Selasa, 19 Januari 2016

Langkah Menujuh Perubahan

Mungkin banyak diantara kalian yang sudah menjadi orang yang baik dan berakhlak, namun diantara kalian ada yang masih butuh masukan untuk menjadikan anda lebih baik dari  sebelumnya maka disini solusinya. 


Langkah- Langkah Menuju Perubahan

Berikut ini langkah-langkah dan cara agar bisa berubah menjadi lebih baik serta berakhlak.
Lebih Pandai Identifikasi Benar dan Salah

Mengetahui benar dan salah adalah suatu hal utama yang harus anda ketahui dan harus anda usahakan agar diri anda menjadi orang lebih baik dan berakhlak.
Mengapa ini penting ?
Pasti anda tau bahwa tidak mungkin orang yang benar akan merasa takut ketika dituduh dan orang salah akan berani menentang, pasti itu tidak mungkin. Orang yang berjalan pada kebenaran akan selalu mendapat berkah dan orang yang berjalan pada kesalahan akan mendapat ketidak tenangan dihatinya.
Jadilah Lebih Optimis

Perlu anda usahakan bahwa anda harus selalu berpikir positif meskipun menghadai situasi buruk. Jika anda berpikir positif anda akan merasa tenang, dan jika tidak bisa tenang maka anda setidaknya dapat berfikir bagaimanakah cara untuk keluar dari situasi yang buruk. Memiliki pikiran positif akan memberikan perubahan terhadap pola kehidupan anda, masalah akan lebih mudah untuk dipecahkan, dan membantu anda menghadapi tantangan yang lebih hebat dalam hidup.
Berusaha Untuk Berempati

Belajarlah anda untuk menempatkan diri pada posisi orang lain, dan itu akan membantu anda dalam memahami orang yang lebih baik dan dengan sendirinya akan membuat diri anda menjadi ikut menjadi baik. Berempati selalu membuat hubungan yang lebih baik, karena anda berhasil dalam memahami perasaan orang lain dan tidak bersikap egois, yang nantinya akan memperkuat hubungan anda terhadap orang lain.
Tidak Pernah Pandang Bulu

Pandang bulu hanya akan  membuat diri anda menjadi tidak dapat teman. Anda tidak boleh membedakan antara satu dan yang lainnya, karena semuanya yang diciptakan Allah itu sama dan tiada perbedaan melainkan orangnya sendiri yang merubahnya, namun yang dapat dirubah itu hanyalah ilmu, serta akhlak dan maka dari itu semuanya tetap sama dan jangan membedakan antara satu dan lainnya. Belajarlah untuk memberikan perlakuan yang sama bagi semua orang. Ini adalah pokok yang penting yang harus anda miliki. Orang ­orang yang memiliki kualitas seperti ini maka dia kebanyakan akan menjadi orang yang dihargai di mata orang lain dan dimanapun tempatnya.
Jaga Perkataan

Berbicaralah dengan hati­-hati dan sebelum bicara pertimbangkan dulu apakah perkataan itu baik diomongkan atau tidak, dan jika tidak baik maka lebih baik anda diam, karena semua kata­-kata yang telah diucapkan tidak akan dapat ditarik kembali. Jika anda berbicara dalam cara yang kasar maka bisa melukai orang lain dan anda akan dibencinya. Selalu cobalah untuk menjadi lembut dengan kata­-kata anda, karena itu akan membuat orang lain menyukai anda, dan pada saatnya anda akan dibalasnya dengan cara yang sama.
Hormati Orang Lain

Perlu anda ketahui bahwasa semua orang itu layak mendapat penghargaan yang sama terlepas dari status mereka atau posisi. Bila anda memberi penghormatan sikap atau perilaku kepada orang lain, maka dengan sendirinya anda akan mendapatkan hal yang sama sebagai balasan pada nantinya.
Selalu Memaafkan Dan Minta Maaf

Hidup ini tidak kekal dan hdup ini terlalu singkat untuk menyimpan dendam, maka itu lepaskan kemarahan anda dengan melakukan hal positif serta memaafkan orang yang membuat sebuah kesalahan kepada anda. Sesuai fakta dan kenyataan langkah ini nanti dengan sendirinya akan membantu anda tumbuh menjadi orang yang yang baik dan menjadi orang berakhlak baik pula.
Meminta ma’aflah pada orang lain ketika anda mempunyai masalah padanya agar anda terbebas dari kesalahan serta citra dan akhlak anda menjadi baik nantinya. Dengan anda meminta maaf pada orang yang telah anda buat marah atau lainnya maka dengan itu akhlak anda akan tercermin otomatis menjadi akhlak yang baik dengan sendirinya.
Jaga Pergaulan

Pergaulan sangat menentukan akhlak serta kepribadian anda, maka dari itu bergaulah dengan berbagai macam orang namun anda juga harus bisa mengambil dan mencontoh suatu hal yang baik dari teman bergaul anda dan tinggalkan serta jangan ikut-ikutan kejelekan yang dilakukannya. Namun perlu anda ingat bahwa jika anda berada di dalam pergaulan yang baik, anda akan mudah masuk dan tertarik untuk menanamkan semua hal kebaikan, sedangkan jika anda berada di dalam pergaulan yang salah maka akan selalu mudah tertarik pada hal yang salah yang dilakukannya. Jadi, saya sarankan pilih teman baik agar anda menjadi baik namun jangan jauhi teman yang buruk dan tetaplah berperilaku baik walau dengan orang yang memiliki perilaku buruk namun usahakan dan selalu usahakan jangan anda mencontoh keburukannya.
Tidak Mengulangi Kesalahan

Bila anda ingin menjadi orang yang lebih baik lagi, maka anda harus belajar untuk mengidentifikasi kesalahan­-kesalahan anda untuk dijadikan pedoman agar anda tidak terjerumus pada lubang kesalahan lagi pada nantinya.
Cari Hal Yang Disuka Orang Lain

Mencari suatu hal yang disuka orang lain itu penting karena agar kita bisa meminimalisir hal yang dibenci orang kita lakukan. Bila kita meminimalisir serta memilah kebaikan dan hal yang disuka orang maka cenderung kita akan mudah untuk melakukan hal yang baik serta hal itu pula akan disukai orang lain dan nanti akhlak kita dengan sendirinya akan menjadi lebih baik.
Berusahalah Menjadi Orang Yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Pahami kelebihan anda serta berusahalah untuk menjadi orang yang berguna bagi orang lain dan jangan anda menyerah, dan teruslah berusaha untuk selalu bisa membantu orang yang membutuhkan pertolongan agar anda menjadi orang baik dan akhlak anda otomatis berubah menjadi akhlak yang baik.
Berdo’a

Sesudah anda berusaha maka selalu anda berdo’a dan meminta pada Allah agar akhlak anda dirubah menjadi baik serta pribadi anda menjadi baik dan dijauhkan dari hal yang jelek. 

Demikian sedikit mengenai cara menjadi orang yang lebih baik dan berakhlak, semoga semua itu bermanfaat dan dapat membantu merubah akhlak menjadi orang yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution