Selasa, 28 April 2015

Apa Itu Muflis?

JANGAN SIBUK CARI KESALAHAN ORNG LAIN

Bahagialah orang yang disibukan oleh aib dan keburukan dirinya, dan tidak sibuk dengan mencari aib (keburukan orang lain) (HR. Muslim)

Mencari aib orang lain: 
GHIBAH (membicarakan keburukan orang) 
TAJASUS (mencari kesalahan orang)
ANANIAH (mementingkan diri sendiri) 
NAMIMAH (adu domba)

SUUZ ZHON, HASAD (tidak suka melihat nikmat diberikan pada orang lain) 
Dengki, bicara buruk sangat mudah sekali, hanya butuh beberapa menit saja. 

Meskipun apa yang diungkap itu benar. Membicarakan AIB atau KEBURUKAN orang lain bukan masalah BENAR atau TIDAKNYA. Tapi orang seperti ini menunjukan BETAPA SAKIT AKHLAKNYA, RENDAH IMANNYA, meskipun dianggap sudah banyak beribadah, suka pengajian dan sebagainya. Yang seperti ini berakibat jauh dari rahmat Allah.

Jika Anda berfikir orang lain itu buruk, ingatlah! Anda bisa jadi lebih buruk lagi. Jadi percuma saja membicarakan orang lain, sedangkan aib sendiri, keburukan diri juga sudah berjibun banyaknya. Yang paling nelangsa, berakibat hilang sirna ibadah atau kebaikan yang di lakukan. Ingat ketaatan itu akan menghapus semua keburukan. Tapi keburukan pun akan menghapuskan semua amal soleh.

Jadi jangan sampai disebut MUFLIS. Apa itu Muflis? merasa ibadahnya banyak, soleh, ternyata di akhirat kelak ibadahnya hangus. Karena semasa hidupnya banyak membicarakan keburukan orang lain.

Kalau begitu tidak perlu mencari tahu tentang kehidupan orang lain, yang nantinya berakibat buruk. Hiasalah akal, jiwa dan raga dengan amal soleh dan taat. Rahmat Allah akan bertabur dengan indah.

Gaulah dengan orang-orang soleh, karena akan terbawa soleh. Jika salah bergaul maka rusak pula akhlaknya.

SHARE NOTE INI, AGAR DAKWAH MEMBUMI


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution