Kamis, 30 April 2015

Sulit Memaafkan

7 Cara Memaafkan dengan Tulus

Saat ada seseorang yang bikin kesalahan fatal, kita seringkali susah untuk memaafkannya dengan tulus. Padahal, maaf seharusnya bisa membuat hubungan kita dengan seseorang membaik. Gimana ya, cara memaafkan yang tulus?

Let it be
Apapun yang sudah terjadi, nggak mungkin bisa terulang. Yang penting adalah kita bisa mengikhlaskannya. Apalagi kalau orang yang berbuat salah sudah meminta maaf atas kesalahannya.

No revenge
Kadang, kita nggak memaafkan bukan karena permasalahannya. Tapi karena kita merasa punya dendam dengan orang tersebut. Dendam itu paling berbahaya, lho. Kalau nggak dihilangkan, bisa-bisa malah jadi boomerang.

Think twice
Pikir dua kali untuk nggak memaafkan dengan tulus. Apa sih, untungnya kalau kita nggak memaafkan dengan tulus? Yang ada justru malah dosa dan hati jadi nggak enak. Memaafkan bukan berarti kalah, lho.

Memory
Ingat deh, saat kita masih baik-baik saja dengannya. Jangan hanya mengingat momen buruk dengan orang tersebut. Ingat juga momen terbaik yang pernah kita miliki. Dengan begini, kita pasti ingin segera berbaikkan dengannya.

Less expectation
Setiap orang pasti pernah berbuat salah. Jadi, supaya tulus memaafkannya, nggak perlu berharap ia akan berubah. Yang penting, kita sudah memaafkan yang lalu. Dengan begini, nantinya kita nggak mudah sakit hati lagi.

Be wise
Mencoba bijak dalam menghadapi permasalahan juga bisa jadi cara yang ampuh untuk memaafkan dengan tulus. Percaya deh, saat kita sudah memaafkannya, kita jadi lebih tenang dan lega, kok. Jadi, nggak ada ruginya.

Just do it
Tip-tip di atas mungkin memang rasanya sulit untuk dijalankan. Tapi coba deh, lakukan. Nggak ada ruginya untuk memulai sesuatu yang baik, kan. Hapus semua dendam, curiga, dan kekesalan. 




0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution