Kamis, 22 November 2012

Allah Menyuruh Kita Menjaga Amanah

Kewajiban Menjaga Amanah

Allah mewajibkan kita untuk selalu menjaga Amanah. (Annisa 4:58)

Macam-macam amanah :

1.  Umur (usia / jatah hidup).
Kita hidup di dunia ini sudah diberikan kesempatan, umur, usia dan jatah hidup oleh Allah SWT. Sudah sewajib nya kita harus menjaga amanah yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita. Gunakan usia kita untuk hal-hal yang berguna dan bermanfaat untuk diri kita. Gunakan lah banyak kesempatan hidup kita untuk beribadah kepada Allah SWT. Jangan sia-siakan waktu dan umur kita untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna. Semua yang kita perbuat di dunia ini akan dimintai pertanggungan jawab tidak terkecuali mengenai Umur ini.

2. Kesehatan.
Kesehatan dalam kehidupan kita ini juga merupakan Amanah dari Allah SWT. Kadang-kadang kita ingkar dan lupa akan nikmat kesehatan ini, ketika sehat kita sering kurang mensyukuri kesehatan yang diberikan Allah SWT kepada kita. Malah sering kita tidak memanfaatkan kesehatan kurang maksimal. Ketika sehat sering kita gunakan waktu dan tubuh kita untuk melakukan perbuatan yang kurang bermanfaat. Atau cenderung untuk keuntungan dunia semata, dan melupakan kepentingan akhirat. Sering juga kita tidak memanfaatkan waktu kita ketika sehat untuk melakukan banyak hal, melainkan menunda-nunda pekerjaan yang sebaiknya dikerjakan ketika kita sehat, sehingga kita tidak bisa melakukan nya ketika sedang sakit. Ada dua nikmat yang sering dilupakan manusia. Nikmat kesehatan dan nikmat kesempatan .

3.  Ilmu
Ilmu yang kita miliki juga merupakan amanah dari Allah SWT. Karena dengan ilmu juga kita menjadi memiliki derajat yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Manusia lain yang tidak berilmu. Bagaimana anda menggunakan ilmu anda ? Untuk hal-hal kebaikan ataukah untuk hal-hal keburukan. Karena jika anda telah memiliki ilmu hanya dua kemungkinan yang akan dilaksanakan. Anda mengamalkan ilmu anda untuk hal-hal kebaikan / kebajikan bagi Umat Manusia atau hal-hal keburukan, atau tidak anda amalkan sama sekali. (”,)
Siapa yang berikhtiar mencari ilmu maka Allah SWT memudahkanbaginya menuju pintu Surga. 

Maka banyak-banyak lah mencari ilmu, semangat dan giatlah dalam mencari ilmu. Amalkan ilmu anda untuk kemaslahatan orang banyak. (by. bowo)


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution