Senin, 09 September 2013

Berlaku Adil Pada Anak-anak

Adil Kepada Anak-Anak Dalam Bergaul, Pemberian dan Nafkah


• Adil dalam pemberian dan hadiah antara anak-anak hukumnya wajib, baik kepada anak laki-laki atau perempuan. Namun adil tidak mesti serupa. Boleh, jika anak wanita diberikan hadiah gelang emas, dan anak laki-laki diberikan hadiah pena atau jam tangan senilai gelang tersebut.

• Dalam syariat terdapat perintah untuk berlaku adil terhadap anak-anak dalam soal pemberian (hibah), “Adilllah terhadap anak-anak kalian dalam hal pemberian.” Adapun nafkah, yang wajib adalah memenuhi kebutuhan, walau pun berbeda dari sisi nilainya.

• Memberi hadiah kepada anak-anak wajib disetarakan baik laki-laki atau wanita menurut pendapat yang shahih sesuai sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadis, “Apakah setiap anakmu engkau hadiahi dengan seperti ini?”

• Memberi nafkah kepada anak-anak tidak diharuskan sama dalam nilai antara nafkah anak laki-laki dan perempuan. Karena pakaian anak perempuan lebih mahal dari pakaian anak laki-laki, nafkah kepada anak yang besar lebih banyak dari anak yang kecil. Maka membedakannya pun boleh.

• Adil kepada anak-anak wajib hingga dalam hal yang kecil seperti mencium dan bersenda gurau dengan mereka. Ibrahim an Nakha’i mengatakan, “Mereka dahulu menyukai untuk adil terhadap anak-anak mereka hingga dalam urusan mencium.”

• Valid dari Hasan bahwa ia berkata, “Ada seorang laki-laki disisi Nabi shallallahu ‘alaih wa sallam, laki-laki itu kemudian meletakkan anaknya di paha sebelah kanannya. Lalu datang lagi anaknya yang lain dan ia meletakkannya di bawah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Mengapa tidak engkau samakan saja mereka berdua engkau letakkan di pahamu.” Umar bin Abdulaziz berkata kepada anak yang dicintainya sambil mendekapnya, “Demi Allah, sesungguhnya aku mencintaimu, namun aku tidak bisa melebihkanmu atau saudaramu walaupun hanya dengan satu suap.” 


~Abu Khaleed~

Oleh: Syaikh Abdulaziz Ath Tharify hafidzahullah

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution