Selasa, 13 November 2012

Ada Banyak Loh Akhlaq Sesama Muslim Mau Tau?

 Akhlaq Sesama Muslim

Diantara akhlaq sesama muslim adalah:

1. Memberi bantuan harta dan memenuhi kebutuhan-kebutuhannya
Rasululllah saw bersabda yang artinya, "Barangsiapa yang berada dalam kebutuhan saudaranya maka Allah berada dalam kebutuhannya, dan barangsiapa menghilangkan satu kesusahan orang Muslim dari berbagai kesusahan dunia maka Allah menghilangkan satu kesusahan dari berbagai kesusahan di hari qiyamat.

2. Menyebarkan salam
Rasulullah saw bersabda, "Kalian tidak masuk surga sehingga beriman, dan kalina tidak akan beriman sehinga kalian saling mencintai. Mauka kuberitahu sesuatu kepada kalian, jika mengerjakannya kalian saling mencintai? Sebarkanlah salam diantara kalian." (diriwayatkan oleh Muslim) Salah satu jawaban salam yang baik adalah sebagaimana hadits berikut, dari Aisyah radhiyallaHu 'anHa, dia berkata, Rasulullah berkata kepadaku, "Ini jibril datang membacakan salam kepadamu", Aku berkata, "Wa'alaikumus salaamu warahmatullaHi wabarakatuh"
(Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, hadits no. 856 pada Tarjamah Riyadush Shalihin)

3. Menjenguknya jika sakit
Rasulullah saw bersabda, "Jenguklah orang yang sakit, berikanlah makanan kepada orang yang kelaparan serta bebaskanlah kesukaran orang yang mengalami kesukaran. (diriwayatkan oleh Bukhari)

4. Mendo'akannya jika bersin
Rasulullah saw bersabda, "JIka salah seorang diantara kalian bersin hendaknya mengucapkan 'Alhamdulillah', dan hendaknya shahabatnya menjawab yarhamukallah, dan hendaknya dia (yang bersin) mengucapkan 'yahdikumullahu wa yushlihu baalakum'. Dalam hadits yg lain Nabi saw bersabda (artinya): "Jika salah seorang dari kalian bersin lalu mengucapkan alhamdulillah, maka hendaklah kalian mengucapkan tasymit (ucapan yarhamukallaH) baginya, namun jika tidak, maka janganlah mengucapkan tasymit baginya" (HR. Muslim no. 2992)

5. Mengunjunginya karena Allah
Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa yang menjenguk orang sakit atau mengunjungi saudara-saudaranya karena ALlah maka ada penyeru yang menyerunya, "Semoga engkau bagus dan bagus pula perjalananmu, serta engkau mendiami satu tempat tinggal di surga." (diriwayatkan oleh Ibnu Maajah dan Tirmidzi)

6. Memenuhi undangan jika dia mengundang
Rasulullah saw bersabda, "Hak seorang muslim atas muslim lainnya ada lima, menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengantar jenazah, memenuhi undangan dan menjawab orang bersin (HR. al Bukhari dan Muslim, hadits no. 900 pada Tarjamah Riyadush Shalihin)

7. Tidak menyebut-nyebut aibnya dan menggunjingnya secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi
Rasul saw bersabda, "Setiap muslim atas muslim yang lainnya haram darahnya, hartanya, dan kehormatannya."


8. Berbaik sangka kepadanya
Rasulullah saw bersabda, "Jauhilah persangkaan, karena persangkaan itu perkataan yang paling dusta." (Muttafaq'alaih)


9. Tidak boleh memata-matai dan mengawasinya baik dengan mata maupun telinga
Rasulullah saw bersabda, "Janganlah kalian saling mengawasi, janganlah saling mencari-cari keterangan, janganlahg saling memutuskan hubungan, janganlah saling membelakangi dan jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara." (Muttafaq'alaih)


10. Tidak membocorkan rahasianya
Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa menutupi aib saudaranya, maka ALlah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat." (diriwayatkan Ibnu Maajah)


11. Menampakkan kasih sayang dengan memberikan hadiah kepadanya
Rasulullah sawb bersabda, "Saling berilah hadiah, niscaya kalian saling mencintai." (diriwayatkan Baihaqi)

"Jika salah seorang diantara kalian mencintai saudaranya, maka hendaklah dia memberitahukannya." (diriwayatkan Abu Dawud dan At-Tirmidzi) Umar bin Khaththab ra berkata, "tiga hal yang saling memupuk saudaramu, engkau mengucapkan salam jika bertemu, memberinya tempat duduk dan memanggilnya dengan nama yang paling dicintainya."


12. Tidak menghibahnya dan membelanya jika ada orang yang menghibahnya
Rasulullah saw bersabda, "Setiap Muslim atas Muslim yang lain haram..."


13. Memaafkan kesalahan-kesalahannya
Rasul saw bersabda, "Tidaklah Allah memberi tambahan kepada seorang hamba yang suka memberi maaf melainkan kemuliaan." (diriwayatkan oleh Muslim)


14. Mendo'akannya dari tempat yang jauh
Rasul saw bersabda, "Do'a seseorang dari tempat yang jauh adalah terkabulkan." (Diriwayatkan oleh Muslim) 



[Abu Fauzan]

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution