Senin, 12 November 2012

Matematika Sedekah

Sedekah itu ada Rumusnya Lho...

Jujur, kalau ingat sama yang namanya sedekah (shadaqoh, berasal dari bahasa Arab), pasti ingat sama ustadz Yusuf Mansyur. (ya nggak?). Kenapa? karena beliau kalau ceramah di TV, ngomongnya kebanyakan tentang sedekah.

Pengertian sedekah:

Suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridho Allah SWT dan pahala semata.

Sedekah dalam pengertian di atas oleh para fuqaha (ahli fikih) disebuh sadaqah at-tatawwu' (sedekah secara spontan dan sukarela).

Di dalam Alquran banyak sekali ayat yang menganjurkan kaum Muslimin untuk senantiasa memberikan sedekah. Di antara ayat yang dimaksud adalah firman Allah SWT yang artinya:


''Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma'ruf atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami akan memberi kepadanya pahala yang besar.'' (QS An Nisaa [4]: 114).

Ingat jika kita mau bersedekah, maka Allah pasti akan menggantinya dengan jumlah minimal 10 (sepuluh) kali lipat. Dan, ini ada dasar hukumnya, yaitu tertulis di dalam Al-Qur'an Surat: 6, Ayat: 160, dimana Allah menjanjikan balasan 10 x lipat bagi mereka yang mau berbuat baik. Bahkan di dalam Al-Qur'an Surat: 2, Ayat: 261, Allah menjanjikan balasan sampai 700 x lipat.

So, jika kita rajin sedekah, kita gak bakalan miskin atau kekurangan. Karena Allah akan membalas sedekah kita minimal 10 kali lipat.

Kita bisa membuat "hitung-hitungan" matematika tentang sedekah. Rumus sedekah berbeda dengan rumus matematika pada umumnya. Lho? Iya soalnya kalau di lihat sepintas, rumus sedekah ini agak nyeleneh.


10 - 1 = 19

Perhatikan, kalau menggunakan rumus matematika, 10 dikurang 1 (10%) maka hasilnya adalah sembilan. Tapi kalau di matematika sedekah hasilnya 19. Karena dari 10% tadi Allah membalas 10 kali lipat.

Jadi, jika kita menyedekahkan 20%, maka Allah akan membalas 10 kali lipat dari 20% tadi. Sehingga semakin banyak kita bersedekah, maka uang (baca: rejeki) kita akan semakin banyak juga. Ajaib!
Illustrasi lengkapnya seperti ini:
10 - 2 = 28
10 - 3 = 37
10 - 4 = 46
10 - 5 = 55
10 - 6 = 64
10 - 7 = 73
10 - 8 = 82
10 - 9 = 91
10 - 10 = 100

Bagaimana? mau kan mendapat lebih banyak rejeki dari Allah? Karena bagaimanapun, didalam harta kita terdapat sebagian hak orang lain. Maka sepantasnyalah kita menyisihkan untuk orang lain.

Yang perlu diingat, bahwa Allah maha adil dan maha bijaksana. Bentuk pengembalian atau balasan yang 10 atau 700 kali lipat tadi tidak semata-mata berbentuk harta atau uang semata, pandai-pandai kita-lah membuka mata hati dalam mensyukurinya, dan sesuatu yang kita dapatkan dan kita rasakan adalah nikmat dan pemberian Allah SWT.




Oleh karena itu, selalu lah berprasangka baik kepada Allah, maka Allah akan serta merta menunjukkan kebaikan-Nya kepada kita. Allah pasti membalas kebaikan kita dengan balasan yang PAS, yang setimpal dengan amal perbuatan kita.
-----------------------------------------------

Manfaat Sedekah

Sudahkah anda Bersedekah Hari ini?
 
Tidak akan berkurang harta yang disedekahkan kecuali ia bertambah bertambah” (HR. At-Thurmidzi) 
 
Dan kawan kawan tidak perlu ragu ata pun malu karena yang akan kawan kawan sedekah kan tak sebanyak para orang kaya atau tokoh tokoh pejabat lainnya dan juga sedekah itu tak perlu menunggu diri kawan kawan kaya. Tak usah ragu dan malu karena di dalam sedekah banyak khasiat yang bisa kita ambil contohnya :
  • Dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit
  • Melapangkan rejeki
  • Menjauhkan diri dari segala macam kesulitan masalah
  • Diselamatkan dari segala keburukan
  • Menenangkan hati dan jiwa
Dan janganlah kamu takut kepada Kemiskinan karena membelanjakan harta di jalan ALLAH” (QS. Al-Baqarah 2 : 245)

Ingatlah, kamu ini orang-orang yang diajak untuk menafkahkan (hartamu) pada jalan ALLAH, maka diantara kamu ada orang kikir, dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir pada dirinya sendiri. Dan ALLAH lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang membutuhkan (Nya)….”(QS. Muhammad : 38)

dan ALLAH senantiasa memberi pertolongan kepada hamba-Nya selama ia menolong saudaranya” (HR.Muslim) 
 



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution