Selasa, 23 Juli 2013

Menjadi Pribadi yang Menebar Kebaikan Dan Manfaat

Jadilah Manusia Paling Bermanfaat!

Ada banyak yang kita bisa berikan, bahkan saat kita merasa tak ada lagi yang kita punya.

Siapapun kita..
Bagaimanapun kondisi kita..
Apapun profesi kita..
Ada banyak ruang untuk memberi..
Ada banyak kesempatan untuk berbagi..
Dengan cara apapun, sekecil apapun, sesederhana apapun. Karena Ia Maha Melihat dan Menilai, sekecil apapun kerja dan amal kita.


Sahabat SETIA!

Kita terlahir dengan banyak karunia, maka untuk itu kita mesti mensyukurinya. Bahkan saat, kita berada dalam kesempitan dan kesulitan ekonomi pun, kita masih bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat. Dari mulai tenaga, pikiran, perasaan, sampai hanya sebuah senyuman untuk orang-orang di sekitar kita.

Masalahnya, adalah kita sering berfokus pada kekurangan, kesulitan dan kesempitan kita hari ini, tanpa mau berusaha menggali potensi lain yang terabaikan dalam diri kita.

Dalam hadist, kita semua sering mendengar dan melihat, "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya". Disini kita pahami ada tingkatan yang bukan sekadar bermanfaat, namun derajat yang lebih tinggi, lebih bermanfaat, bahkan paling bermanfaat. Ini level tertinggi yang diharapkan dari keberadaan kita sebagai manusia.

Ada seorang tukan becak, yang setiap hari Jum'at bertekad setiap jum'at banyak memberi. Maka, setiap hari jum'at setiap penumpang yang diantarkan menuju sebuah tempat tak perlu membayar. Sambil tersenyum ia berkata, "cukup Allah saja yang membalas". Subhanallah.

Di sebuah program televisi, ada tayangan tentang seorang guru honorer di sekitar Puncak Bogor yang sudah lebih dari 20 tahun mengabdikan dirinya dengan gaji pas-pasan, namun ia menikmati hal tersebut, bahkan ia juga buka sebuah sekolah gratis dengan peralatan sederhana yang ia topang dari profesi sampingannya sebagai seorang tukang parkir. Walau ia sudah cukup tua, namun tidak menyurutkannya untuk bisa ikhlas berbagi kepada anak didiknya di pedalaman. Dahsyat!

Anda pernah melihat seorang Azis gagap yang membangun pesantren cukup besar dari kemahirannya sebagai seorang komedian? Anda juga tahu bagaimana hebatnya seorang Bill Gates dan Waren Buffet yang memberi donasi lebih dari 90% total kekayaannya? Atau Nabi Muhammad SAW dan istrinya Siti Khodijah, yang kekeayannya dibelanjakan untuk membantu orang teraniaya dan memperjuangkan agama Islam?

Selamat menjadi pribadi berkelipahan Sahabatku, Mari bersama menebar kebaikan dan manfaat..
(Salah satu yang dapat Sahabat lakukan adalah meminjamkan buku yang bermanfaat bagi sahabat yang lain, atau ajak banyak sahabat untuk gabung di komunitas yang baik dan mengikuti berbagai seminar dan kajian yang bermanfaat)

Salam SETIA!
Setia Furqon Kholid



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution