Jumat, 10 April 2015

Alloh Tempat Bersandar

Allah Maha Mengetahui 


Alhamdulillah. Tak ada yang pantas untuk disembah, selain Alloh. Tak ada yang patut dimintai pertolongan, selain Alloh. Dan tak ada yang layak dijadikan tempat bersandar, selain Alloh Swt. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.


Di dalam Al Quran, kurang lebih terdapat 150 kali disebutkan kalimat yang berkaitan dengan Alloh Maha Mengetahui. Salah satunya adalah firman Alloh Swt., Dan cukuplah Dia Maha mengetahui..” (QS. Al Furqan [25] : 58). Dan juga firman Alloh Swt., Dan cukuplah Allah menjadi saksi.” (QS. An Nisaa [4] : 79).


Saudaraku, siapapun yang merasa dan meyakini bahwa Alloh Maha Mengetahui atas segala sesuatu, maka orang tersebut akan jauh lebih tenang. Alloh Maha Tahu rezeki kita ada di mana. Alloh pun Maha Mengetahui apa saja keperluan kita. Alloh yang menciptakan organ pencernaan kita, Alloh yang menciptakan rasa lapar, Alloh pula yang menciptakan makanan dan minuman. Maksudnya, agar ketika lapar kita ingat Alloh dan ketika menjemput rezeki, kita mendekat kepada Alloh, dan ketika kenyang pujilah Alloh. Maka semuanya jadi amal ibadah.


Alloh ciptakan paru-paru kita dan Alloh Maha Tahu kebutuhannya. Maka, Alloh ciptakan pula udara, oksigen. Meski kita tidak mengerti tentang seluk beluk paru-paru dan oksigen, namun Alloh Maha Tahu apa keperluan kita dan bagaimana keperluan kita itu terpenuhi. Maa syaa Alloh. 


70 % dari tubuh kita adalah air. Dan Alloh Maha Tahu kebutuhan kita terhadap air. Tanpa makanan, mungkin kita masih bisa bertahan hidup dalam jangka waktu yang relatif lama, tapi tidak juga tubuh kita tanpa air. Oleh karena itu Alloh Swt. ciptakan air dan mencukupi kita dengan keberlimpahan air.


Alloh ciptakan kuku dan rambut yang terus tumbuh pada tubuh kita,  namun kedua organ ini tidak memiliki perasa dan tidak mengeluarkan darah. Sehingga ketika terus tumbuh dan kita potong, maka kita pun tidak merasakan sakit dan tidak berdarah. Subhaanalloh. Betapa sempurna ciptaan Alloh ini. Sungguh Alloh Maha Mengetahui kebutuhan kita. Alloh berikan kebutuhan kita secara sempurna dan proporsional.


Alloh Swt. berfirman, “Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari Keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah Keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah yang Maha mengetahui lagi Maha Kuasa.” (QS. Ar Ruum [30] : 54).


Alloh Swt. pun Maha Tahu pada setiap rahasia yang ada di dalam hati kita, pada setiap niat yang kita sembunyikan. Tidak ada yang bisa dirahasiakan dari pengetahuan Alloh Swt. Ini adalah bagian dari ilmu tauhiid. Semakin lurus tauhiid seseorang, maka semakin terjaga setiap niat, ucapan dan tindakannya. Karena ia yakin sepenuh hati bahwa Alloh Maha Mengetahui. 


Wallahua’lam bishowab.
Ditulis oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution