon ampunan ketika pagi akan mulai menyingsing.

Rasul SAW bersabda “Siapa saja tetap duduk di masjid setelah melaksanakan dua rekaat salat subuh sampai ia melaksanakan salat dhuha, dan ia tidak berucap kecuali yang baik, maka dosa-dosanya akan diampuni Allah SWT.,walaupun dosanya itu lebih banyak dari buih di lautan“ (HR.Abu Daud).

 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution