Rabu, 27 Februari 2013

Nifaq Atau Kemunafikan

Apakah kita calon munafik?

 
Bismillah…
 
Ini tentang sebuah apel yang di dalamnya ada ulat. Kira kira apakah buah apel itu masih bisa di makan? saya rasa apel itu akan busuk, berubah warna dan akhirnya akan di buang. Begitu juga ibarat dari sebuah Hati yang di dalamnya ada penyakit hati,maka keseluruhan tubuh itu akan rusak.
 
Saudara saya terkasih…
penyakit hati yang paling berbahaya adalah Nifaq atau kemunafikan. Ketidak selarasan antara perkataan dan perilaku. Pribadi yang baik adalah pribadi yang lidahnya mampu berkata apa yang ada di hatinya, dan mampu berperilaku sesuai dengan pikirannya. Nifaq apabila di biarkan akan menjadi seperti penyakit kanker yang mampu mematikan. Bukan jasad yang dimatikan tetapi jiwa yang dimatikan. Sumber utama dari penyakit hati nifaq ini adalah watak yang suka berbohong. Bukan hanya lidah yang berbohong tetapi juga tindakan/perbuatan.
 
Nifaq mempunyai makna yang luas yang mencakup segala sifat yang mendua diantara perbuatan dan perkataan, lahir dan batin. Riya’ juga termasuk akibat dari nifaq, dimana seorang mukmin melakukan perbuatan baik atau memamerkan ibadahnya kepada orang lain . Artinya dia melakukan perbuatan baik atau beribadah bukan karena alasan Alloh semata.
 
Rasululloh SAW bersabda: "Tiga sifat jika salah satunya terdapat pada seseorang maka ia adalah seorang Munafik, meskipun ia berpuasa, melakukan salat dan menganggap dirinya sebagai seorang Muslim. Tiga sifat tersebut ialah khianat dalam memegang amanat, dusta ketika berbicara dan ingkar janji". 
 
"Tanda orang-orang munafik itu ada tiga keadaan. Pertama, apabila berkata-kata ia berdusta. Kedua, apabila berjanji ia mengingkari. Ketiga, apabila diberikan amanah (kepercayaan) ia mengkhianatinya".(Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim).

Sahabat ..saatnya mengkoreksi diri sendiri, apakah ada salah satu dari sifat itu yang ada pada diri kita. Apabila ada niatkan hati sekarang juga untuk merubahnya. Memang diperlukan tiga sifat untuk disebut munafik, tetapi apabila ada salah satu dari sifat itu ada dalam diri kita, bisa dikatakan kita calon munafik. JANGAN SAMPAI ITU TERJADI! Tidak ada yang hilang dengan menjadi lebih baik…..
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution