Kamis, 30 April 2015

Pengawasan Alloh

Dalam Pengawasan Allah 


Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Hanya Alloh yang menguasai langit bumi, segala isinya dan segala yang ada di antara keduanya. Tidak ada yang patut untuk disembah selain Alloh. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.


Saudaraku, marilah kita bersama merenungkan tiga firman Allah Swt. berikut ini. Alloh Swt. berfirman, “Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)”. (QS. Al An’am [6] : 59)

Tidak ada yang lepas dari pengawasan Alloh. Seekor semut kecil hitam yang berjalan di atas batu yang legam di tengah kegelapan malam yang tanpa cahaya bintang dan bulan. Pasti Alloh mengetahuinya. Bagaimana bisa Alloh mengetahui sehelai daun kering yang jatuh? Alloh Maha Mengetahui, daun itu pun ciptaan Alloh, dan daun-daun sebenarnya bertasbih memuji Alloh Swt.

Kemudian, Alloh Swt. berfirman dalam ayat-Nya yang lain, Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari Kiamat; dan Dia-lah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana Dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.(QS. Luqman [31] : 34.

Ada orang yang sakit lalu berobat kesana – kemari tapi tidak juga sembuh. Maka Alloh Maha Mengetahui bahwa sakitnya itu akan menjadi penggugur dosa bagi dirinya. Orang yang sakit kemudian bersabar, itu bisa jadi jauh lebih baik daripada orang yang sehat. Mengapa? Karena ia diberikan kesempatan tambahan untuk lebih mengingat Alloh Swt. dan ditebus dosa-dosanya dengan sakitnya itu. Semua ini ada dalam pengetahuan Alloh Swt.

Dan, Alloh Swt. juga berfirman, Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah. Dan segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya. Yang mengetahui semua yang ghaib dan yang nampak; yang Maha besar lagi Maha tinggi.(QS. Ar Ra’du [13] : 8-9)

Sungguh Alloh Maha Tahu keadaan setiap makhluk-Nya. Maka Alloh berikan kecukupan kepadanya. Tak ada masalah yang menimpa seorang hamba, kecuali Alloh cukupkan kadar takarannya sehingga mampu ia memikulnya. Tak ada persoalan kecuali Alloh sediakan jalan keluarnya.

Kewajiban kita tinggal memaksimalkan ikhtiar kita, mengoptimalkan setiap karunia potensi yang Alloh berikan kepada kita dengan cara melakukan yang terbaik yang Alloh ridhoi. Sungguh, Alloh Maha Tahu siapa saja diantara hamba-hamba-Nya yang berupaya serius untuk istiqomah dalam ketaatan kepada-Nya. Semoga kita termasuk kepada hamba-hamba Alloh yang demikian. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution