Kamis, 25 Juli 2013

Memperoleh Ampunan Allah

5 Cara Mendapatkan Ampunan Allah

Manusia adalah makhluk yang tak luput dari kesalahan seperti dikatakan pepatah : “Tak Ada Gading Yang Tak Retak”, selagi bernama manusia pasti punya kesalahan apakah ia Rasul, Nabi, Waliyullah, Pemimpin apalagi manusia biasa. Sebaliknya Allah adalah Zat Yang Maha Pengampun, karenanya Allah berfirman dalam Surat ali Imran ayat 133 agar manusia bersegera mencari ampunan-Nya agar bisa berobah dari orang yang berbuat salah (zolimullinafsih atau muqtashid) menjadi orang-orang yang unggul dalam berbuat kebaikkan (sabiqumbilkhairaat)


Setelah menyeru hamba-Nya untuk bersegera mencari ampunan-Nya Allah juga menyediakan cara atau alat untuk mendapatkan ampunan tersebut. Dalam Al-Qur’an dan Hadis ada 5 cara untuk memperoleh ampunan Allah sebagai berikut :

  1. Melalui Taubat. Cara ini didasarkan pada Surat At Tahrim ayat 8. (Hai orang-orang yg beriman ! Bertaubatlah kepada Allah dengan Tobat yg sungguh (taubatan Nasuha). Semoga Tuhanmu menghapus dosa-dosamu dan seterusnya….). Syarat utama untuk memperoleh ampunan dengan cara ini adalah beriman dan tobat yang sungguh bukan tobat samba lado.

  2. Melalui Istighfar atau Memohon Ampun. Cara ini dijelaskan Allah dalam dua ayat yaitu ayat 135 surat Ali Imran dan ayat 110 surat An Nisa’.Dalam surat Ali Imran 135, Allah berfirman : Dan (juga) orang yang apabila melakukan perbuatan keji, atau menganiaya dirinya sendiri (zolimullinafsih), ingat akan Allah, lalu memohon ampun (istighfar) atas dosa-dosanya. Dan siapakah yang memberi ampun atas segala dosa,  kecuali Allah ? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya dalam keadaan mereka sadar dan mengetahuinya.Barang siapa melakukan kejahatan, atau menganiaya dirinya sendiri, kemudian memohon ampun kepada Allah, Ia akan mendapati, bahwa Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang (An Nisa’ 110).

  3. Melalui Amal Kebaikkan. Cara atau Alat ini dijelaskan Allah dalam Al Qur’an surat Hud ayat 114 : Dan Dirikanlah Solat pada kedua ujung hari dan pada permulaan malam hari. Sungguh, perbuatan yang baik menghapuskan (dosa) perbuatan jahat. Itulah peringatan bagi orang yang ingat (akan Tuhannya).Ayat ini menjelaskan bahwa perbuatan atau amal baik itu hanya bisa menghapus  dosa bagi orang yang mengerjakan Solat.

  4. Melalui Musibah. Apapun musibah yang menimpa kamu, itu disebabkan perbuatan tangan-tanganmu (sendiri), Tapi Allah memaafkan kebanyakkan (daripadanya) (Surat Asy-Sura, ayat 30). Jadi disamping sebagai azab(hukuman), dan peringatan Allah juga menggunakan Musibah sebagai alat untuk mendapatkan ampunan dari sebagian dosa atau kesalahan Manusia, makanya orang yang mati teraniaya (musibah) ada yang dimasukkan sebagai mati Syahid, langsung masuk sorga, karena Allah telah mengampuni dosa-dosa orang tersebut.

  5. Melalui Hukuman. Sebuah hadis Nabi mengatakan : siapa yang terbukti menjalani hukuman atas perbuatannya di dunia maka Allah akan mengampuni dosanya tersebut. Tentu saja yang dimaksud dengan hukuman disni adalah hukuman yang sesuai dengan aturan Allah atau petunjuk Nabi.Hadis ini diperkuat oleh hadis lain yang menjelaskan bahwa pada suatu ketika seorang wanita dating kepada Rasul dan meminta Nabi menghukum dirinya telah berbuat dosa. Nabi bertanya dosa apa yang telah kamu lakukan dan apa buktinya. Wanita itu menjawab saya telah berzina dan buktinya saat ini saya sedang hamil. Kalau begitu tunggulah sampai anakmu lahir.Setelah anaknya lahir wanita itu dating lagi kepada Nabi untuk meminta Nabi melaksanakan janjinya menghukum wanita tersebut, Nabi bertanya apakah kamu menyusui anakmu? Ya jawabnya, kalau begitu selesaikanlah masa menyusuinya.Wanita tersebut datang lagi setelah masa menyusui anaknya habis, lalu Nabi memerintahkan para sahabat untuk melaksanakan hukuman atas perbuatan zina wanita itu dengan hukuman cambuk. Selesai pelaksanaan hukuman Nabi mengatakan bahwa wanit itu akan masuk sorga karena Allah telah mengampuni dosa-dosanya.

Fa’tabiru ya ulil absor la’allakum tur hamun, billahi taufiq walhidayah assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh. 


Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution