SUAP MENYUAP YANG HALAL DAN YANG HARAM DALAM AGAMA ISLAM
Praktik suap-menyuap atau yang sering diistilahkan dengan “uang
pelicin” atau ”uang sogok” meskipun telah diketahui dengan jelas
keharamannya, namun tetap saja gencar dilakukan oleh sebagian orang,
demi mencapai tujuan-tujuan tertentu yang bersifat duniawi. Ada diantara
mereka yang melakukan suap-menyuap untuk meraih pekerjaan, jabatan,
pemenangan hukum, tender atau proyek hingga untuk memasukan anak ke
lembaga pendidikan pun tak luput dari praktik suap-menyuap. Sungguh
pemandangan yang sangat menyedihkan. Dan yang lebih menyedihkan lagi,
mereka yang melakukannya adalah orang-orang yang mengaku beragama Islam,
padahal jelas-jelas imam dan panutan kaum muslimin, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah mengutuk dengan keras para pelaku suap-menyuap itu.
- PENGERTIAN RISYWAH (SUAP):
Yang dimaksud risywah (suap/sogok) adalah pemberian sesuatu dengan tujuan membatalkan suatu yang haq atau untuk membenarkan suatu yang batil. (Lihat Al-Mausû’ah Al-Fiqhiyyah II/7819).
Al-Fayyumi rahimahullah mengatakan bahwa risywah
(suap/sogok) secara terminologis berarti pemberian yang diberikan
seseorang kepada hakim atau selainnya untuk memenangkan perkaranya
memenuhi apa yang ia inginkan. (Lihat Al-Misbah Al-Munir I/228).
Sedangkan Ibnu Al-Atsir rahimahullah mengatakan bahwa risywah
(suap/sogok) ialah sesuatu yang bisa mengantarkan seseorang pada
keinginannya dengan cara yang dibuat-buat (tidak semestinya). (Lihat An-Nihayah Fi Gharibil Hadits II/546).
Dari beberapa pengertian di atas, bisa kita simpulkan bahwa suap
adalah harta yang diperoleh karena terselesaikannya suatu kepentingan
manusia (baik untuk memperoleh keuntungan maupun menghindari kerugian
atau bahaya) yang semestinya harus diselesaikan tanpa imbalan.
Atau bisa juga kita katakan, risywah (suap-menyuap) ialah
pemberian apa saja berupa uang atau yang lain kepada penguasa, hakim
atau pengurus suatu urusan agar memutuskan perkara atau menangguhkannya
dengan cara yang bathil.
- HUKUM SUAP DALAM TINJAUAN SYARIAH
Praktik suap menyuap di dalam agama Islam hukumnya haram berdasarkan
dalil-dalil syar’i berupa Al-Qur’an, Al-Hadits, dan ijma’ para ulama.
Pelakunya dilaknat oleh Allah dan Rasul-Nya. Terdapat banyak dalil syar’i yang menjelaskan keharaman suap menyuap, di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Dalil dari Al-Qur’an Al-Karim, firman Allah Ta’ala:
سَمَّاعُونَ لِلْكَذِبِ أَكَّالُونَ لِلسُّحْتِ فَإِن جَآءُوكَ فَاحْكُم بَيْنَهُمْ أَوْ أَعْرِضْ عَنْهُمْ
“Mereka itu adalah orang-orang yang suka mendengar berita bohong,
banyak memakan yang haram. jika mereka (orang Yahudi) datang kepadamu
(untuk meminta putusan), Maka putuskanlah (perkara itu) diantara mereka,
atau berpalinglah dari mereka……”. (QS. Al-Maidah: 42).
Di dalam menafsirkan ayat ini, Umar bin Khaththab, Abdullah bin Mas’ud radliyallahu’anhuma dan selainnya mengatakan bahwa yang dimaksud dengan as-suhtu (sesuatu yang haram) adalah risywah (suap-menyuap). (Lihat Al-Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an karya imam Al-Qurthubi VI/119).
Berkenaan dengan ayat di atas, Hasan dan Said bin Jubair rahimahullah
menyebutkan di dalam tafsirnya, bahwa yang dimaksud adalah pemakan uang
suap, dan beliau berkata: “Jika seorang Qodhi (hakim) menerima suap,
tentu akan membawanya kepada kekufuran”. (Lihat Al-Mughni, karya Ibnu Qudamah XI/437).
Penafsiran ini semakna dengan firman Allah Ta’ala di dalam surat Al-Baqarah ayat 188 yang menjelaskan haramnya memakan harta orang lain dengan cara yang bathil.
Allah Ta’ala berfirman:
وَلا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ
بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوا بِهَا إِلَى الْحُكَّامِ لِتَأْكُلُوا فَرِيقًا
مِنْ أَمْوَالِ النَّاسِ بِالإثْمِ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ (188)
“Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain
di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa
(urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian
daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal
kamu mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 188).
Imam Al-Qurthubi mengatakan, “Makna ayat ini adalah janganlah
sebagian kalian memakan harta sebagian yang lainnya dengan cara yang
tidak benar.” Dia menambahkan bahwa barangsiapa yang mengambil harta
orang lain bukan dengan cara yang dibenarkan syariat maka sesungguhnya
ia telah memakannya dengan cara yang batil. Diantara bentuk memakan
dengan cara yang batil adalah putusan seorang hakim yang memenangkan
kamu sementara kamu tahu bahwa kamu sebenarnya salah. Sesuatu yang haram
tidaklah berubah menjadi halal dengan putusan hakim.” (Lihat Al-Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an II/711).
Dalam menafsirkan ayat di atas, Al-Haitsami rahimahullah
mengatakan, “Janganlah kalian ulurkan kepada hakim pemberian kalian,
yaitu dengan cara mengambil muka dan menyuap mereka, dengan harapan
mereka akan memberikan hak orang lain kepada kalian, sedangkan kalian
mngetahui hal itu tidak halal bagi kalian”. (Lihat Az-Zawajir ‘An Iqtirof Al-Kaba-ir, karya Haitsami I/131).
2. Dalil dari Hadits Nabi shallallahu ’alaihi wasallam, diantaranya:
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- الرَّاشِى وَالْمُرْتَشِى فِى الْحُكْمِ.
Dari Abu Hurairah radliyallahu ’anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melaknat orang yang menyuap dan yang disuap dalam masalah hukum.” (HR.
Ahmad II/387 no.9019, At-Tirmidzi III/622 no.1387, Ibnu Hibban XI/467
no.5076. Dan dinyatakan Shohih oleh syaikh Al-Albani di dalam Shohih At-Targhib wa At-Tarhib II/261 no.2212).
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- الرَّاشِىَ وَالْمُرْتَشِىَ.
Dan diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu anhu, ia berkata: “Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam melaknat orang yang memberi suap dan yang menerima suap”.
(HR. Abu Daud II/324 no.3580, At-Tirmidzi III/623 no.1337, Ibnu Majah,
2313 dan Hakim, 4/102-103; dan Ahmad II/164 no.6532, II/190 no.6778. Dan dinyatakan Shohih oleh syaikh Al-Albani di dalam Shohih At-Targhib wa At-Tarhib II/261 no.2211).
عن ثوبان قال : لَعَنَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرَّاشِيَ وَالْمُرْتَشِيَ
وَالرَّائِشَ يَعْنِي الَّذِي يَمْشِي بَيْنَهُمَا
Dan diriwayatkan dari Tsauban radhiyallahu anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melaknat pemberi suap, penerima suap, dan perantaranya.” (HR. Ahmad V/279 no.22452. namun sanad hadits ini dinyatakan Dho’if (lemah) oleh syaikh Al-Albani di dalam Dho’if At-Targhib wa At-Tarhib II/41 no.1344).
Hadits-hadits ini menunjukkan bahwa suap-menyuap termasuk dosa besar, karena pelakunya diancam Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dengan Laknat dari Allah. Dan arti laknat ialah terusir dan terjauhkan dari rahmat Allah. Al-Haitami rahimahullah memasukkan suap ke dalam dosa besar yang ke-32.
3. Dalil Ijma’
Para ulama telah sepakat secara ijma’ akan haramnya suap
menyuap secara umum, sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Qudamah, Ibnul
Atsir, dan Ash-Shan’ani, semoga Allah merahmati mereka semua. (Lihat Al-Mughni XI/437, An-Nihayah II/226, dan Subulussalam I/216).
Imam Al-Qurthubi rahimahullah di dalam kitab Tafsirnya mengatakan bahwa para ulama telah sepakat akan keharamannya. (Lihat Al-Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an VI/119).
Imam Ash-Shan’ani mengatakan, “Dan suap-menyuap itu haram berdasarkan Ijma’, baik bagi seorang qodhi (hakim), bagi para pekerja yang menangani shadaqah atau selainnya. Sebagaimana firman Allah Ta’ala, “Dan
janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara
kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan)
harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada
harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu
mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 188). (Lihat Subulus Salam II/24).
Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Bassam mengatakan, “Suap menyuap termasuk dosa besar karena Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melaknat orang yang menyuap dan yang menerima suap, sedangkan laknat tidaklah terjadi kecuali pada dosa-dosa besar. ” (Lihat Taudhihul Ahkam VII/119).
- KAPAN MEMBERIKAN SUAP MENJADI HALAL?
Pada dasarnya memberikan suap kepada siapapun hukumnya haram berdasarkan ayat-ayat Al-Quran dan hadits-hadits Nabi shallallahu alaihi wasallam
yang telah kami sebutkan di atas. Hal ini karena terkandung di dalamnya
banyak unsur kezholiman, seperti menzholimi hak orang lain, mengambil
sesuatu yang bukan haknya, menghalalkan yang haram atau sebaliknya,
mempengaruhi keputusan hakim yang merugikan pihak lain dan lain
sebagainya.
Akan tetapi hukum suap akan berbeda dan berubah menjadi halal apabila
tidak mengandung unsur kezholiman terhadap hak orang lain sedikit pun.
Seperti memberikan suap untuk mengambil sesuatu dari haknya yang
terhalang atau dipersulit oleh pihak tertentu, atau melakukan suap
karena untuk mencegah bahaya yang lebih besar atau mewujudkan manfaat
(yang sesuai dengan syariat) yang besar. Dalam keadaan seperti ini maka
si pemberi suap tidak berdosa dan tidak terlaknat. Dosa suap menyuap dan
laknat Allah tersebut hanya ditimpakan kepada penerima suap.
Imam An-Nawawi rahimahullah mengatakan, “Tentang memberikan
uang suap, jika seorang itu menyuap hakim agar hakim memenangkan
perkaranya padahal dia bersalah atau agar hakim tidak memberikan
keputusan yang sejalan dengan realita, maka memberi suap hukumnya haram.
Sedangkan suap dengan tujuan agar mendapatkan hak, hukumnya tidaklah
haram (halal) sebagaimana uang tebusan untuk menebus tawanan.” (Lihat Raudhatu Ath-Thalibin wa Umdatu Al-Muftin IV/131).
Maka dari itu, sebagai contoh, apabila ada seseorang sudah ikut
proses penerimaan PNS dengan benar kemudian ia diterima, atau ada
seseorang telah mengajukan permohonan KTP, SIM, PASPOR kepada pihak yang
berwenang dengan syarat-syarat administrasi yang lengkap. Namun pada
saat pengambilan hak nomor NIP tidak bisa keluar, atau SIM, KTP, dan
PASPOR tidak dapat diperoleh karena pihak berwenang meminta sejumlah
uang. Dalam keadaan seperti ini, hendaknya ia melaporkan kasus tersebut
kepada pihak-pihak terkait yang berwenang mengawasi, menegur dan
menjatuhkan sanksi kepada mereka serta memberikan hak kepada para
pemilik hak. Akan tetapi jika seseorang hidup di suatu Negara yang tidak
bisa memberikan jaminan hak kepada yang berhak menerimanya, maka pada
kondisi seperti ini dibolehkan bagi calon PNS, dan orang yang mengajukan
permohonan SIM, KTP dan PASPOR tersebut untuk membayar sejumlah uang
kepada pihak berwenang agar Ia bisa mempunyai NIP dan memperoleh KTP,
SIM dan PASPOR. Ia tidak menzhalimi siapapun, suap tersebut ia lakukan
karena terpaksa dan hanya untuk mengambil hak dia saja. Ia tidak berdosa. Dosa hanya ditimpakan kepada pihak berwenang. Wallahu a’lam bish-showab.
- HUKUM GAJI DARI PEKERJAAN YANG DIPEROLEH KARENA SUAP
Kita semua telah sepakat bahwa mendapatkan pekerjaan dengan jalan
suap padahal ia tidak berhak mendapatkannya adalah haram hukumnya.
Karena terkandung di dalamnya perbuatan menzholimi hak orang lain yang
semestinya diterima dan mendapatkan pekerjaan itu namun ia terhalang dan
tertolak lantaran ada orang lain yang menyuap panitia atau pihak
penerimaan para karyawan atau pegawai.
Namun yang menjadi permasalahan di sini, apakah gaji dari pekerjaan
yang diperoleh dengan suap itu juga selamanya haram bagi si pemberi suap
atau bisa berubah menjadi halal? Atau dengan kata lain, apakah suap itu
merupakan sesuatu yang terpisah dan dosanya tidak berpengaruh terhadap
status gajinya? Maka kita katakan, bahwa jika orang yang memberi
suap itu adalah orang yang berhak dan tepat terhadap pekerjaan yang
dibebankan kepadanya itu, maka gaji yang didapatnya adalah HALAL
karena gaji itu merupakan imbalan bagi pekerjaannya. Dan disyaratkan
untuk kehalalan gajinya itu adalah ia bekerja dengan baik dan melakukan
tuntutan pekerjaannya. Apabila ia tidak melaksanakan tuntutan kerja dan
tidak bekerja dengan baik, maka hukum gajinya adalah haram. Karena ia
telah menyia-nyiakan amanah pekerjaan yang dibebankan kepada dirinya.
Namun sebaliknya, jika si pekerja yang mendapatkan pekerjaan dengan
jalan suap itu tidak berhak diterima karena tidak professional terhadap
pekerjaannya dan selama mengemban amanah kerja, ia tidak pernah
menunaikannya dengan baik dan benar, maka hukum gaji yang diperolehnya
itu HARAM.
Demikian penjelasan singkat seputar hukum suap-menyuap menurut
pandangan Islam yang dapat kami sampaikan pada edisi kali ini. Semoga
menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.
(Sumber: Majalah PENGUSAHA MUSLIM, edisi bulan April 2012)
0 komentar:
Posting Komentar