Kamis, 30 April 2015

Ungkapan Maaf Yang Tulus

Memaafkan dengan Tulus

Pernahkah Anda merasa sakit hati pada tindakan seseorang, sementara orang tersebut seperti merasa ‘tak bersalah’ apalagi minta maaf? Atau, Anda  melakukan kesalahan pada orang lain, namun terasa berat mengucapkan kata ‘maaf’? Dan, mungkin Anda telah mengucapkan maaf, tapi  apakah maaf  itu benar-benar tulus dari lubuk hati yang dalam?

Bukan  karena benar dan salah

“Meminta dan memberi maaf adalah salah satu 'pekerjaan hati' yang begitu mendasar. Penting,  tapi tidak mudah dilakukan,” ujar Reza Gunawan, praktisi penyembuhan holistik.

Menurut Reza, ada beberapa hal yang menyebabkan pemaafan sulit dijalankan. Salah satunya  karena ada anggapan bahwa orang yang meminta maaf adalah pihak yang salah dan orang yang memberi maaf adalah pihak yang benar. Polaritas semacam  ini seringkali menimbulkan masalah karena ego pada  setiap orang membuatnya untuk berusaha selalu berada pada posisi yang benar, dengan segala pembenaran yang bisa diciptakan secara kreatif.

Namun, hidup tidak bisa dikotak-kotakkan berdasarkan baik dan buruk, ataupun benar dan salah. 

“Semua hal tidak ada yang absolut, tergantung dari situasi dan perspektif yang kita lihat,”  ujar Reza. “Banyak pekerjaan hati seperti meminta dan memberi maaf, mengikhlaskan dan memasrahkan, menjadi tidak tuntas karena kita terjebak dalam kerangka berpikir 'benar-salah' atau 'baik-buruk'.”

Apapun konflik dan permasalahan yang terjadi, biasanya akan menyebabkan penderitaan pada semua pihak yang terlibat, terlepas siapa yang benar dan yang salah. Karena itu paradigma meminta dan memberi maaf bukan lagi perkara benar atau salah, tetapi untuk mengakhiri ketidaknyamanan pada semua pihak.

Satu hal yang perlu dihindari adalah unsur paksaan atau keharusan. Walaupun nilai-nilai tentang meminta dan memberi maaf itu telah ditanamkan oleh keluarga, budaya, dan agama, keharusan untuk meminta dan memberi maaf  bisa menghambat  tercapainya  ungkapan maaf yang tulus.  


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution