Kamis, 23 April 2015

Kiat Menjadi Mandiri

Cara Menjadi Mandiri

Menjadi mandiri adalah keterampilan penting bagi orang yang ingin lebih mengontrol kehidupan mereka dan merasa seperti mereka tidak perlu orang lain untuk mencapai tujuan mereka. Menjadi lebih mandiri akan memberikan Anda kebebasan untuk melakukan apa yang Anda inginkan tanpa peduli apa yang orang lain pikirkan dan juga akan membawa Anda untuk menemukan beberapa solusi dari permasalahan Anda. Selain itu, studi menunjukkan bahwa orang yang lebih mandiri adalah orang yang bahagia! Hal ini karena kita merasa rasa lega dan sukacita ketika kita dapat mengambil hidup kita dibawah tangan kita sendiri. 


Ingin tahu bagaimana melakukannya? Cukup ikuti langkah-langkah ini.


Berpikir Mandiri

Menerima diri sendiri. Anda tidak dapat membangun kepribadian mandiri yang kuat jika Anda tidak bisa hidup dengan diri sendiri. Terimalah diri Anda sendiri, kepribadian Anda, pendapat Anda, pilihan Anda, preferensi Anda, dan kisah hidup Anda. Jangan mengatakan hal-hal yang melawan kehendak diri sendiri. Setiap orang bisa menjadi cukup kuat. Semua orang telah menempatkan diri pada sesuatu untuk membuktikan kekuatan mereka. Lupakan semua kesalahan Anda dan belajarlah darinya. Berusaha untuk menjadi lebih baik dan yang paling penting mencintai diri sendiri.
  • Ini adalah bagian penting untuk menjadi mandiri karena menerima siapa Anda akan membuat Anda terhindar dari mencoba untuk bertindak seperti orang lain.
Percaya pada diri sendiri. Jika Anda tidak percaya pada diri sendiri lalu siapa lagi yang akan percaya? Kita semua berbeda dan memiliki sesuatu yang unik untuk dikatakan. Tidak ada orang yang disa dengan mudah berbicara dan tidak semua orang akan setuju dengan apa yang Anda katakana, itu kenapa penting bagi Anda untuk berdiri sendiri, karena pada akhirnya Anda adalah semua yang Anda punya dan jika Anda percaya pada sendiri itu merupakan hal yang paling penting. Percaya pada diri sendiri akan membuat Anda percaya keputusan sendiri - bahkan saat orang lain menentang - atau bahkan masyarakat – harapan Anda.
  • Jika Anda tidak memiliki iman dalam diri sendiri, Anda tidak akan bisa membuat keputusan dan kemudian meminta orang lain untuk membantu setiap kali Anda harus membuat keputusan. Menjauhlah dari hal tersebut.
Menerima dunia. Orang yang mandiri bukan berarti harus sombong dan tidak percaya kepada orang lain karena itu sangatlah kejam. Orang mandiri adalah mereka yang mampu melihat dunia walau baik atau buruk, dan secara sadar memilih untuk menjadi yang paling kuat untuk dirinya dan maupun bagi orang lain. Anda tidak mandiri karena Anda tidak mempercayai siapa pun. Anda tidak mandiri karena Anda berpikir terlalu tinggi dari diri sendiri. Ikuti panduan ini: Belajarlah untuk menerima dunia, dan memutuskan untuk menjadi kuat.
  • Menerima dunia dan semua komplikasinya juga akan membantu Anda melihat bahwa ada banyak cara untuk hidup di luar sana - tidak ada yang memaksa Anda untuk memenuhi salah satu dari mereka.
Jadilah pribadi mandiri secara emosional. Kemungkinannya adalah, Anda tergantung pada banyak orang untuk dukungan emosional. Mungkin orang tua Anda, kekasih Anda, teman, atau sahabat terdekat Anda. Meskipun dimungkinkan untuk terus bergantung pada orang-orang dalam sisa hidup Anda, namun Anda harus menyadari bahwa tidak akan selamanya mereka akan selalu tetap berada diantara Anda. Beberapa akan menjauh, beberapa akan berhenti berbicara dengan Anda, dan mereka semua akhirnya akan mati. Satu-satunya orang yang akan selalu dengan Anda adalah Anda sendiri. Jika Anda bergantung pada diri Anda sendiri untuk mendapatkan dukungan, Anda tidak akan pernah dikecewakan.
  • Tidak masalah untuk tetap dekat dengan orang-orang terdekat dalam hidup Anda, tetapi Anda tidak bisa membiarkan orang-orang ini menentukan tingkat kebahagiaan Anda. Itu terserah Anda.
Memotivasi diri sendiri. Orang lain tidak memiliki dan tidak akan pernah memiliki kepentingan yang sama dalam keberhasilan Anda. Motivasi dan kesuksesan adalah fungsi dari kebiasaan. Anda harus menghentikan kebiasaan menunda sesuatu , dan menggantinya dengan satu perencanaan yang baik. Orang-orang yang paling sukses di dunia tidak selalu pintar, atau pengamat yang baik, tapi tidak peduli apa bakat atau karunia yang mereka dapatkan, mereka telah mendasari diri mereka untuk menghargai kemenangan atas tugas baik besar maupun kecil. Ini adalah bagaimana Anda belajar sesuatu saat di sekolah, saat berkencan, dan hal lainnya dalam hidup.
  • Jika Anda ingin mencapai tujuan karir, itu harus bertujuan untuk menyenangkan diri sendiri, bukan untuk menyenangkan keluarga Anda. Jika Anda ingin mendapatkan nilai yang luar biasa, maka hal yang sama berlaku untuk hal tersebut.
  • Jangan termotivasi untuk menurunkan berat badan, menerbitkan buku, atau membangun rumah hanya untuk mengesankan orang lain. Lakukan hal itu karena Anda ingin membuat diri Anda sukses.
Menjadi pahlawan bagi diri sendiri. Sebuah panutan dapat membantu menginspirasi Anda dan menunjukkan cara untuk menjalani hidup Anda. Bukanlah sesuatu hal yang buruk untuk mengagumi seseorang dan saling berbagi satu sama lain. Namun pada akhirnya, sangat penting untuk memikirkan diri sendiri sebagai panutan dalam hidup Anda sendiri, sebagai orang yang mampu melakukan dan mengatakan apa-apa yang dia inginkan. Bertujuan untuk menjadi diri sendiri, dan menjadi yang terbaik dariyang Anda bisa. Jika Anda tidak dapat melihat ke diri Anda sendiri, Anda tidak bisa menjadi mandiri.
  • Hindari mengidolakan teman atau kenalan dalam lingkaran sosial Anda. Ini hanya akan membuat Anda lupa akan hal-hal Anda sendiri.
Menerima kenyataan bahwa hidup tidak adil. Orangtua kita sangatlah peduli kepada kita sehingga mereka melakukan semuanya semampu mereka untuk membesarkan kita dalam lingkungan yang adil dan baik. Dunia nyata tidak berjalan sesuai dengan prinsip yang dimana merupakan permasalahan pada saat ini. Aturan di dunia biasanya melindungi baik mayoritas (yang mungkin Anda tidak termasuk didalamnya) atau orang-orang dengan uang dan kekuasaan. Anda akan diperlakukan buruk untuk segala macam hal yang tidak adil: warna kulit Anda, kecerdasan, tinggi badan Anda, berat badan Anda, berapa banyak uang yang Anda miliki, pendapat Anda, jenis kelamin, dan hal-hal lainnya yang menunjukan siapa Anda. Anda harus senang dapat terlepas dari hal itu.
  • Jangan biarkan ketidakadilan dunia membuat Anda melakukan apa yang ingin Anda lakukan. Anda ingin menjadi seorang perawat? Seorang perempuan di militer? Orang pertama dalam keluarga Anda lulus dari perguruan tinggi? Lakukanlah hal tersebut daripada Anda meyakinkan diri Anda bahwa hal tersebut tidak mungkin dapat dilakukan di dunia sekarang ini.
Berhenti peduli tentang apa yang orang lain pikirkan. Ini merupakan hal yang paling penting tentang menjadi orang mandiri. Jika Anda bergantung pada orang lain untuk memberitahu Anda jika lagu yang Anda buat bagus, atau jika pakaian Anda lucu, Anda tidak akan sangat senang! Selama Anda suka - tidak ada lagi yang penting! Berhenti mencemaskan penilaian orang lain tentang hidup Anda, tidak peduli jika mereka berpikir tentang pakaian Anda, pilihan karir, atau pilihan penting lainnya. Ini adalah keputusan Anda, dan bukan orang lain.
  • Jika Anda selalu memiliki pikiran yang mengganggu seperti "Tapi apa yang akan dipikirkan orang lain jika ..." dalam kepala Anda, maka Anda akan selalu terkekang dalam diri Anda dari hal-hal yang harus Anda kerjakan.
Jangan hanya berpikir bahwa Anda adalah yang terbaik; buktikan kepada diri sendiri! Pendapat Anda merupakan hal yang paling penting untuk motivasi diri Anda sendiri, tapi Anda akan tahu batasa Anda dalam mencapai tujuan Anda. Ini jauh lebih mudah untuk mulai mengetahui tanggung jawab Anda, dengan iman yang sangat kuat bahwa Anda dapat menangani masalah yang ada karena Anda telah mengetahui tujuan Anda, daripada mencoba untuk mencapai tujuan secara menggebu-gebu tanpa perencanaan yang baik. Mencapai tujuan secara menggebu-gebu memang baik, tapi tidak dengan cara keras seperti itu.  

Mendapatkan informasi bagi diri Anda sendiri. Menonton dan membaca berita dan pastikan Anda mendapatkannya dari berbagai sumber. Ikuti sesering yang Anda bisa dan selalu memiliki tujuan dengan cara meganalisis sebelum Anda menentukan opini. Anda juga dapat berbicara dengan orang dari berbagai latar belakang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang topik yang relevan, namun jangan biarkan orang lain mendikte Anda. Luangkanlah banyak waktu untuk membaca , apakah Anda membaca literatur atau The New York Times. Dengan mendapatkan informasi yang baik akan membuat pikiran Anda menjadi lebih mandiri.
  • Anda tidak ingin menjadi orang yang tidak memiliki pendirian dan mudah percaya akan sesuatu hanya karena 50 teman terdekat Anda di Facebook telah meyakinkan Anda.
Bertindak Lebih Mandiri

Menjaga persahabatan agar tetap solid. Anda tidak perlu menjauhi teman-teman Anda untuk menjadi mandiri. Bahkan, kemandirian diperkuat dengan adanya teman-teman baik. Ketika teman Anda membutuhkan seseorang untuk diajak bicara, temanilah dia. Jadilah orang yang dapat dipercaya. Jangan bergosip atau memberitahu kepada siapa pun tentang rahasia atau hal-hal pribadi teman-teman Anda. Bahkan jika mereka tidak mengatakan apa-apa tentang hal itu. Jadilah orang yang kuat untuk teman-teman dan orang yang dicintai. Hal ini tidak hanya akan menunjukan bahwa Anda merupakan orang yang baik, namun juga akan menjadi pengalaman yang baik saat Anda berada dalam situasi yang sama seperti yang teman-teman Anda pernah alami.

Menjadi mandiri secara finansial. Ini akan sulit karena orang tua memiliki naluri alami untuk memberikan uang kepada kita. Cobalah untuk menolak secara sopan ketika mereka menawarkan bantuan dalam hal keuangan. Hal ini akan membuat Anda terus tergoda untuk bergantung pada orang lain secara finansial, tapi sebelum Anda bisa memiliki penghasilan sendiri, Anda harus bisa mengatur keuangan secara mandiri. Mengelola keuangan dengan baik. Hidup secara mandiri yaitu harus bisa juga mengelola keuangan Anda secara baik. Bayar tagihan Anda sendiri, gunakan mobil milik Anda sendiri, tanda tangani sendiri cek pinjaman Anda.
  • Jika Anda tidak memiliki uang sendiri untuk memenuhi kebutuhan Anda, cobalah untuk menabung. Anda tidak hanya akan mendapatkan kebebasan finansial dengan tabungan Anda, tetapi uang yang Anda miliki akan memberikan Anda kebebasan dalam hal finansial.
Jangan puas dengan hasil yang Anda dapatkan. Selalu bekerja keras dalam segala hal yang Anda lakukan. Pertahankan pendapat Anda. Dan bagi kalian para wanita, jangan biarkan pria merasa dia harus memanjakan Anda. Jika Anda mampu melakukan sesuatu yang baik, lakukanlah. Selama itu tidak memiliki efek buruk, Anda harus melakukannya. Itu tidak berarti benar-benar melakukan segalanya sendiri, tapi Anda tidak harus beranggapan bahwa orang lain harus melakukan hal yang sebenarnya dapat Anda lakukan sendiri.
  • Kerjakan semua dengan baik sehingga orang-orang akan berkata "Orang itu tidak bergantung pada siapa pun untuk mengerjakan pekerjaannya. Benar-benar orang yang kuat dan sangat mandiri".
Tinggalkan keluarga dan teman-teman Anda ketika Anda merasa sudah siap. Hal ini merupakan langkah yang sangat sulit dalam mencapai tujuan Anda untuk menjadi orang yang mandiri, namun Anda tetap harus melakukannya jika Anda ingin menjadi orang yang mandiri. Anda tidak perlu meminta antar kepada orang lain saat Anda ingin pergi ke restoran, karena Anda dapat menemui mereka disana. Habiskanlah setidaknya satu atau dua kali dalam seminggu untuk pergi berbelanja sendiri. Jadilah pemimpin dalam setiap kegiatan Anda, bukan menjadi seorang pengikut.
  • Jika Anda terbiasa untuk selalu memiliki seorang teman ketika Anda pergi kemanapun, rasakanlah saat Anda melakukannya sendiri.
Buang semua pengaruh buruk dalam diri Anda. Jangan merusak persahabatan kecuali benar-benar diperlukan. Belajarlah untuk menjaga jarak. Bahkan jika teman-teman adalah orang yang "benar-benar keren", meraka hanya akan mengendalikan Anda dan membuat Anda keluar dari jalur untuk hidup mandiri. "Menyingkirkan teman Anda"; beberapa orang akan membuat Anda bersinar, sementara yang lain akan mencoba menjatuhkan Anda dan membuang semua energi Anda. Jika Anda memiliki seorang teman yang memaksa Anda untuk melakukan hal-hal yang membuat Anda tidak nyaman, apakah itu mencuri atau menjadi orang jahat, maka saatnya untuk menjauhinya.
  • Hindari teman-teman yang membuat Anda merasa tidak nyaman. Orang-orang ini hanya ingin Anda untuk melakukan apa yang mereka katakan dan akan membuat Anda sulit untuk menjadi orang yang mandiri.
Menabunglah. Simpan uang sebanyak yang Anda bisa. Ini akan membantu Anda membuat dana darurat, karena hidup tidak dapat diprediksi. Anda tidak tahu kapan Anda akan mengalami kecelakaan. Tingkatkan kualitas hidup Anda dengan menyisihkan sejumlah uang setiap bulan. Ada hal-hal seperti kecelakaan, masalah kesehatan, atau bahkan bencana alam yang dapat terjadi ketika Anda tidak mengharapkannya.
  • Anda mungkin tidak berpikir bahwa Anda memiliki kapasitas untuk menyimpan uang, tetapi dengan melakukan hal-hal kecil seperti membuat kopi sendiri dan tidak pergi ke Starbucks, dapat menghemat lebih dari Rp.300.000,- seminggu - itu lebih dari Rp.15.000.000,- setahun!
Buatlah rekening di bank. Sebagian besar bank menawarkan pengelolaan keuangan dan rekening tabungan bersama-sama, dalam satu paket. Beberapa perusahaan, lembaga, dan organisasi akan meminta Anda untuk memiliki setidaknya rekening giro (beberapa hanya membayar karyawan melalui deposit langsung). Uang yang Anda peroleh dan tidak Anda gunakan dapat Anda simpan dalam tabungan Anda sampai Anda siap untuk hidup mandiri.
  • Memiliki rekening bank Anda sendiri akan membuat Anda tidak tergantung pada orang lain untuk masalah keuangan, dan akan membantu Anda untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu.
Mulailah berkarir. Tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa karir hingga Anda menemukan kesenangan dalam satu karir yang Anda suka. Jika uang membuat Anda bahagia, Anda bisa mencoba untuk menjadi seorang bankir, investor atau memulai bisnis kecil-kecilan. Jika Anda menyukai anak-anak jadilah seorang guru. Jika Anda ingin menjadi seorang ahli, Anda dapat menjadi seorang pengacara, professor atau menjadi konsultan. Jika Anda senang berbicara dengan orang lain, cobalah untuk menjadi sales atau masuk ke industri jasa. Jika Anda menyukai hal yang berbau mengenai peralatan, cobalah menjadi teknisi, atau menjadi seorang psikolog.
  • Kebanyakan mahasiswa bekerja di luar bidang perkuliahan mereka. Beberapa orang tidak memiliki pendidikan formal dan kemudian bisa menjadi jutawan. Bekerja dalam karir yang Anda nikmati adalah bagian dari menjadi orang dewasa.
Temukan minat Anda. Tetaplah setia melakukan hal yang Anda suka,baik itu itu olahraga, bercinta, bermain musik, bermain band, melakukan pentas seni / tari, atau dalam hal agama. Sesuatu yang Anda lakukan terus-menerus yang memakan banyak waktu Anda. Bermain game atau boneka Barbie bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. (Termasuk membuang-buang waktu Anda untuk ber-internet) .
  • Menemukan minat Anda akan membuat hidup Anda terasa lebih bermakna dan akan membuat Anda merasa lebih tahu apa yang Anda inginkan dari hidup Anda.
Rencanakan waktu untuk menyendiri. Banyak orang selalu bergantung kepada orang lain dalam setiap kegiatannya. Rencanakan hari Anda sesuai dengan jadwal Anda sendiri - membuat daftar apa yang ingin Anda lakukan, apa yang perlu Anda lakukan dan apa yang seharusnya sudah dilakukan. Jika seorang teman benar-benar membutuhkan bantuan bantulah, tapi jangan biarkan teman yang mendominasi rencana yang telah Anda buat dengan baik.
  • Melakukan kegiatan menyendiri itu adalah seperti Anda sedang berkencan dengan Brad Pitt. Artinya, menjaga dengan hati-hati dan jangan biarkan orang lain untuk mengganggu Anda dari menghabiskan waktu dengan diri sendiri.
Mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang telah membantu Anda. Anda tidak harus menjadi orang yang keras kepala untuk menjadi mandiri. Jika seseorang telah benar-benar membantu Anda, ucapkanlah "terima kasih" secara tulus, menulis kartu, atau memeluk jika dia seorang teman dekat. Tidak ada yang salah untuk mengakui bahwa Anda kadang-kadang perlu bantuan, dan hal tersebut tidak akan membuat Anda kurang mandiri untuk mengakui saat ketika Anda membutuhkan bantuan orang lain.  

Cobalah untuk tidak mengikuti tren. Hanya karena seseorang ingin membayar $ 60 untuk kemeja tidak berarti Anda harus melakukan hal yang sama. Berpakaianlah seperti yang Anda inginkan, dan katakanlah apa yang ingin Anda katakan. Jika Anda ingin bertindak gila, lakukanlah! Perlu diingat bahwa selera yang baik dan gaya yang bagus tidak memerlukan biaya banyak – ini merupakan kebiasaan bawaan, tetapi Anda dapat mengatasinya dengan sedikit pembelajaran. 
Luangkan waktu dengan orang yang memiliki pandangan berbeda. Bergaul dengan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama dengan Anda tidak akan membuat Anda mendapatkan inspirasi dalam jalan menuju kemandirian . berteman dengan orang yang memiliki pandangan dan tujuan berbeda dari Anda akan memberikan Anda pengetahuan tentang apa yang ada diluar sana dan sebagai pengetahuan bahwa banyak cara untuk menjadi orang yang lebih baik.
  • Hal ini dapat menjadi penyegar untuk bergaul dengan pengacara jika Anda seorang instruktur yoga, atau menghabiskan waktu dengan koki jika Anda seorang mahasiswa. Hal ini dapat membuat Anda lebih terbuka dan lebih bersedia untuk melakukan sesuatu yang sama sekali baru pada Anda sendiri.

Menjelajahi Dunia Secara Lebih Mandiri

Belajarlah mengemudi atau menggunakan transportasi umum. Anda tidak akan pernah sepenuhnya menjadi orang yang mandiri jika Anda tidak pernah belajar mengemudi atau mencapai tujuan Anda sendiri. Bagaimana Anda dapat menyebut bahwa Anda adalah orang yang mandiri jika Anda selalu bergantung pada pacar Anda, sahabat, atau orang tua untuk mengantarkan Anda? (Ini hanyalah asumsi, tentu saja Anda sudah memiliki cukup umur untuk dapat menyetir sendiri). Jika Anda tinggal di daerah pinggiran maka Anda membutuhkan sebuah mobil untuk bisa berkeliling, berusalah sekuat mungkin agar Anda dapat memiliki surat izin mengemudi, dan kemudian pergi bekerja dengan menggunakan mobil sendiri.
  • Jika Anda berada di kota besar, jangan memaksakan untuk berjalan kaki walaupun cuca sedang bagus atau menunggu teman untuk memberikan tumpangan - belajarlah menggunakan kereta bawah tanah, bus, atau kereta api.
  • Tergantung pada orang lain untuk mengantarkan Anda hanyalah seperti menunggu di rumah atau menunggu orang lain untuk menentukan nasib Anda. Anda harus dapat melakukan apapun yang Anda ingin lakukan - kapanpun Anda inginkan.
Lakukan pencarian sendiri daripada bertanya kepada orang lain. Mungkin Anda selalu menelepon ayahmu untuk membantu mengatur keuangan Anda, atau mungkin Anda menelepon ibu Anda setiap lima menit ketika Anda merencanakan pesta besar atau pernikahan. Mungkin Anda memiliki teman yang ahli dalam segala sesuatu dan kemudian Anda selalu bergantung kepadanya setiap kali Anda menemukan kesulitan di tempat kerja, dengan mobil Anda, atau ketika Anda mencoba untuk memperbaiki TV Anda. Biasakan melakukan penelitian Anda sendiri sebelum Anda menghubungi orang-orang ini jika Anda ingin menjadi lebih mandiri.
  • Ini sebetulnya merupakan hal yang bagus dengan memiliki orang-orang yang bisa membantu Anda, tetapi lain kali saat Anda mengangkat telepon Anda, tanyakan pada diri sendiri, bisakah saya mencaritahu sendiri informasi ini? Jawabannya kemungkinan besar akan ya. Tentu itu akan memakan waktu lebih lama, tetapi dengan melakukannya sendiri Anda akan merasakan manfaatnya.
Belajarlah untuk menjadi orang berguna di sekitar rumah. Apakah Anda lelah memanggil tukang ledeng, teknisi, pelukis, atau bahkan teman yang Anda percaya setiap kali ada sesuatu yang salah dengan rumah Anda? Pelajari caranya dengan melihat video, membaca wikiHow, atau bacalah majalah mekanik. Jika Anda memiliki teman baik yang berprofesi sebagai tukang kayu, mintalah kepadanya untuk mengajarkan beberapa cara pertukangan. Belajar bagaimana untuk memperbaiki ruangan sendiri akan membuat Anda menghemat banyak uang dan merasa seperti Anda tidak perlu menunggu orang lain untuk membuat hidup Anda lebih baik.
  • Dan hei, belajar cara membetulkan toilet sendiri jauh lebih baik daripada menunggu orang lain untuk membetulkannya.
Memasak sendiri. Jangan tergantung pada Trader Joe atau rumah makan di seberang jalan untuk memasak untuk Anda. Anda tidak perlu menjadi seorang koki untuk bisa memahami dasar-dasar memasak: bagaimana cara menumis bahan-bahan, bagaimana menggunakan oven, dan cara memasak hidangan sederhana seperti pasta, kentang, dan salad. Anda dapat pergi ke supermarket atau pasar tradisional, untuk membeli bahan-bahan utama lalu kemudian campurkan akan menghasilkan hidangan yang lezat dan akan membuat Anda merasa seperti Anda mampu melakukan apa-apa sendiri. 
  • Jika Anda kemudian menjadi seorang koki yang hebat, Anda bahkan dapat mengundang orang lain untuk menikmati hasil masakan Anda.
  • Belajar memasak tidak hanya membuat Anda lebih mandiri, tetapi juga akan membantu Anda untuk menyimpan lebih banyak uang, yang merupakan kunci lain untuk menjadi mandiri.
Belajar untuk menyeimbangkan anggaran Anda. Mungkin orang tua Anda, pasangan Anda, atau orang penting lainnya telah membantu Anda untuk menyeimbangkan anggaran Anda, atau mungkin Anda belum berpikir banyak tentang hal ini dan telah menghabiskan banyak uang. Apapun yang terjadi, Anda harus memahami berapa banyak uang yang Anda harus habiskan setiap bulan atau minggu, dan membuat daftar semua hal yang yang telah Anda habiskan agar Anda dapat mengetahui hal-hal apa saja yang telah Anda beli agar menjadi evaluasi Anda.
  • Menemukan cara untuk menyimpan uang Anda sendiri akan membuat Anda lebih mandiri karena Anda akan memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan apapun yang Anda suka.
Jangan bergantung pada GPS untuk menunjukan arah. Tentu saja menyalakan GPS atau peta pada ponsel Anda dapat membantu Anda untuk mendapatkan arah dari satu tempat ke tempat lain. Tapi apa yang terjadi jika Anda tiba-tiba GPS tidak berfungsi, ponsel Anda kehabisan baterai, atau Anda sedang berada di wilayah yang tidak tersedia jaringan? Apakah Anda hanya akan mengikuti jalan yang ada? Semoga tidak. Sebelum Anda pergi ke mana pun, tentukan tujuan Anda , kemana Anda harus pergi dan cetaklah peta yang telah Anda buat untuk mengarahkan Anda hingga ke tujuan Anda. Tapi lebih baik lagi jika Anda tahu persis di mana tujuan yang akan Anda capai sehingga Anda tidak selalu bergantung pada perangkat Anda. .
  • Jika Anda melakukan perjalanan panjang, maka yakin bahwa GPS dapat berguna. Tapi pastikan bahwa Anda memiliki rasa yang kuat pada saat di mana Anda terlepas dari perangkat Anda, sehingga Anda tidak merasa benar-benar merasa tersesat.
Biasakan untuk melakukan berbagai hal-hal oleh sendiri. Jika Anda benar-benar mandiri, maka Anda tidak perlu seorang teman untuk menyelesaikan setiap tugas kecil atau untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan. Jangan menunggu seorang teman untuk mencoba restoran baru di kota Anda atau melihat film baru di bioskop. Perlakukan diri Anda dan pergilah sendiri - jika Anda pergi ke bioskop, Anda akan terkesan dengan banyaknya orang lain yang menikmati film sendirian juga.
  • Ini semua hanyalah masalah sikap. Jika Anda terlihat dan terasa seperti Anda benar-benar nyaman melakukan berbagai hal oleh sendiri, maka Anda tidak harus berpikir dua kali untuk melakukannya.
Lakukanlah secara perlahan. Roma tidak dibangun dalam sehari, dan tidak ada yang benar-benar mandiri. Ini bukan panduan yang harus dilakukan dengan keras dan cepat. Jika Anda tidak ingin melakukan sesuatu, jangan lakukan itu. Hal yang ada di sini hanyalah untuk memberitahu Anda bagaimana untuk menjadi mandiri, tentu hanya jika Anda menginginkannya.  


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution